Login

Email
Password


Mylife

LET’S LEARN FROM THE IDOL DARK PAST

31 Oktober 2017

Hidup idol nggak selamanya mulus dan bersinar kayak yang kita liat. Sebelumnya, beberapa di antara mereka punya masa lalu yang pahit, dan bahkan kayak cerita drama yang kita tonton di TV. Tapi dengan tekad yang kuat, mereka bisa bangun dari kesulitan dan jadi sebesar sekarang ini. Coba yuk belajar dari masa lalu para idol ini, supaya kita tetep semangat setiap kali lagi ngerasa down dan putus asa.

 

KIM SOO HYUN

Masa lalu Kim Soo Hyun, yang terkenal berkat Dream High dan My Love From The Star ini persis kayak drama TV. Nggak ada yang nyangka kalo di masa lalu Kim Soo Hyun kecil ditinggal pergi oleh ayahnya. Beberapa fansnya memang sempat curiga tentang ayah Kim Soo Hyun, apalagi karena tiap wawancara dia hanya mementioned ibunya yang harus banting tulang buat menghidupi mereka berdua. Tahun 2015, cerita tentang ayah Kim Soo Hyun mulai menguak pas ada kabar tentang cewek yang mau mulai debut sebagai idol/singer bernama Kim Joo Na, yang ternyata mengaku sebagai adik tirinya.

Ternyata usut punya usut, Kim Joo Na adalah putri dari ayahnya Kim Soo Hyun yang sudah menikah lagi setelah ninggalin dia dan ibunya dalam keadaan susah. Meski awalnya Kim Soo Hyun lebih milih diam dan bikin publik berspekulasi, akhirnya Kim Soo Hyun ngeluarin statement resmi kalo Kim Joo Na benar adalah adiknya. Tapi dia juga sekaligus meluruskan kalo dia dan Kim Joo Na nggak pernah tinggal bareng waktu kecil dan dia juga sebenarnya nggak tau kalo Kim Joo Na mau debut sebagai penyanyi, tapi dia mendoakan yang terbaik buat karir adik tirinya itu. Dari statement dan interviewnya selama ini, menurut beberapa netizen Korea, sepertinya Kim Soo Hyun cukup terluka dengan masa lalu makanya dia enggan buat menyebut ayahnya.

Lesson to learn: berdamai sama masa lalu itu nggak gampang, apalagi kalo udah menyangkut keluarga. Seberapa keras kita berusaha nutupin pasti akan ada saatnya kebuka juga, dan mau nggak mau we have to deal with it. Ingat, lari dari masalah bukan jawabannya, yang ada malah masalahnya tambah besar. Angkat dagu kita dan beranilah ngadepin semuanya. Ini bukan masalah benar atau salah, tapi siapa yang berani memulai untuk menyelesaikan masalahnya tanpa ada embel-embel 'minta dikasihani'. Belajar dari kedua kakak beradik tiri ini, Kim Soo Hyun akhirnya move on dari masalah keluarga yang hampir bertahun-tahun dirahasiain. Sedangkan Kim Joo Na sendiri, biarpun awalnya K-netizen ngasih dia predikat buruk tapi dia berhasil ngebuktiin kalo dia musisi bertalenta dan dapet pengakuan sama bakatnya. At the end of the day, semua akan berakhir baik kalo kita berani ngadepin sisi gelap kita.

 

LEETUK SUPER JUNIOR (PARK JUNG-SOO)

Masa lalu leader Super Junior ini mungkin yang paling sedih dan tragis diantara semuanya. Ada alasan besar kenapa Leeteuk pingin jadi idol yang sukses. Leader yang murah senyum ini ngalamin ketidakberuntungannya karena kondisi keluarganya yang miskin, Leeteuk kecil sering dapet kekerasan baik fisik maupun verbal dari ayahnya yang bikin dia trauma. Apalagi orang tuanya juga sering bertengkar di depannya. Hal inilah yang bikin Leteeuk semakin kemotivasi buat jadi idol yang sukses dan akhirnya lulus casting SM Entertainment. Perceraian kedua orangtuanya, lima tahun jadi trainee tanpa ada kepastian, ditambah bolak-balik masuk anggota grup nggak bikin dia patah semangat. Sampe akhirnya dibentuklah Super Junior yang ngebawa karirnya ke puncak. Tapi tahun 2007 barengan sama 3 anggota SuJu dan 2 manager mereka, Leetuk ngalamin kecelakaan serius yang bikin ia harus dirawat total di RS dalam waktu yang lama, ditambah Super Junior juga harus ngalamin pasang surut dengan keluarnya salah satu member mereka.

