Login

Email
Password


Mylife

PUPUK NASIONALISMEMU DENGAN CARA INI

23 Agustus 2017

Banyak yang bilang generasi milenial kayak kita gini nggak tau caranya memupuk jiwa nasionalisme karena hidup dalam kondisi modern kayak sekarang. Padahal, lahir di era modern nggak serta merta bikin kita lupa sama rasa cinta tanah air. Gimana caranya memupuk jiwa nasionalisme di masa pasca kemerdekaan dan dengan kondisi yang serba modern ini?

 

PAKE PRODUK LOKAL, CINTA PRODUK DALAM NEGRI

Udah nggak zamannya lagi deh malu pake produk buatan lokal, dan lebih bangga sama produk keluaran internasional. Hari gini banyak banget produk buatan entrepreneur dalam negri yang nggak kalah bersaing sama produk luar negri. Dari mulai fashion product, makeup, food and beverage, interior, sampe aplikasi buat smartphone kita. Sebut aja nama Cotton Ink, Wardah, Makeover, Tuku Coffee, Makna Coffee, Tex Saverio hingga Rinaldi A. Yunardi, semuanya merupakan nama-nama yang bisa disandingin sama brand dan merek luar negri. Udah banyak juga market yang diadain di mall sampe skala tempat segede convention centre yang rajin diadain buat menampung kreativitas para pelaku industri tanah air, bukti kalo karya mereka udah nggak boleh lagi kita raguin kualitasnya. 

NONTON FILM DALAM NEGRI DAN DENGER MUSISI LOKAL

Rela ngantri tiket film Hollywood tapi males banget beli tiket film lokal? Nggak fair ah girls, karena dengan nonton film buatan sineas dalam negri, kita ikut berkontribusi dalam kemajuan film Indonesia. Udah banyak lho nama-nama berkaliber yang nggak usah lagi diraguin filmnya, kayak Hanung Barmantyo misalnya. Kalo kita mau tau perjuangan pahlawan Indonesia di masa lalu, juga bisa kok nonton film-film yang ngangkat biografi soal mereka. Cek rekomendasi Happifyourworld untuk film-film nasional di sini

NGGAK NONTON/DENGER/MAKE PRODUK BAJAKAN

Salah satu cara buat mendukung karya anak negri adalah dengan nggak make produk bajakan yang dijual di pasaran. Hari ini nggak zaman deh girls dengerin musik bajakan, karena udah banyak banget streaming music online yang secara resmi ngajak kerjasama musisi dalam negri dan menguntungkan mereka secara adil. Buat film, kalo nggak sempet nonton di bioskop major karena filmnya udah keburu turun, akan lebih baik kalo kita nonton di  bioskop kecil kayak Kinosaurus yang mendukung perfilman nasional dan juga sineas lokasl.

PELAJARIN SEJARAH DAN BUDAYA

Nggak tau kapan Sumpah Pemuda dilaksanain, siapa itu WR Soepratman, atau siapa penjahit bendera merah putih kita yang pertama? Nggak tau juga ada berapa suku yang mendiami Indonesia serta berapa banyak bahasa daerah yang dipake? Udah saatnya kita mau ngebuka mata dan mulai mempelajari soal Negara kita sendiri. Semudah buka Google dan mulai cari tau sejarah dan budaya yang kita punya, atau mulai perhatiin secara cermat setiap kali guru sejarah kita lagi nerangin pelajaran. Malu ah kalo temen dari negara lain nanya, “so how many tribes live in Indonesia?” dan kita cuma bisa mingkem nggak bisa ngejawab.

UP DATE DAN KRITIS MENCERNA DAN MENAGGAPI ISU NASIONAL

Tau banget kapan Kylie Jenner putus sama Tyga tapi nggak tau siapa Mentri Keuangan kita sekarang? Shame on us girls, karena sebagai remaja udah seharusnya kita juga update mengenai berita dan isu nasional yang terjadi saat ini. Nggak usah harus detail banget juga, paling nggak kita tau apa yang jadi isu utama di media saat ini. Kita juga harus jadi remaja yang kritis girls, jangan mau deh jadi korban berita hoax yang cuma bisa bikin kisruh keadaan. Teliti lagi sumber beritanya supaya nggak asal nelan mentah-mentah berita yang disampaikan. 

DUKUNG ATLET NASIONAL

Kalo emang beli tiket buat nonton langsung pertandingannya terlalu mahal, kita juga bisa lho ikuti social media para atlet ataupun persatuan olahraga resminya, dan kasih dukungan ke mereka yang lagi menghadapi pertandingan. Pasti kita akan sama terharunya ngedenger lagu Indonesia Raya dikumandangin dan bendera Merah Putih dikibarin pada saat atlet kita memenangkan kejuaraan.

PATUHI PERATURAN

Ini sebenernya yang paling sering kita hadapin dalam kehidupan sehari-hari. Nggak melanggar lampu merah, nggak make calo setiap kali mengurus surat administrasi, nggak nyelak antrian, dan nggak nyogok adalah beberapa cara kita buat jadi warga Negara yang baik dan mematuhi peraturan. Nggak ada salahnya juga menegur mereka yang kita lihat berbuat salah, sebagai pengingat gimana seharusnya seorang warga Negara yang baik itu seharusnya berperilaku.

NGGAK GAMPANG TERPROVOKASI

Hari gini banyak banget kita lihat berita yang ngangkat isu separatis, cuma karena perbedaan agama, pendapat atau prinsip. Padahal, sejatinya Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari keberagaman. Makanya udah sewajarnya kita sebagai kaum muda nggak gampang terpicu sama perpecahan, apalagi terpancing sama isu SARA di social media.


Foto: Shutterstock

Related Articles

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.