Login

Email
Password


Mylife

EMANG CEWEK SENENG PLAYING VICTIM YA?

06 Februari 2018

Sadar atau nggak, sebagai cewek kita sering banget nempatin diri sebagai warga Negara kelas dua. Artinya, kita secara nggak langsung ngerasa diri kita lebih rendah dari cowok, dan bikin kita nggak bisa maju dan setara dengan cowok. Sederhananya, sebagai cewek kita kerap playing victim dan nganggep diri jadi korban keadaan. Kenapa bisa begitu ya?

Sadar nggak perilaku kita yang sekarang ini dibatasi oleh lingkungan yang udah membentuk gender kita sedari kecil. Cewek pakenya pink, nggak boleh ngomong kasar, harus tau sopan santun, nggak boleh bersuara lantang, dsb. Sementara, cowok punya peranan yang berkebalikan dari cewek, harus berani, kuat, dan harus mau kotor-kotoran dan nggak dibatasin aturan.

Peranan kayak gini akhirnya tumbuh bersamaan dengan pola piker kita sampe remaja. Kita ngerasa harus diperlakukan beda cuma karena kita perempuan. Kita ngerasa kita harus dapet duduk di bus karena kita adalah perempuan, padahal kaki kita masih sehat-sehat aja buat berdiri sepanjang perjalanan. Aturan first date apalagi, kita nggak mau keluarin duit buat apapun karena ngerasa itu adalah kewajibannya cowok. Atau kalo ada perdebatan panjang dengan temen cowok, kita nggak sungkan ngeluarin alesan, “ngalah dong sama cewek!”, padahal nih ya, kalo diteliti lagi, nggak ada juga korelasinya antara jadi cewek dan menang dalam perdebatan.

Akhirnya, banyak hal yang bikin cewek nggak bisa atau belum bisa jadi semaju cowok. Sedikit banyak karena kita nahan diri buat maju, dan secara nggak sadar nempatin diri sebagai korban keadaan. Contohnya, ngerasa nggak harus sekolah tinggi-tinggi karena nantinya bakalan jadi istri dan ibu yang tinggal di rumah dan ngurus anak dan suami, jadi buat apa kuliah mahal-mahal. Atau nih ya, ngerasa nggak perlu susah nyari kerja, karen toh nanti ada suami yang bakalan ngebiayain hidup kita. Atau mungkin yang paling sederhana dan sering kita lakuin tanpa sadar kita lakuin adalah beralasan, “aduh sori deh, gue lagi PMS nih, maklum lah cewek,” saat kita mau pacar dan temen-temen cowok memaklumi mood kita yang lagi turun naik.

Definisi playing victim sebenarnya adalah seseorang yang nggak mau bertanggung jawab atas sesuatu hal yang udah terjadi, dan malah menyalahkan seseorang atau sesuatu, atau melempar kembali tanggung jawab atau kesalahan tersebut pada pihak lain. Nggak mau dong jadi salah satu cewek yang punya sikap nyebelin kayak gitu. Well, ada caranya kok supaya kita terhindar atau belajar nggak lagi playing victim, this is how we start it:

 

 

 

Dari sekian banyak era, 2018 adalah masanya cewek bisa maju lebih dari masa apapun. Jadi kok kayaknya malu ya kalo kita terus-terusan playing victim ‘just because’ we are girls? Jadi, udah saatnya mengubah mindset playing victim yang bikin kita susah maju itu dan membaliknya jadi privilege yang hanya dimiliki cewek dan bikin kita bisa semaju (atau bahkan lebih dari) cowok.

 


Images : berbagai sumber

Related Articles

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

06 April 2016

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.