Login

Email
Password


Mylife

GIMANA CARA NYARI TAU PASSION KITA?

11 Agustus 2017

Hari gini kita sering banget ngedenger kata passion diomongin di mana-mana. Di sekolah, di tempat les, lagi ngobrol sama temen, sampe semua artikel di majalah dan website pasti ngomongin soal passion ini. Sebenernya apa sih passion itu, dan gimana juga kita nyari tau soal passion kita?

 

Sebelum ngebahas lebih jauh, kita harus tau dulu pengertian dari passion itu apa. Passion bisa diartiin sebagai panggilan jiwa, hasrat atau gairah. Segala sesuatu yang kita lakuin dengan segenap jiwa dan kecintaan yang kita punya, dan kita ngerasa bahagia dan nggak kenal lelah saat ngelakuinnya, itulah passion. Banyak di antara kita yang sampe sekarang belum tau apa passion yang kita punya. Tapi jangan takut dulu, karena bahkan orang dewasa pun banyak juga yang belum nemuin passion mereka. Bayangin ngejalanin perkerjaan dan profesi yang sebenernya mereka nggak sukain, pasti kesiksa banget rasanya.

Nah, itulah kenapa kita harus sedini mungkin nyari tau dan nemuin apa sih sebenernya passion kita itu. Karena nggak cuma berfungsi buat mengarahkan langkah kita, passion juga bikin kita jadi lebih pede, lebih menghargai waktu, mengurangi stres, dan memupuk kita jadi bermental kuat. Terus apa aja dong yang harus kita lakuin buat ngedapetin passion yang kita punya?

Beberapa orang beruntung karena bisa langsung tau apa yang jadi passion mereka. Tapi banyak juga yang harus melakukan ekstra usaha buat nemuin si passion ini. Nah, kalo kita termasuk di antara yang susah itu, coba deh lakuin langkah-langkah berikut ini:

BE HAPPY

Mungkin kedengerannya aneh, tapi percaya deh kalo jadi bahagia itu memudahkan kita buat cari tau apa sebenernya passion yang kita punya. Udah bisa dipastiin, kalo ada hal-hal yang kita lakukin dengan cemberut dan berat hati, pasti itu bukan bagian dari passion kita, karena seharusnya passion itu yang nge-drive kita buat tersenyum dan bahagia saat melakukan hal itu.

IT WON'T BE THAT HARD

Yes, yang namanya passion pasti akan kita lakuin dengan senang hati, di mana kita nggak bakal complain sesusah apapun hal itu buat dikerjain. Kita dikasih PR Matematika sampe 20 soal, tapi kita seneng banget ngulik rumus sampe lupa waktu, dan puas banget saat bisa ngerjain semua soal sampe selesai. Bisa jadi Matematika adalah passion kita, karena di saat orang lain males ngerjain, atau setengah hati menyelesaikan karena takut dihukum, kita malah ringan aja tuh ngerjainnya.

LAKUIN BANYAK AKTIVITAS BARU 

Punya banyak aktivitas baru bikin kita jadi ngerti apa aja yang kita suka, jadi jangan pernah mentup diri buat ikutan project, kegiatan atau habit baru supaya kita tau apa sih sebenernya passion kita. Coba deh dalam 1 hari, lakuin satu aktivitas atau habit baru, atau bisa juga ikutan komunitas, workshop atau project volunteer. Dari situ, kita bisa tau kok apa aja hal yang suka kita lakuin, dan bisa nge-lead ke passion yang kita punya.

BE CREATIVE AND OPEN MINDED

Kreatif dan berpikiran terbuka di sini artinya peka dalam ngeliat peluang dan kesukaan kita. Siapa tau lho selama ini kita udah ngelakuin passion kita, tapi kita belum ngeh kalo hal itu adalah passion yang bisa dijadiin sumber kebahagiaan kita dalam hidup. Misalnya, kita seneng banget setiap kali dimintain bantuin sama Mama masak dan bikin kue di dapur. Kita malah seringkali nyoba ngulik resep buatan sendiri. Tapi kita nggak pernah sadar kalo masak adalah passion kita, dan nggak tergerak buat manfaatin hal itu sebagai modal masa depan kita. Sayang kan, udah punya ‘modal’ tapi nggak dipake cuma lantaran kita kurang kreatif mengolahnya. Andaikan kita lebih aware, kita bisa manfaatin passion masak kita untuk bikin YouTube channel, atau memilih jurusan boga supaya keahlian kita lebih terasah.

NGGAK PERHITUNGAN

Hari gini susah rasanya nggak itung-itungan. Tapi passion justru yang ngebut kita terbebas dari rasa itung-itungan tersebut. Misalnya, kita tau panti asuhan tempat Kakak biasanya kerja social lagi pengen ngadain bakti social penggalangan dana. Tapi karena nggak punya biaya, proses sosialisasinya pun mandek dan acara terancam nggak jadi dilakukan. Tapi kita insist buat bantuin Kakak ngedesain lay out buat brosur dan pamflet supaya bisa disebar di sosial media, dan kita happy ngelakuin kita sampe desainnya jadi keren banget. Nggak ada yang bisa nge-drive seseorang sampe segitunya selain passion yang dipunya.

JANGAN TAKUT KELUAR DARI ZONA NYAMAN

Yang namanya rasa nyaman emang enak. Tapi kalo keenakan, kita jadi nggak tau apakah kita udah bener-bener ngejalanin passion kita atau belum. Harus hati-hati sama si comfort zone ini, karena kalo kelamaan, hidup kita jadi monoton dan si passion akan tekubur gitu aja tanpa sempet ngarasain dunia luar.

 


Foto: Shutterstock

Related Articles

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

06 April 2016

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.