Login

Email
Password


Mylife

HELP BARU PERTAMA NGEKOS NIH

21 Agustus 2017

Udah menyandang predikat anak kuliahan nih! Yeay, akhirnya setelah sekian lama kita pake seragam, tiba juga waktunya pake baju bebas setiap hari dan menyebut diri sendiri sebagai mahasiswa! Nah, buat yang memilih untuk ngekost dan tinggal jauh dari ortu karena jarak kampus dan rumah yang jauh, ada banyak hal yang harus menjadi perhatian dan concern kita nih girls, dari mulai hal yang sepele, sampe yang besar banget efeknya buat kepribadian kita. Apa aja itu?

 

Memilih sendiri atau dipaksa keadaan buat tinggal jauh dari ortu dengan ngekost emang bawa impact yang gede banget buat diri dan kepribadian kita. Mau nggak mau kita jadi mandiri dan mengandalkan diri sendiri buat ngurus semua keperluan kita, mulai dari urusan makan, buang sampah, beresin kamar sampe nyuci baju. Yang biasanya bisa ngandelin Mbak di rumah, sekarang semuanya harus dipikirkan sendiri karena kondisi kita yang jauh dari rumah. Belum lagi tugas kuliah yang numpuk dan deadline yang ngejar setiap saat, bikin kita kadang freak out sendiri sama tanggungjawab yang gede ini.

Padahal, no need to worry lho girls. Yang perlu kita lakuin adalah nge-list satu-satu apa aja yang harus kita perhatiin nanti pada saat kita pindah ke kostan dan memulai hidup sendiri. Yang pasti, level kedewasaan dan tanggungjawab kita naik kelas nih! Welcome to adult life!

 
BELAJAR SOAL MANAJERIAL

Kita boleh banget bangga karena udah bisa belajar hidup sendiri tanpa pengawasan ortu. Artinya, kita udah bisa bertanggungjawab sama apapun keputusan yang kita ambil, mulai dari kalo tidur kemaleman akan terlambat bangun dan berangkat kuliah, sampe pilihan makanan apa yang bisa ngebuat badan kita fit setiap harinya. Kemampuan manajerial ini yang akhirnya mengasah kemampuan kita dalam mengatur hidup kita sendiri. Manajerial skill ini nggak bisa diremehin lho, karena kita jadi belajar pilihan mana yang benar dan salah, mana yang kurang tepat dan pada akhirnya harus diperbaiki. Yang biasanya selalu ngandelin Mama buat bangun pagi, tapi sekarang harus mengandalkan diri sendiri dalam mengatur kegiatan setiap harinya. Yes, you can do it!

 

Kalo perlu catet pengeluaran kamu per-minggu atau per-bulannya berapa biar bisa ngetrack keuangan kita.

JADI MANAJER KEUANGAN BUAT DIRI SENDIRI

Ngekost juga menuntut kita pinter ngatur skala prioritas dan kepentingan, termasuk soal keuangan dan finansial. Dengan uang saku bulanan dari ortu yang terbatas, kita harus mampu ngebagi mana yang bisa dipake buat hang out, tugas kuliah, makan, sampe belanja keperluan. Hindarin nelpon atau nge-chat mama dan minta transfer uang. Ingat lho, kita hidup ngekos supaya mandiri dan nggak jadi anak manja yang ketergantungan sama orang tua.

 

KENALAN SAMA PENGHUNI KOSTAN

Ini penting banget supaya kita tau siapa aja yang tinggal di samping kanan-kiri kamar kita, dan juga siapa Bapak/Ibu kost yang menjaga kostan kita, juga Pak Satpam penjaga gerbang kostan. Make sure Mama dan Papa kita megang nomor handphone pengurus kostan kita, begitu juga sebaliknya, incase something happen to us, mereka tau harus menghubungi siapa. Temenan sama anak-anak yang ngekost di sekitar kita juga penting lho, karena mereka lah yang bisa bikin hidup kita nggak kesepian selama tinggal jauh dari rumah. Lagi pula, kalo kita butuh sesuatu di malam hari, siapa lagi yang bisa bantu kita selain mereka. Nggak ada salahnya kan memperluas jaringan pertemanan kita?

