Login

Email
Password


Mylife

SELF-DEPENDENT

11 Mei 2017

Meminta pendapat berbeda dari orang lain itu nggak salah sih dan emang bikin hidup kita jadi lebih mudah, apalagi di saat kita bingung harus mengambil keputusan seperti apa. Tapi jangan sampe kita malah jadi terlalu bergantung sama pendapat dan keputusan mereka bahkan untuk hal yang sifatnya pribadi.

 

CASE

Lisa pingin banget ambil jurusan design grafis karena menurutnya passionnya ada di situ, tapi semua teman se-gengnya lebih milih jurusan fashion dan berpendapat Lisa lebih baik di fashion karena OOTD Lisa bagus. Akhirnya Lisa nggak jadi ambil design grafis padahal sudah berencana untuk ambil ujian masuk. Lain lagi dengan Mika. Ada konser musik yang Mika suka dan udah ditunggu-tunggu untuk bisa nonton, karena band favoritnya tersebut belum tentu datang setahun sekali ke negaranya. Tapi setelah ditanyakan ke pacar, ternyata pacar lebih milih untuk nonton film new release di hari yang sama yang waktu penayangannya bisa satu bulan. Walaupun kesal tapi Mika akhirnya nggak jadi nonton konser, karena nggak mungkin juga kan nonton sendirian.

Dari contoh kedua kasus di atas bisa keliatan kan kalo baik Lisa dan Mika terlalu tergantung dengan pendapat orang lain, sehingga keinginan mereka sendiri akhirnya terabaikan. Padahal sebenarnya kita bisa aja lho ambil jurusan yang kita ingin sendirian atau pun nonton konser sendirian, karena... Apa salahnya?

Selalu bergantung sama pendapat orang lain bisa bikin kita jadi kurang percaya diri dan bisa-bisa kita malah jadi kehilangan jati diri kita sendiri. Emang sih jadi mandiri yang bisa ambil semua keputusan sendiri itu kesannya nakutin tapi percaya deh it's worth it kok. Dengan mengandalkan diri sendiri, kita bakal jadi pribadi yang kuat dan independen yang nggak perlu validasi orang lain atas setiap keputusan yang kita ambil (dengan catatan selama semua keputusan itu baik dan positif).

 

Ini beberapa tips yang bisa kita terapin supaya kita jadi pribadi yang mandiri dan bisa mengandalkan diri sendiri. 

Tingkatin Self-Esteem kita.

Menurut therapist, Chamin Ajjan, yang dikutip dari Bustle. "A believe that you are unable to care for yourself without the help of others is often linked to low self-esteem. You can empower yourself by increasing self-esteem and self-compassion." Yuk coba tanya ke diri sendiri, apakah kita bangga dan percaya sama diri sendiri? Keputusan apa yang kita ambil tanpa bantuan orang lain yang berhasil? etc.

Trust Yourself

Ketakutan untuk ambil keputusan dan ngejalanin apa-apa sendirian salah satu penyebabnya adalah kita takut sama pandangan orang lain yang berpikir kita nggak ada teman atau dibilang aneh. Kalo iya kita punya pikiran seperti ini, then stop it. Kalo selalu banyak berpikir tentang pandangan orang ke kita, kapan kita bisa ngejalanin apa yang kita suka? We have to stand for what we love and what we passionate about. Ikut-ikutan pendapat teman, pacar, bahkan keluarga sendiri yang nggak sesuai sama apa yang kita inginkan hasilnya pun pasti nggak akan maksimal. So, its time to stand in our own feet! Lagian kalo kita percaya sama pendapat orang lain, kenapa juga kita nggak percaya sama pendapat sendiri? Dengan ngambil keputusan sendiri, kita sadar akan resiko dan tanggung jawabnya, dengan gitu kita punya sikap dalam nentuin arah hidup kita. Walau pun gagal, kita nggak akan menyesal tapi justru bangga karena keputusan itu adalah pilihan kita sendiri, bukan orang lain.

Belajarlah untuk merasa nyaman dengan rasa mandiri dan self-dependent ini

Seperti yang udah disebut di atas, jadi mandiri itu kesannya nakutin terutama buat kita sendiri. Yup, karena ini berarti kita keluar dari zona nyaman kita yang selalu tergantung dengan orang lain. Nggak usah takut, langkah pertama emang selalu susah kok tapi begitu kita ngejalaninnya dan enjoy dengan prosesnya, mengandalkan diri sendiri akan jadi kekuatan kita untuk ngeraih apapun yang kita inginkan.

 

BE INDEPENDENT NOT ARROGANT.

Pentiiiing banget buat diingat. Begitu kita udah mandiri dan percaya diri kita meningkat, BUKAN BERARTI kita jadi jumawa (tinggi hati) dan egois terus nggak mau ngedengerin masukan dari orang lain. Karena biar gimana manusia adalah mahluk sosial yang saling melengkapi satu sama lain. Nggak ada salahnya tetap terbuka menerima saran, kritik, dan masukan dari orang lain karena tetap keputusan terakhir berada di tangan kita.


Foto: Freepik, Doc. Giphy.

Related Articles

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.