Login

Email
Password


Mylife

PILIH SEKOLAH SWASTA ATAU NEGERI?

26 Juni 2017

It’s time of the year again! Waktunya kita buat kembali ke sekolah lagi! Tapi banyak banget dari kita yang masih galau buat nentuin kira-kira masuk sekolah / universitas negeri atau swasta ya? If it sounds like us, coba yuk kita pahamin lagi sebenernya apa sih perbedaan antara sekolah / kampus negeri dan swasta, dan mana ya yang lebih unggul?

 

#1 PROSES SELEKSI

Ok, let’s start from the basic one! Kayaknya sih ini udah cukup obvious ya, bahwa level kesulitan buat masuk ke sekolah / universitas negeri itu jauh lebih tinggi. Hal ini dikarenakan sekolah / universitas negeri di Indonesia banyak banget peminatnya karena popularitas dan prestis. Apalagi buat sekolah-sekolah negeri unggulan dengan syarat nilai yang cukup tinggi, atau universitas setaraf Universitas Indonesia, Univiersitas Gajah Mada, dan Institut Teknik Bandung yang konon susah banget buat ditembus! Sekolah dan Universitas swasta sendiri juga ada lho tes masuknya. Cuma emang mungkin prosesnya nggak serumit buat masuk lembaga pendidikan negeri. Nah, karena perbedaan tingkat seleksinya inilah, yang ngebuat lembaga pendidikan negeri, baik sekolah atau universitas jadi lebih unggul karena secara umum berarti para siswa dan mahasiswa yang masuk udah tersaring dengan baik.

 

#2 BIAYA PENDIDIKAN

Terutama di universitas, banyak yang bilang kalo kuliah di kampus negeri cost-nya jauh lebih murah. Well, ternyata nggak selalu kok! Sekarang ini, karena pihak kampus negeri dikasih hak otonom buat mengatur seluruh operasionalnya sendiri, mereka bisa netapin uang yang berbeda-beda buat bantu nutupin kekurangan subsidi dari pemerintah. Besarannya pun bisa beda-beda tergantung universitas, jalur masuk yang kita ikuti, gaji orang tua, atau fakultas/jurusan yang kita pilih. Belum lagi sistem UKT yang sampe saat ini masih kontroversial di antara para mahasiswa kampus negeri. Nggak usah heran, kita bisa ngeluarin uang yang sama besarnya tiap semester kayak kalo kita kuliah di kampus swasta. But luckily di kampus negeri cenderung punya link yang lebih luas buat apply beasiswa.

 

Ruang kelas di Universitas of Michigan

 

#3 TENAGA PENGAJAR

Bisa dibilang untuk tenaga pengajar baik sekolah negeri maupun swasta punya kualitas yang kurang lebih sama. Terutama buat sekolah / universitas yang udah punya nama besar, bahkan ada lho sekolah negeri / swasta yang menetapkan batas minimum tenaga pengajarnya sudah harus bergelar S3 atau professor. Karena mereka nggak mau main-main dengan kualitas dan reputasi sekolah / universitasnya. For tips, kalo kita bingung sama point ini kita bisa cari tau dari website universitas atau pun tanya langsung dengan para alumnus dari sekolah negeri / swasta tersebut. Misalnya guru / dosennya seperti apa, gimana teknis pembelajarannya, kurikulum, dsb.

 

#4 KUALITAS LULUSAN

Yes, mungkin lulusan sekolah atau universitas negeri bisa sedikit “ningkatin status” kita di lingkungan sosial.  Tapi pada kenyataannya, ngandelin nama besar sekolah atau universitas nggak jadi jaminan kita bakal sukses nan gemilang di kehidupan nyata. Semuanya balik lagi ke karakter kita masing-masing. Yakin deh kalo selama di kampus lingkungan pertemanan dan belajar kita sehat, pasti kitanya pun kebentuk jadi pribadi yang baik. Nggak peduli darimana pun asal universitas kita.

 

#5 KESEMPATAN KERJA

Kadang masih ada perusahaan yang agak mengutamakan lulusan kampus negeri, walaupun ya belum tentu keterima juga sih. Ibaratnya mereka udah “lolos” tahap pertama buat menangin mata calon perusahaan karena nama kampusnya. BUT DON’T WORRY! Sekarang sih, hal-hal kayak gitu udah nggak terlalu berlaku lagi karena perusahaan bakal lebih memperhatikan kemampuan dan pengalaman kita dalam bekerja yang pernah kita dapetin saat magang dulu. Gelar sarjana udah jadi lebih common dibandingkan dulu. So, perusahaan nggak lagi cuma ngeliat nama universitas aja, tapi juga ngeliat ke reputasi kampus kita, attitude kita, dan pastinya kemampuan kita secara profesional! That’s why magang itu penting banget buat ngebuka pengalaman kita saat masuk ke dunia kerja nantinya.

 

#KESIMPULAN

Memilih sekolah / universitas baik negeri atau pun swasta itu kembali lagi ke diri kita masing-masing. Apapun pilihan sekolah / universitas kita, pastiin sekolah / universitas tersebut adalah lembaga pendidikan yang punya kualitas dan reputasi yang baik. Jangan sampe kita milih "kucing dalam karung", asal memilih sekolah / universitas yang penting udah sesuai sama passion. Well, biarpun sekolah / universitasnya udah sesuai sama passion tapi kalo fasilitasnya nggak memadai ya kitanya juga nggak akan berkembang. Makanya penting banget buat ngecek sampe ke hal detail.

Ngomongin tentang passion, ada juga kasus orang tua nggak setuju sama pilihan sekolah / universitas kita. Untuk hal ini mostly mereka nggak yakin karena alasan sederhana yaitu "nanti kalo udah lulus mau kerja apa?" Nggak usah langsung down kalo sekolah / universitas pilihan kita nggak disetujui orang tua, kita harus kasi bukti dan penjelasan logis yang jelas kenapa sekolah / universitas tersebut pantas kita pilih. Misalnya kasih tau siapa-siapa aja alumnusnya, yang terkenal dan udah sukses kalo perlu, siapa aja tenaga pengajarnya dan seperti apa fasilitasnya. Pasti mereka akan yakin dengan keputusan kita.

To sum up, dengan banyaknya pilihan sekolah negeri / universitas swasta dan negeri udah pasti bikin kita bingung sendiri, tapi yang penting adalah perhatiin apa yang jadi orientasi dan goals kita. Serta gimana melalui lembaga pendidikan kita bisa berkembang dengan lebih baik dan bisa ningkatin nggak cuma hard skill tapi juga soft skill untuk masa depan kita nanti. Karena ujian yang sebenarnya adalah pada saat kita terjun di dunia profesional. So, pilih dan putuskan yang terbaik buat kita and work hard on it!


Foto: Freepik

Related Articles

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.