Login

Email
Password


Mylife

TIPS SUKSES PRESENTASI DI KELAS

16 Juli 2017

Ngomong di depan kelas aja seringkali bikin kita gugup, apalagi kalo disuruh presentasi yang mengharuskan kita hapal di luar kepala materi pelajaran yang harus dijelasin! Duh, doble deh pasti nervous-nya. Eits, tapi tenang aja girls, selalu ada cara buat bikin presentasi kita berjalan sukses.

 

SIAPKAN MATERI PRESENTASI
Materi presentasi kita akan keliatan mateng kalo kita udah nyiapin bahan yang diperlukan sebelumnya. Susunan presentasi yang jelas, mulai dari pembukaan sampe akhir, termasuk sub judul yang akan dibicarakan, akan sangat membantu penyampaian  poin-poin presentasi kita.

BANYAKKIN REFERENSI MATERI
Referensi ini akan mempermudah kita menjelaskan materi presentasi yang ada. Cara ini juga ngebuat audiens percaya kalo materi yang kita presentasiin nggak cuma berasal dari opini tanpa alasan yang jelas. Presentasi kita didasarkan pada teori atau pendapat para ahli yang relevan dengan materi presentasi kita.

KUASAIN MATERI
Dengan menguasai materi, kita jadi nggak gampang panik saat ada hal-hal yang terjadi di luar kendali kita. Menguasai bukan berarti menghapal semua materi slide kata per kata lho ya. Kadang kala saat panik menyerang dan kita jadi super gugup, yang ada malah kepala dan otak kita jadi blank dan bingung mau ngomogin apa. Pernah liat Steve Jobs lagi presentasi? Dia nggak pernah megang catatan kan di tangannya. Tapi ia menguasai betul materi presentasinya di luar kepala, sehingga pembawaannya pun santai aja saat ada di atas panggung.

BUAT MATERI PRESENTASI YANG KEREN
Hari gini presentasi yang oke juga dinilai dari materi presentasi yang keren. Makanya kita perlu banget nyiapin materi slide yang bisa bikin orang makin percaya sama apa yang lagi kita presentasiin. Terlalu banyak kata dan kalimat yang ditampilin dalam slide presentasi juga akan ngeganggu mata yang ngeliat lho. Jadi make sure poin yang kita pengen sampaikan tersalurkan dalam satu kalimat padat. Tambahin juga visual yang oke, jadi audiens makin tertarik buat ngeliat dan nggak bosen ngikutin materi presentasi kita.

LATIHAN DI DEPAN KACA
Practise makes perfect. Makanya jangan malu buat latihan di depan kaca, jadi kita bisa ngeliat langsung gimana penampilan kita pas lagi presentasi. Nah, pas kita lagi latihan mirroring gini, bisa juga lho sambil ngerekam suara atau videoin sekalian, jadi kita bisa ngoreksi, kira-kira apa yang kurang dari cara kita presentasi. Apakah suaranya yang kurang keras, intonasinya yang nggak jelas, body language kita yang kaku, atau poin lainnya yang bisa kita benahi.

SIMULASI LENGKAP DENGAN ALAT PRESENTASI
Persiapan kita akan lebih matang kalo kita udah tau sebelumnya alat-alat peraga yang akan kita gunain. Apakah pake LCD, clicker, microphone-nya seperti apa, ataukah ada materi print out yang akan dibagikan ke para peserta, atau alat peraga lainnya. Latihan simulasi menggunakan seluruh alat presentasi tersebut, sehingga kita bisa tau berapa waktu total yang kita habiskan dalam presentasi.

Nah, saat seluruh latihan dan persiapan presentasi udah kita lakuin, tiba saatnya kita menguasai panggung presentasi. Biar deg-degannya ilang, bisa coba 7 cara di bawah ini.

  1. Relaks. Badan dan pikiran yang kaku dan gugup akan ngebawa presentasi kita ke arah nervous dan nggak santai. Karena kita presentasi di depan kelas, nggak ada yang perlu dikhawatirkan karena kita tau yang ‘nonton’ kita adalah temen-temen sendiri juga kan.

  2. Make it clear. Artinya, jangan sampe presentasi kita jadi panjang dan bertele-tele. Makanya penting banget buat ngejaga timing presentasi kita sesuai dengan latihan. Inget juga kalo kita harus jaga suara dan intonasi suara jadi sejelas mungkin.

  3. Make an eye contact. Kepala yang nunduk terus dan mata yang nggak bisa making an eye contact cuma bikin kita jadi ketauan gugupnya. Kalo kita masih belum bisa natap mata para audiens langsung, coba deh alihin pandangan mata ke puncak kepala mereka, dan tahan selama satu menit, lalu ganti ke orang berikutnya.
  4. Jangan panik. Kalo kita ternyata salah menjelaskan, atau ada jawaban yang nggak bisa kita jawab, cukup jawab dengan, “maaf, maksud saya tadi….” atau, “saya nanti akan cari jawaban lebih lanjut dari pertanyaan tadi ya.”


Terus kalo presentasi pas lagi haid gimana dong? Apalagi kalo lagi extra heavy flow, wah paniknya bakal dobel karena kuatir tembus dan jadi nggak pede. Tenang aja Happy Females! Sedia Softex Light Airy 35 CM, presentasi akan bisa kita lakuin tanpa harus panik mikirin akan tembus atau nggak. Dengan permukaan selembut sutera dan tipis 2mm, bikin kita jadi serasa nggak pake pembalut deh. Apalagi panjangnya 35cm dan punya wide backguard atau area belakang lebih luas, udah pasti kita nggak akan mengalami kebocoran, dan presentasi kita pun bisa berjalan dengan lancar. Selalu sedia Softex Light Airy 35 cm di tas atau loker kamu terutama kalo lagi extra heavy flow ya!


Foto: Shutterstock

Related Articles

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.