Login

Email
Password


Mylife

5 TANDA TEMEN KITA BERUBAH JADI PENGARUH BURUK

19 November 2017

Temen harusnya jadi sosok yang bawa pengaruh positif bagi kehidupan kita. Nggak hanya buat seneng-seneng aja, saat kita down dan lagi sedih, temen biasanya hadir buat jadi penyemangat. Tapi apa jadinya kalo yang kejadian malah sebaliknya? Kita selalu uring-uringan dan sebel banget tiap kali berhubungan dengan mereka. Jangan-jangan tanpa sadar temen kita udah jadi pengaruh yang buruk nih buat hidup kita. Kenali dulu cirinya yuk!

ORANG TERDEKAT MULAI COMPLAIN DENGAN PERUBAHAN KITA 

Yup, tanda paling terlihat dan transparan adalah entah itu Mama, Papa, atau bahkan pacar kita mulai complain karena ngerasain perubahan dalam diri kita. Bisa jadi kita yang mulai jarang luangin waktu buat ngobrol sama orang rumah, atau selalu nolak diajak quality time sama pacar karena lebih milih ketemuan sama temen kita. Kalo hanya sekali dua kali mungkin masih bisa dimaklumi, tapi kalo udah keseringan, no wonder sih mereka jadi ngerasa kehilangan kita. Belum lagi kalo kita punya kebiasaan baru yang dinilai buruk, gara-gara keseringan nongkrong sama temen kita itu, entah itu pulang larut malam, ngerokok, atau hobi gossip dan berkata kasar.

KITA NGERASA DIMANFAATIN

Temen emang harus tolong-menolong, tapi nggak keseringan dan jatohnya dimanfaatin juga kan? Kita bakalan ngerasain kok tanda-tanda ini kalo dalam waktu yang berdekatan, temen kita ini terus-terusan minta tolong ke kita. Bukan cuma sekedar minta ditemenin nyari baju ya, tapi juga kayak minjem uang yang nggak jelas buat apa, minta kita buat ngebohong ke ortu atau pacarnya, atau minjem barang-barang kesayangan kita. Caranya mereka minta tolong ini juga cenderung manipulatif, dan tau banget celah yang bisa dipake buat manfaatin kita, kayak kita yang nggak tegaan nolak, atau sok-sokan nyebut dan ngebahas masa lalu supaya kita ngerasa utang budi, seperti “lo kan dulu juga pernah gue pinjemin duit, masa gue pinjem segitu aja nolak sih?”

MEREKA NGOMONGIN KITA DI BELAKANG

Tiba-tiba aja, rahasia terdalam yang kita cuma bagi ke temen kita ini, malah diketahui sama orang banyak. Dan usut punya usut, emang sumbernya cuma dari temen kita itu. Kita juga beberapa kali denger hal yang nggak-nggak tentang kita, dan ternyata pas dicari tau asalnya dari temen kita itu. Ugh, such a back stabber! Temen baik nggak akan ngelakuin itu, dan akan jujur ngomongin kejelekan kita di depan kita supaya kita bisa introspeksi diri dan jadi orang yang lebih baik lagi.

ADA DAN TIADA

Ini maksudnya mereka nongol cuma pas kita lagi bahagia aja. Tapi pas lagi down dan ketemu masa-masa susah, tiba-tiba aja ngilang dan susah banget dicari. Makanya bener lho kata pepatah dan para orang  tua, temen yang bertahan sampe lama itu nggak banyak, yang bisa mengarungi waktu dan ngejalanin susah seneng bareng itu nggak semuanya. Coba deh inget-inget, temen yang ada pas kita lagi sukses dan ‘kecipratan’ rasanya jadi sukses, masih ada nggak pas kita berada dalam kondisi biasa-biasa aja atau malah lagi sulit-sulitnya? Kalo nggak ada, well, kita bisa nilai sendiri kan arti pertemanan yang terjalin.

KITA CUMA JADI BAYANGAN

Temen yang tujuan bertemannya cuma buat ngejatohin kita dan keliatan bagus di depan yang lain, udah jelas bawa pengaruh buruk buat hidup kita. Buat mereka, kita hanya bayangan yang dimanfaatin buat sinarnya. Mereka seringkali ngetawain kekurangan kita, dan bikin kita down sama celaan-celaannya. Beberapa kali ditegur tapi alesannya adalah, “alaaah, itu kan becanda!” Tapi apa iya pantes dilakuin terus-terusan? Kalo mereka memposisikan diri kita sebagai bayangan yang nggak pantes diliat orang lain, dan kemudian kita ngerasa jadi kecil banget saat bersamanya, there’s no doubt, time to leave them girl!   
 


Images : google

Related Articles

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

06 April 2016

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.