Login

Email
Password


Mylife

PART TIME JOB FOR STUDENT

27 Juni 2017

Meskipun tugas utama kita sebagai pelajar adalah belajar dengan sebaik-baiknya, tapi kadang kita rasanya butuh kerjaan buat nambah uang jajan! Mungkin bukan buat kebutuhan sehari-hari, tapi lebih buat tabungan kita kalo mau jalan-jalan sama temen atau pengen beli sepatu yang udah kita incer banget. Yuk, cek tujuh kerjaan part time yang bisa kita lakuin meskipun kita lagi sekolah atau kuliah!

 

#1 FREELANCE WRITER

Kalo kita ngerasa punya kemampuan nulis yang cukup oke, jangan disia-siain gitu aja! Nggak ada salahnya loh nyoba belajar buat mulai nulis secara profesional. Sayang banget kan kalo ide, pemikiran, sama bakat kita terpendam begitu aja. Apalagi hadirnya banyak media online ngebuka pintu lebar banget buat kerja sebagai penulis lepas. Asiknya, kerjaan ini nggak akan terlalu banyak nyita waktu kuliah atau belajar kita kok, apalagi ada sebagian kantor yang memperbolehkan kita mengerjakan tugas di rumah dan komunikasi dilakukan via email.

Fee: Soal bayaran sih, bisa beda-beda antar media. Tapi biasanya range harga rata-rata per artikel penulis lepas sekitar 30 ribu – 150 ribu rupiah.

 

#2 TRANSLATOR/PENERJEMAH

Lucky you kalo punya kemampuan di atas rata-rata dalam soal bahasa! Di era borderless kayak gini, kemampuan berbahasa asing jadi nilai plus di mata profesional. Pasti banyak informasi-informasi yang perlu diterjemahin supaya bisa nyampe dengan sesuai ke target. Selain nggak nyita waktu, biasanya bayaran buat jasa penerjemah tuh tinggi. Kita bisa mulai nawarin jasa kita ke orang-orang yang butuh penerjemah buat dokumen, nerjemahin speech secara langsung, atau apply ke perusahaan-perusahaan asing di Indonesia.

Fee: Honor yang didapet cukup menggiurkan dan tergantung juga bahasa apa yang diterjemahin. But usually cara ngitungnya berdasarkan jumlah halaman/kata. Rata-rata biaya terjemah bisa mencapai angka 150 ribu – 250 ribu rupiah per halaman.

 

 

#3 DESAIN GRAFIS

Punya sense design yang bagus plus bisa mengoperasikan software design (Photoshop, Indesign, Illustrator, etc) langsung deh manfaatin kemampuan kita di bidang desain! Coba deh mulai promosiin diri ke temen-temen atau perusahaan-perusahaan start-up yang butuh bantuan buat bikin desain. Dari projek simple bikin promotional kit, sampe ngelayout buku atau majalah bisa kita jajal. Enaknya, kita juga sekarang mudah banget buat ngebranding diri dan nge-promote di media sosial kayak Instagram!

Fee: Jasa desain grafis bisa jadi mahal banget, apalagi kalo kita dapet klien dari perusahaan besar. Buat pemula, biasanya rata-rata berkisar antara 250 ribu – 1 jutaan tergantung jenis kerjaan dan tingkat kesulitannya.

 

#4 FOTOGRAFER

Daripada cuma hobi motret-motret buat feeds Instagram, kenapa nggak coba buat tawarin jasa kita ke orang lain? Kalo hasil foto kita emang oke dan skill editing yang oke juga, dijamin deh pasti bakal kepake banget. Sekarang semua orang butuh foto; entah buat feeds Instagram, foto ala-ala wisuda, atau foto pre-wedding. Instagram bisa jadi portfolio berjalan kita supaya orang bisa ngintip kayak apa hasil karya kita selama ini!

Fee: Sebenernya tergantung buat pemotretan apa. Tapi biasanya berkisar antara 350 ribu – 2 jutaan per projek. Bisa buat media cetak, wedding/pre-wedding, event, dll.

 

#5 GURU LES

Kapan lagi bisa cari uang sambil berbagi ilmu? Beneran deh, selain uang yang tentunya bakal kita dapet, ngajar itu punya kesenangan tersendiri. Apalagi kalo ilmu yang kita kasih bermanfaat dan keliatan hasilnya secara nyata. Nggak harus daftar ke tempat bimbel kok. Banyak orang tua sekarang yang cenderung nyari guru les privat buat dateng ke rumah. Selain kita jadi lebih fokus ngajarnya, kita juga bisa ngeeksplor anak didik kita lebih personal.

Fee: Budget tiap orang tua bisa beda-beda. Untuk guru privat biasanya diitung per pertemuan dengan range rata-rata 50 ribu – 150 ribu per pertemuan.

 

#6 BARISTA

Daripada cuma nongkrong-nongkrong di coffee shop ngabisin uang, kita bisa coba jadi barista di coffee shop langganan kita! Banyak loh coffee shops yang ngebuka lowongan buat mahasiswa yang pengen ngisi waktu luang sekaligus belajar gimana caranya ngeracik kopi yang enak. Uangnya dapet, ilmunya juga dapet! Jam kerjanya juga biasanya bisa diatur kok, karena mereka bisa ngerti porsi kita sebagai pelajar.

Fee: Buat awal emang sih nggak gede-gede banget, apalagi kalo kita belom punya basic apa-apa. Biasanya dibayarnya per jam dengan range sekitar 30 ribu – 75 ribu rupiah.

 

#7 STYLIST/WARDROBE ASSISTANT

Kalo mau ngintip-ngintip gimana kerja di dunia showbiz, we might try this one! Biasanya buat projek yang agak gede, bagian wardrobe atau stylist butuh bantuan ekstra mulai dari nyari-nyari baju, nge-mix and match sesuai mood board sampe ke fitting. Kerjaan ini bisa jadi seru banget, karena kita bakal ngeliat di ‘balik layar’ proses pengerjaan iklan, music stage atau bahkan film!

Fee: It depends on the project. Kalo budget dari pihak kliennya gede, kita juga bisa kebagian besar. Biasanya kalo untuk assistant, bisa ngantongin uang 400 ribu – 1 jutaan.


Foto: Freepik, & berbagai sumber

Related Articles

Cara mengatasi writer block

02 September 2016

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.