Di saat keadaan tenang dan Leteeuk berusaha ngeraih kesuksesannya, unfortunately tahun 2014 di saat Leeteuk menjalani wajib militer, ayah Leeteuk yang menderita dementia dikabarkan membunuh kedua orang tuanya (kakek nenek Leeteuk) di rumah mereka dan kemudian bunuh diri. Setelah diselidiki, alasan kesulitan keuangan jadi motif utama pembunuhan serta depresi ayahnya. Leetuk pun mengambil cuti dari militernya dan mengadakan upacara pemakaman barengan dengan member SuJu lainnya.

Lesson to learn: Nothing’s gonna beat us as hard as life. But than again, that’s life. Kita bisa dipukul sampe sakit sama peristiwa-peristiwa tragis dalam hidup kita. Kita dibolehin terluka, jatuh, dan berduka buat sementara waktu. Tapi sepahit apapun kehidupan ngasih kita kejadian, kita harus tetep menerima dan berdiri buat ngelanjutin kehidupan yang kita punya. Belajar dari Leeteuk, cowok ini akhirnya bikin pengakuan mengejutkan tahun 2016 kemarin kalo dia sebenarnya ngalamin struggle dan depresi yang bahkan nggak bisa dibayangin oleh membernya sekalipun. Sampe akhir hayatnya, ternyata ayah Leeteuk punya kebencian mendalam terhadap Leeteuk yang diungkapin di surat wasiatnya. Walaupun begitu, Leteeuk tetap rela menanggung hutang ayahnya sampe cuma tidur 4 jam dalam 3 hari demi menuhin jadwal kerja. Did he resent his father? No. Leteeuk lebih milih menerima semuanya dengan lapang dada, nggak ngebenci (sekaligus maafin) ayahnya dan ngelakuin apa yang dia bisa saat ini sambil didukung oleh semua member SuJu. Dengan gitu walau capek tapi dia bisa lebih menerima hidupnya dan nggak terbeban. A truly inspiring leader right?

 

UKNOW YUNHO – TVXQ

Satu lagi leader idol group yang juga mengalami krisis keuangan pada keluarganya sebelum sukses. Walaupun nggak seberat Leeteuk tapi Yunho, leader dari TVXQ ini punya sejarah cukup panjang dengan part time job. Tahun 1997, ayah Yunho yang tinggal di Gwangju bangkrut akibat krisis moneter, hal ini nyebabin keputusan Yunho buat serius di dunia nyanyi ditentang karena keluarganya nggak sanggup buat ngebiayain kebutuhannya sebagai trainee. Pas Yunho tetap mutusin buat ke Seoul dan berlatih, ayahnya sempat marah dan mutusin buat nggak ngesupport secara finansial, ini yang bikin Yunho akhirnya kerja serabutan di sela waktu sekolahnya. Bahkan karena ngak sanggup bayar sewa kos, Yunho harus rela tidur di stasiun setiap malam sampe akhirnya ketemu Junsu (ex-member TVXQ) yang nawarin dia buat stay di rumahnya. Nggak cuma buat biaya sehari-hari, Yunho ternyata juga ngesupport biaya sekolah adiknya sejak dia masih 12 tahun. Yunho yang dikenal berkat dancenya ini juga sempat ngalamin cidera tenggorokan yang bikin dia kehilangan suaranya buat sementara waktu. Di saat-saat inilah ia sempet berpikir untuk nyerah aja menjadi penyanyi. Bahkan setelah bisa bergabung dengan SM Entertainment pun, Yunho nggak langsung terkenal begitu aja. Ia sempet jadi backup dancer dulu dan dimasukkin ke beberapa temporary band yang bongkar pasang, sebelum akhirnya menetap di TVXQ.
 

