Login

Email
Password


Mylife

KENAPA SEX EDUCATION ITU PENTING?

24 Mei 2018

Coba hitung deh, berapa kali sih kita dapat pendidikan tentang seks di sekolah atau di keluarga? Jangan-jangan malah kita belum dapat pendidikan tentang seks sama sekali. Di usia remaja yang udah puber, wajar kalo kita mulai ada ketertarikan dengan lawan jenis. Tapi karena kurangnya sex education yang proper, akhirnya kita lebih banyak cari sendiri informasi seputar seks dari media atau dari obrolan sama teman. Padahal belum tentu kita punya kemampuan buat menyaring informasi yang kita dapat. Apakah informasi tersebut layak buat kita terima atau nggak.

 

Membicarakan tentang seks buat sebagian orang masih dianggap tabu, khususnya di Indonesia sendiri. Dikutip dari belajarpsikologi.com, sebagian besar masyarakat masih berpandangan stereotype dengan pendidikan seks (sex education) sebagai suatu hal yang vulgar atau pornografi. Masyarakat kuatir pendidikan seks malah akan mendorong remaja untuk berhubungan seks. Padahal menurut dokter spesialis obstetri dan ginekologi Boyke Dian Nugraha, seperti yang dikutip dari Kompas,  pendidikan seks seharusnya diberikan kepada anak-anak sejak dini yang tentunya sesuai dengan jenjang umur mereka. Karena itu, sebenarnya orangtua dan sekolah punya peranan besar buat ngasih pemahaman soal seks dan kesehatan reproduksi ke anak dan murid didiknya.

 

KENAPA PENDIDIKAN SEKS ITU PENTING BUAT KITA?

Sayangnya, dari apa yang Happifyourworld temuin dan juga ngobrol dengan beberapa remaja, orangtua dan sekolah yang diharapkan bisa jadi tumpuan para remaja untuk tahu secara benar tentang seks, kurang bisa memenuhi harapan tersebut. Menurut sebagian remaja, hal ini karena kebanyakan orangtua atau sekolah masih terlalu kaku dan tertutup (kalo nggak mau dibilang awkward) kalo udah ngebicarain seks. Sehingga para remaja mau nggak mau mencari tahu sendiri tentang seks, padahal hal ini justru lebih berbahaya. Tanpa adanya dasar pendidikan seks yang kuat, mencari tahu sendiri justru memperbesar keinginan mereka untuk mencoba tanpa menyadari resiko yang ada.

Masih dari dokter Boyke, dilansir dari Tribun News, memberi pendidikan seks sejak dini bisa melindungi anak dari pelecehan seksual. Ketika terjadi pelecehan seksual, anak yang tidak tahu menganggap hal itu bukan masalah. Karena itu sejak kecil kita seharusnya sudah diberitahu tentang organ intim, fungsi, dan batasannya. Seperti siapa yang boleh dan tidak boleh menyentuh tubuh kita. Mengetahui dengan benar pendidikan seks akan mencegah kita dari perilaku seks bebas, kehamilan yang nggak diinginkan, pemerkosaan, aborsi, sampe penularan penyakit seksual.

 

Dan yang paling penting, tujuan utama pendidikan seks bukanlah cuma tentang fisik aja tapi juga psikis. Seperti yang disampaikan FoSe (Future of Sex Education): Youth Health and Rights in Sex Education, pendidikan seks bertujuan untuk memberikan informasi tentang gimana kita bisa lebih sadar sama nilai, respek dengan hak antar gender, dan bisa bertanggung jawab terhadap diri dan badan kita sendiri. Sehingga kita bisa tumbuh sebagai orang dewasa yang sehat secara seksual, baik tubuh maupun pikiran.


Foto: Shutterstock  

Related Articles

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

06 April 2016

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

BELAJAR YUK

01 Mei 2016

Simak tips belajar biar siap ngadepin ujian

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.