Login

Email
Password


Mylife

5 CARA EFEKTIF NGESET GOALS BIAR BERHASIL

08 Juli 2018

Pernah nggak punya bayangan apa sih yang bakal kita lakukan di lima tahun ke depan? Kita bakal ngapain dan bakal ngerjain apa. Kalo udah kebayang, apakah kita udah nge-rencanain matang dan bikin goals buat ngedapetin hal tersebut?

Nggak usah jauh-jauh ke lima tahun ke depan, apakah kita tahu hal atau goals apa yang pingin kita dapetin hari ini?

 

Menurut para ahli dan orang sukses di dunia, kalo kita mau sukses kita harus nge-set goals atau tujuan yang pingin kita capai. Tanpa goals kita bakal kehilangan fokus dan arah, kita jadi nggak tahu hidup kita mau dibawa kemana. Nggak cuma bikin kita bisa mengontrol arah hidup, goals juga jadi tolak ukur (benchmark) apakah yang kita jalanin dan kita lakuin itu termasuk sukses atau nggak.  

Misalnya aja nih, goals kita adalah dapetin beasiswa di universitas unggulan atau jadi seorang beauty blogger dengan followers 1 M. Kalo kita dapat beasiswa bukan di universitas unggulan atau followers kita baru 1 M, itu berarti nggak sesuai dengan goals atau definisi sukses menurut kita.

 

Untuk mencapai goals, kita musti tahu gimana cara nge-set goals tersebut. Nggak bisa cuma bilang “aku punya cita-cita,” atau “aku ingin jadi...” terus ngarepin semuanya langsung kejadian. Goals juga adalah proses yang dimulai dengan penuh pertimbangan plus kerja keras supaya apa yang kita inginkan terkabul.

 

Ada 5 cara efektif nge-set goals kita supaya berhasil, baca di sini!

 

SET GOALS YANG BISA NGE-MOTIVASI KITA

Motivasi adalah kunci buat ngeraih goals kita. Pas kita nge-set goals, pastiin kalo goals tersebut bisa nge-motivasi kita sepenuhnya. Artinya goals tersebut penting,  dan punya arti tersendiri buat kita. Set goals yang benar-benar related dengan kehidupan kita. Kalo kita punya banyak keinginan, cari mana yang benar-benar jadi prioritas tertinggi, dengan gitu kita bisa lebih fokus dibandingkan punya banyak goals tapi malah nggak punya waktu buat ngejernya. Ngeraih goals itu butuh komitmen dan harus punya mindset “gue HARUS melakukan hal ini!”. Kalo kita nggak punya habit tersebut, efeknya akan jadi negatif. Kita bakal ngerasa kecewa, frustasi, stress, dan demotivasi. Kita bakal berpikir “nggak ada yang bisa gue lakukan”.

TIPS:

Supaya goals kita lebih nge-motivasi, tulis kenapa goals tersebut penting buat kita. Kalo perlu minta bantu teman dan jelasin ke mereka seberapa berartinya goals ini kalo kita berhasil ngeraihnya. In case suatu saat kita ngerasa ragu, kita bisa lihat lagi atau teman bisa ngingetin kembali.

 

SET ‘SMART’ GOALS

SMART atau Specific, Measurable, Attainable, Realistic/Relevant, dan Time-Bound. SMART adalah rules simple tapi efektif buat nge-set goals. Masing-masing punya inti sbb:

Set Specific Goals: goals kita harus jelas dan terinci dari segi who, what, where, dan when-nya. Misalnya “Di tahun 2019 aku akan mendapatkan beasiswa art & design dari UK’s Royal College of Art (RCA)!”

Set Measurable Goals: kalo udah dibikin spesifik jangan lupa dibikin indikator kesuksesannya. Supaya nanti bisa dievaluasi apakah ada yang perlu diperbaiki atau nggak. Misalnya “Bulan Desember 2018 aku udah harus punya tabungan 5 juta buat beli kamera baru”.

Set Attainable Goals: pastiin goals yang mau kita raih itu memungkinkan. Jangan membuat goals yang muluk dan jauh di luar kemampuan kita. However, hindarin juga nge-set goals yang terlalu mudah. Goals yang mudah dicapai bakal bikin kita ‘malas’ dan anti-klimaks. Kitanya juga jadi nggak ada tantangan dan cenderung takut sama resiko yang kita hadapin. Dengan nge-set goals kita lebih tinggi (tapi juga possible) kita jadi bisa lebih berkembang.  

Set Realistic / Relevant Goals: jangan nge-set goals yang ujungnya jadi mimpi karena ketinggian dan target waktunya singkat banget. Kita harus tau sejauh mana batas kemampuan kita dan jangan memaksakan sampe sakit. Its really not worth it kalo ngeraih goals malah bikin kita ngorbanin kesehatan.

Set Time-Bound Goals: goals itu harus punya deadline. Biar kita berusaha maksimal dan tahu kapan kita bisa ngerayainnya (kalo berhasil).

 

TULIS GOALS KITA

Jangan cuma disimpen di angan aja tapi tulis di kertas dan tempel di tempat-tempat kita bisa lihat sehari-hari, atau kalo perlu share selalu di social media, misalnya ikut kompetisi Just Move On and Go Get It-nya Happifyourworld.

Goals yang ditulis atau dibicarakan secara nyata akan berefek positif, kita akan selalu ngeliat goals tersebut dan otomatis bikin kita jadi semangat buat ngeraihnya.

TIPS: pake kalimat “pasti dan “akan” daripada “mau” atau “mungkin”. Kalimat yang pasti secara psikologis punya power daripada kalimat yang ragu-ragu. Misalnya kalimat ini “aku pasti akan jadi seorang designer dan punya kantor sendiri dalam waktu 10 tahun!” lebih powerful dibandingkan kalimat ini “aku mungkin jadi seorang designer dan punya kantor sendiri dalam waktu 10 tahun!”

 

BIKIN RENCANA KAPAN DAN SEPERTI APA AKSINYA (ACTION PLAN)

Step yang ini sering banget dilupain karena kita terlalu fokus sama hasilnya. Begitu udah tau goals yang pingin diraih bikin individual steps-nya. Kalo udah kita jalanin, langsung deh coret. Dengan gitu kita bisa lihat progress udah sejauh mana step menuju goals kita. Misalnya buat dapetin beasiswa: pertama harus dapet nilai rata-rata 80 di setiap ujian akhir, kedua ambil les tambahan di subject yang kita kurang bisa, ketiga ambil ekskul sebagai skill tambahan, dan seterusnya.

 

STICK WITH IT!

Ingat, goal setting itu adalah aktivitas yang sedang berjalan, bukan sesuatu yang baru berjalan satu tahap karena gagal langsung diakhirin. Bikin reminder biar kita tetap on track, atau bikin waktu buat nge-review goals kita. Tujuan akhir kita tetap sama, tapi mungkin di dalam prosesnya ada action plan yang musti sesuaikan. Pastiin aja relevansi, value, dan kebutuhannya buat diri kita tetap tinggi. Good luck!

 


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.