Login

Email
Password


Mylife

6 CARA MENGATASI PIKIRAN NEGATIF

28 Maret 2018

Pernah nggak berpikir “duh gue pasti nggak bisa ngerjain tugas itu,” atau “gue tuh jelek banget, nggak ada yang bakal suka dengan gue.”

Pikiran-pikiran negatif selalu datang di saat kita ngerasa nggak mampu, rendah diri, atau kita terlalu keras sama diri sendiri. Punya ekspektasi tinggi dan melihat orang lain lebih baik dari kita, otomatis bikin kita “nge-discount” diri sendiri. Yang mana secara nggak sadar kita jadi berpikiran negatif sama diri sendiri. Padahal seharusnya nggak ada yang lebih menyayangi dan mensupport diri kita selain kita sendiri.

 

Pikiran negatif yang kita bentuk sendiri lebih “jahat” dibandingkan omongan jelek orang. Menurut Becca Martin dari Thought Catalog:

“The biggest downfall of being hard on yourself is the voices between your ears, your worst enemy, which is yourself. Talking negatively to yourself only makes you harder on yourself, and that is not what you need. Your negative thoughts distort reality and there is nothing to be gained by repeating over and over all the things you could have done better.”

Punya pikiran negatif nggak akan ngebawa kita kemanapun, karena itu yuk coba dealing dengan pikiran negatif yang kita ciptain sendiri dengan 6 cara berikut:

 

MELIHAT APA MASALAHNYA

Coba melihat dari point of view orang kedua. Sebenarnya apa sih masalahnya, kenapa kita bisa berpikir seperti itu, dan lain sebagainya.

 

TULIS APA AJA PIKIRAN NEGATIF KITA

Menulis pikiran negatif akan bantu kita untuk melihat dan menganalisa, sebenarnya apa aja sih hal-hal yang jadi pikiran negatif kita. Dengan gitu kita akan bisa mengakui, kalo sebenarnya pikiran negatif itu nggak lebih cuma sekedar apa yang kita pikirkan dan kita asumsikan aja, bukan kenyataan.

 

CHALLENGE NEGATIVE THOUGHTS WITH POSITIVITY

Kalo kita udah ngelist apa aja pikiran negatif kita, coba tulis disampingnya apa aja yang positif dari diri kita sendiri. Tulis sampe ke hal detail hal baik apa yang ada di diri kita. And please don’t say there’s nothing good about yourself, setiap orang punya sisi baik dan positif di diri mereka! Cuma kadang kitanya aja yang nggak sadar or nggak mau ngeliat sisi tersebut.

 

JUST SAY NO

Ketika kita dihadapin sama pikiran negatif yang bikin down atau stress, simply say “STOP!” Kalo perlu teriakin dengan keras buat tamparan ke diri sendiri kalo kita tuh udah terlalu berlebihan.

 

CARI TAU APA SIH TRIGGER ATAU PENCETUSNYA

Apakah itu dari teman, keluarga, atau pun pacar sendiri. Coba cari tahu sumber pencetusnya yang membuat kita berpikiran negatif.

 

JUST TAKE A BREAK OR DISTRACT OURSELVES

Kalo pikiran negatif itu mulai memenuhi pikiran kita, coba berhenti sebentar. Tarik nafas dalam-dalam dan tenangin diri kita sendiri. Lalu coba lakuin deh hal lain yang bisa men-distract pikiran kita dari hal-hal yang negatif. Mulai dari nyobain hal baru atau sekedar baca buku, yang penting coba alihkan perhatian sehingga nggak ada ruang buat berpikir negatif.


Foto: Pexels

Related Articles

Cara mengatasi writer block

02 September 2016

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
1 comments
You must be logged in to post a comment.

Siti aisah


Masukan kodenya sudah bener tapi gak bisa di submit

Apr 13, 2018 08:00 AM