 

JAGA KESEHATAN & PREPARE OBAT-OBATAN

Ngekos identik dengan hidup hemat dan irit. Kadang hal ini jugalah yang bikin kita males makan, padahal kalo tugas sekolah atau kuliah menggunung kita jadi rajin begadang dan makan seadanya. Nggak heran kalo akhirnya berimbas sama kesehatan kita. Dari maag, masuk angin, flu sampe insomnia adalah penyakit yang umum nyerang anak kosan. Buat menghindari sekaligus ngejaga badan, make sure nyiapin stok makanan kayak roti atau biskuit. Boleh kok nyediain makanan instan, asal jangan setiap hari dimakannya. Selang seling beli makanan yang dimasak (kalo perlu patungan sama teman beli nasi dan lauk pauk dari warung). Dan pastiin juga kita nyetok obat-obatan kayak obat pusing, masuk angin, kayu putih & balsam.

 

WIFI, TEMPAT FOTOKOPI – PRINT, LAUNDRY DAN RUMAH MAKAN

Ini penting banget lho buat anak kost kuliahan macam kita gini. Waktu memilih tempat kost, make sure apakah kostan kita itu menyediakan wifi dan jasa laundry. Kebutuhan kita sama wifi pasti gede banget selama nge-kost, mulai dari urusan tugas kuliah sampe buat sekedar streaming video, jadi akan lebih baik kalo uang bulanan kita nggak lagi harus ngebeli pulsa kuota internet. Kalo emang tempat nge-kost kita nggak nyediain jasa laundry, tanya lagi ke diri kita sendiri, apakah kita mau nyuci baju sendiri atau memilih jasa laundry kiloan. Makanya penting banget buat merhatiin lokasi di mana laundry kiloan terdekat berada juga tempat foto kopi, nge-print dan juga rumah makan, buat kebutuhan kita selama nge-kost. In case kita harus masak sendiri, nggak perlu deh beli kompor atau panci, cuku bawa rice cooker dari rumah. Dari nasi, air panas, mie, sampe bikin lauk-pauk bisa lho pake rice cooker!

 

JAM MALAM DAN TAMU

Beberapa tempat kostan memberlakukan jam malam, jadi selalu make sure sama Bapak/Ibu kostan kita gimana kalo kita harus pulang malem. Ini termasuk peraturan boleh bawa tamu main ke kamar atau nggak, apakah temen kita boleh nginep, atau apakah pacar atau temen cowok kita bisa main sampe ke kamar. Nggak mau kan disinisin Bapak/Ibu kost karena ngelanggar peraturan.

 

BAWA FASHION ITEM YANG BISA DI MIX AND MATCH

Ngekost nggak lantas bikin kita harus mindahin semua isi lemari baju di rumah sih girls. Yang harus diperhatiin adalah key item yang bisa kita mix and math buat bikin penampilan kita nggak bosen. Kemeja dan kaos putih, celana denim, celana hitam, outer, sneakers, sandal, sepatu flat, dan beberapa jenis tas kayak back pack, tote bag dan clutch, serta aksesoris bisa jadi andelan kita buat tetep tampil trendi.

 

HARUS PINTER NGATUR RUANG KOSTAN

Ruang kost yang terbatas juga kadang jadi kendala buat nata semua barang-barang kita di dalam kamar. Inilah gunanya kemampuan kita dalam mendekor dan mengakali ruang ditantang girls. Kolong kasur, dinding dan sudut ruangan bisa kita maksimalin fungsinya dengan naro storage atau rak yang bisa dipergunakan untuk barang-barang kita. Biar nggak keliatan sempit, akalin dengan kotak-kotak buat nyimpen segala keperlua kita. 

 

BELAJAR SKILL BARU

Kita akan kaget lho sama banyaknya skill yang bisa kita pelajarin saat kita jadi anak kost dengan ngandelin diri sendiri. Yang biasanya mitna bantuin Papa buat gantiin lampu kamar, sekarang jadi bisa ganti lampu sendiri kalo lampunya mati, masang gallon air mineral, bersihin kamar mandi, sampe benerin software laptop yang ngadat. Ini semua karena kita belajar buat ngandelin diri sendiri dan nggak bergantung sama orang lain. 


 

BELANJA KEBUTUHAN UNTUK NGEKOS

Kalo biasanya kita belanja kebutuhan bulanan sama mama, nah sekarang kita harus belanja kebutuhan kayak sabun mandi, pasta gigi, lotion, dan lainnya harus sendiri. Belanja kebutuhan kos setiap bulan juga melatih kita buat ngitung dan cermat memilih mana produk yang harganya lebih murah tapi punya kualitas sama. Untuk pembalut, kamu bisa milih Softex Light Airy 3in1, pembalut tipis yang punya tiga ukuran dalam satu kemasan. Sehingga pas untuk satu siklus haid, praktis dan lebih hemat deh!

Related Articles

Cara mengatasi writer block

02 September 2016

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.