Login

Email
Password


Mylife

GIMANA KALO KITA NGGAK PUNYA PASSION?

20 April 2018

Pernah nggak kita ngeliat orang lain (terutama yang seumuran kita) udah tahu passionnya apa. Mereka udah tahu karir apa yang akan mereka jalanin di masa depan, udah ada rencana dan step by step yang akan mereka lakukan demi ngeraih passion impian mereka. Sementara itu, kita cuma bisa ngeliat dan bertanya-tanya

“duh passion aku apa ya, kayaknya aku nggak punya passion deh. Gimana ya...”

 

Passion itu bisa dibilang salah satu guidance hidup kita. Orang yang punya passion jadi punya motivasi buat ngembangin dirinya, sesulit apa pun itu, dia nggak akan berhenti dan nggak akan menyerah sebelum mimpinya terwujud. Lalu apa yang terjadi kalo kita nggak punya passion?

Karena kita nggak tahu apa yang jadi minat kita dan apa yang kita inginkan, kita jadi mudah banget disetir sama orang lain. Pada akhirnya kita hanya akan ngejalanin hidup berdasarkan orang lain, bukan berdasarkan keinginan diri sendiri.

 

PASSION ITU BUKAN KOMPETISI ATAU UJIAN

Berada di tengah orang-orang yang punya passion tinggi tentu aja jadi pressure tersendiri. Akhirnya karena terlalu semangat mencari passion, kita jadi memperlakukan passion seperti layaknya kompetisi atau ujian. Padahal passion itu nggak sama kayak kompetisi yang ada menang atau kalah, semua passion itu sama pentingnya, tinggal gimana cara kita ngejalaninnya aja. Dan, kalo saat ini kita nggak punya passion, itu bukan berarti nggak ada. Hanya aja kita belum nemuin apa passion kita yang sebenarnya.

 

SO, HOW TO FIND OUR PASSION?

Nggak usah dibawa stres, nemuin passion kita itu bisa jadi aktivitas yang menyenangkan lho. Here’s what we can do:

  1. Sediain waktu me time buat duduk, minum hot chocolate favorit, dan bikin list tentang hal apa aja yang bikin kita lupa waktu. Misalnya nih, kalo kita suka browsing internet, situs atau topik apa yang sering kita buka. Kalo buka social media, social media apa yang buka, siapa yang kita follow, dan seterusnya.
  2. Think about what interest you the most. Sama kayak contoh point 1. Di list, coba deh breakdown sampe hal yang menurut kamu nggak penting tapi tetap dilihat. Dari situ kita bisa ngeliat pola interest kita itu kayak gimana. Selain itu coba tanya hal ini ke diri sendiri: kalo misalnya kita punya waktu satu hari buat me time, kamu mau ngapain?
  3. Jangan takut buat tanya ke keluarga atau teman. Menurut mereka, apa sih kekuatan dan kelemahan kita? Kita tuh bagus di mana? Dan personality kita tuh sehari-harinya kayak apa. Point of view dari pihak ketiga akan bantu kita untuk ngeliat diri kita secara keseluruhan.
  4. Hal apa sih yang bikin kita penasaran banget. Tulis sampe ke hal yang sekecil-kecilnya.

 

Gimana kalo passion aku banyak?

It’s great! Kalo apa yang menarik minat kita banyak, kita jadi punya banyak pilihan. Bahkan kalo bisa digabungin itu lebih baik lagi. Misalnya aja passion kita nulis, makan, dan fotografi. Kita bisa banget jadi fotografer food blogger (misalnya) yang sering nyari makanan oke buat difoto dan direview. Seperti @captainruby dari wanderbites.co.

 

Yang pasti passion itu nggak bisa jalan sendirian, harus dibarengin sama kerja keras dan nggak menyerah di tengah. Selama ketiganya jalan seiringan, apapun passion dan impian kita pasti bakal tercapai!


Foto: Berbagai sumber  

Related Articles

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.