Lesson to learn: Dari personelnya TVXQ ini kita bisa belajar kalo yang namanya passion sama usaha itu harus berjalan beriringan. Bahkan setelah usaha pun, ada aja cobaan dan tantangan yang harus dilaluin. Saat dihadapin sama tantangan berat, kita jadi dikasih dua pilihan, mau terus menerjang hambatan yang ada, atau nyerah kalah dan meninggalkan usaha kita di tengah jalan. Yang jelas, nggak ada mimpi yang gampang diraih. Semua harus pake usaha yang nggak instan.

 

SANDARA PARK 

Cerita Sandara mungkin udah banyak yang tahu, terutama para BlackJack (fans 2NE1). Sebelum terkenal di Korea, Sandara udah dikenal di Filipina setelah jadi juara kedua di acara talent show 'Star Circle Quest'. Sayangnya popularitas Sandara nggak berlangsung lama karena beberapa hal, dan di saat kondisinya sedang susah ayah Sandara malah kabur membawa uang keluarga dan selingkuh dengan wanita lain. Devastated. Sebagai yang paling tua diantara saudaranya, Sandara mutusin buat jadi tulang punggung keluarga. Dari membayar biaya sekolah adik-adiknya sampe nyiapin uang kebutuhan sehari-hari. Semua dia jalanin tanpa mengeluh. Nggak cukup sampe situ, tahun 2007 Sandara yang tahu ayahnya dipenjara akhirnya ngebayar uang jaminan supaya ayahnya bebas.
 

Lesson to learn: tetap ngelihat sisi positif di setiap masalah. Sandara merupakan figur idol yang energetic dan cheerful, cewek ini sampe dijulukin vitamin saking keceriaannya bisa nular ke orang-orang. Makanya nggak banyak yang tahu tentang masalah dan struggling yang dia hadapin, karena Sandara sendiri berusaha positif. Menurutnya kehidupan itu simple aja, saat sedih ya nangis, saat senang ya ketawa. Ada banyak kebaikan di dunia dan nggak seharusnya kita sia-siain kebaikan tersebut.

 

GIRLS DAY SOJIN

Kisah Sojin sedikit mirip dengan Yunho. Tumbuh di pedesaan dimana orang-orang skeptis dengan celebrity justru bikin Sojin semakin mantap untuk jadi penyanyi, walaupun ditentang orang tuanya setelah mereka ditipu hampir 2 juta won oleh perusahaan yang ngejanjiin mau ngebantu karir Sojin, akhirnya ketika berumur 20 tahun cewek ini kabur dari rumah untuk ngegapai impiannya tersebut. Aksi nekatnya ini bukan tanpa resiko, di Seoul Sojin terpaksa harus numpang di kos temanya dan kerja serabutan. Sebagai cewek tentu aja ini jadi hal yang berat, apalagi ditambah masa trainee yang nggak jelas kapan bisa debutnya. Bahkan leader dari Girls Day ini rela kerja di pub dan pabrik supaya bisa bertahan dan menuhin kebutuhan sehari-harinya. Fortunately, sedikit demi sedikit Sojin belajar di akademi secara profesional dan berhasil debut sebagai anggota dari Girls Day.

Lesson to learn: terkadang untuk meraih apa yang kita impikan kita harus nekat dan berani ambil resiko. Tapi juga dengan catatan kita sadar akan resiko yang kita ambil. Belajar dari Sojin, walaupun dia akhirnya mutusin untuk lari dari rumah tapi dia nggak kembali dengan tangan kosong. Justru ketidaksetujuan orang tuanya dijadikan motivasi untuk berhasil serta ngebuktiin ke mereka kalo inilah jalan yang dia inginkan dan dia bertanggung jawab penuh sama impiannya tersebut .


Foto: Naver X Dispatch, Wikipedia, dan berbagai sumber

Related Articles

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.