Login

Email
Password


Mylife

GET THE SCHOLARSHIP!

30 Juli 2018

Beasiswa bisa bantu meringankan beban biaya sekolah yang tinggi, karena salah satu kelebihannya inilah beasiswa banyak diincar oleh para siswa. Ada banyak beasiswa yang ditawarkan universitas atau pun lembaga, dari dalam maupun luar negeri. Gimana biar sukses ngedapetin beasiswa yang kita idamkan? Yuk baca tips 5 simple rules buat ngedapetin beasiswa.

 

PILIH BEASISWA YANG KITA INGINKAN BERDASARKAN SKILL & KEMAMPUAN YANG KITA PUNYA.

Kesalahan yang sering kita lakukan dalam mencari beasiswa adalah kita nggak mensortir di awal. Kita langsung apply tanpa mempertimbangkan skill dan kemampuan kita. Makanya sebelum mencari beasiswa coba kenali lebih dalam apa kemampuan kita. Mulai dari bahasa (kalo kita niat nyari beasiswa di luar negeri), apa yang kita ingin dapat dari beasiswa tersebut, kesempatan pekerjaan ketika sudah lulus nanti, dan ketika dapat beasiswanya apakah untuk bantu kuliah atau untuk additional budget untuk jajan aja.

Kalo beasiswa yang kita cari tujuannya untuk ngelanjutin kuliah, maka kita harus memilah jurusan yang kita inginkan, di dalam atau luar negeri. Selain itu, pertimbangkan tentang chance untuk bekerja (terjun langsung di dunia profesional). Dengan gitu kita akan mudah memilih beasiswa yang kita incar.

 

Menurut Nerd Wallet, rules pertama buat nyari beasiswa adalah apply first for need-based scholarship. Cari beasiswa yang berdasarkan kebutuhan. Biasanya beasiswa yang diberikan berdasarkan kebutuhan keuangan,

 

JANGAN TERPAKU PADA AKADEMIK, LAKUKAN HAL-HAL POSITIF DI LUAR AKADEMIK YANG AKAN MENUNJANG NILAI PLUS KITA

Di beberapa universitas, nilai akademik nggak menjadi patokan diberikan atau nggaknya beasiswa. Apalagi di era modern saat ini attitude dan skill tambahan (soft skill) jadi tolak ukur sebuah universitas untuk menerima mahasiswa. Karena itu, sebelum ngejar beasiswa yang kita incar, tebelin pengalaman aktivitas kita di luar akademik. Mau itu dari ikutan organisasi, punya prestasi di bidang olahraga atau art, bisa juga masukin lomba yang pernah diikuti. Kalo perlu masukin testimoni orang-orang yang kenal sama kamu.

 

PERLUAS KEMAMPUAN BAHASA KITA, KALAU BEASISWA LUAR NEGERI ADALAH INCARAN.

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional adalah salah satu elemen terpenting buat ngedapetin beasiswa luar negeri. Emang sih nggak semua beasiswa itu harus punya nilai TOEFL yang tinggi, tapi rata-rata hampir semua beasiswa mengharuskan setidaknya kita punya nilai TOEFL sekitar 450-500. Hal ini bertujuan supaya siswa bisa belajar secara lancar tanpa adanya kendala bahasa. Kalo kita udah nemuin beasiswa yang diinginkan, coba test TOEFL kita. Kalo kurang dari persyaratan, don’t give up, latih bahasa Inggris kita dengan giat!

 

PAY ATTENTION DENGAN DEADLINE!

Yup pengajuan beasiswa juga punya deadline. Sekali kita udah ketemu beberapa list beasiswa yang kita incar, keep track of deadlines! Beberapa beasiswa mungkin punya deadline hingga beberapa bulan ke depan, sembari menunggu waktu deadline nggak ada salahnya nambahin skils buat ‘CV’ pengajuan beasiswa kita.

 

BEASISWA ITU BANYAAAK. GAGAL SEKALI, COBA LAGI SERIBU KALI

Jangan putus asa! Nggak diterima di satu beasiswa, coba lagi dan lagi. Kita harus punya mindset untuk terus nyoba dapetin beasiswa yang kita dan nggak boleh berhenti di tengah jalan. Kalo gagal, coba evaluasi kita gagal di mana dan apa yang perlu diperbaiki. Jangan lupa juga berdoa dan minta dukungan dari keluarga sekaligus teman. Pasti kita bakal tambah semangat buat ngejar beasiswa yang kita incar!


Foto: Shutterstock

Related Articles

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

06 April 2016

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.