Login

Email
Password


Mylife

TIPS BELAJAR KELOMPOK YANG SUKSES

20 Juli 2017

Yang namanya sekolah atau kuliah, pasti ada aja momen di mana kita disuruh untuk bikin tugas secara berkelompok sama guru atau dosen kita. Kalo semua orang yang berada dalam kelompok itu mau ikutan kerja sih nggak masalah ya. Tapi gimana kalo ternyata kita kebagaian temen yang cuma mau enaknya sendiri dan hanya nitip nama aja, atau bahkan yang super perfeksionis sampe dia hanya nggak mau ngerjain tugas sendirian supaya nilainya bagus sendiri. Duh!

 

Kerja kelompok di sekolah atau kampus sebenernya punya banyak keuntungan buat kita. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Ngasih sudut pandang yang berbeda buat tugas yang lagi dikerjain, jadi kita harus nemu satu pendapat yang ngewakilin opini dari tugas kelompok kita.
  2. Ngebuat diri kita jadi punya motivasi, karena harus bisa ngasih yang terbaik dari diri kita. Nggak mau dong kalah sama temen yang lain.
  3. Ningkatin memori kita, karena nggak hanya mengingat bagian yang jadi tugas kita aja, kita juga jadi inget bagian pelajaran yang jadi bagian dari temen kita.
  4. Ningkatin skill komunikasi kita dengan orang, kayak misalnya gimana cara mempertahankan opini kita, dan gimana kita harus menghargai pendapat orang lain.

Tapi emang harus diakui, kadang kerja kelompok jadi nyebelin kalo kita dapet temen-temen yang nggak helpful. Cobain ini buat menghindari kita jadi super bête pas ngerjain tugas.

  1. SUSUN PEMBAGIAN TUGAS YANG JELAS.
    Ini penting banget supaya masing-masing orang kebagian kerjaan, sukur-sukur kalo sesuai sama keahliannya masing-masing. Inget buat adil ngebagi ya, jangan lantas ada satu orang yang pinter banget, akhirnya dia ketiban semua tugas riset, bikin materi presentasi, sampe presentasi di depan kelas. Yang paling gampang emang ngebagi jadi Periset, Penyusun Materi, Pembuat materi Presentasi (power point), dan Pembicara Presentasi. Tapi meskipun dibagi gitu, semua orang harus ngedalemn bener materi yang ada dibuat ya.
  2. ATUR WAKTU BERTEMU & MENGERJAKAN TUGAS.
    Karena kerja kelompok melibatkan banyak orang, atur waktu yang jelas kapan ketemuan, dan apakah saat bertemu masing-masing orang udah ngebawa tugas yang mereka kerjakan sebelumnya. Jadi pada saat bertemu PR-nya hanya tinggal meyatukan materi yang ada.
  3. BIKIN GRUP CHAT
    Infoin di awal kalo grup chat yang dibuat hanya akan ngebahas tugas yang sedang berjalan, dan nggak lebih dari itu. Karena kalo ngobrol ngalur ngidul, yang ada malah nggak fokus.
  4. SET DEADLINE
    Meskipun setiap tugas pasti punya tanggal pengumpulan, make sure kelompok yang kita buat punya deadline sendiri, jadi buat menghindari waktu santai yang pada akhirnya berujung pada menunda-nunda pekerjaan.
  5.  HANDLING KARAKTER
    Di tiap kelompok pasti berisi karakter yang berbeda, yang membutuhkan cara penanganan yang berbeda-beda pula bentuknya. Misalnya si Males yang bisa sedikit kita ancem bakalan nggak dimasukkin namanya kalo nggak ikutan kerja; si Penunda yang bisa kita kasih deadline lebih maju dari biasanya; Si Bossy yang bisa kita arahin buat selalu bermusyawarah kalo udah mulai mutusin apa-apa sendiri. 

Foto: Shutterstock

Related Articles

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

06 April 2016

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

BELAJAR YUK

01 Mei 2016

Simak tips belajar biar siap ngadepin ujian

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.