Login

Email
Password


Mylife

SKILL YANG HARUS DIPUNYA BUAT SURVIVE DI SEKOLAH

16 Oktober 2018

Sekolah adalah tempat kedua kita bersosialisasi setelah keluarga. Di sinilah sebenarnya langkah pertama kita untuk mencari jati diri dan apa kelebihan yang kita punya untuk menjadi seseorang di masa depan.

 

Masa sekolah sebagai siswa, atau pun sebagai mahasiswa di Universitas sebenarnya nggak jauh beda. Kita sama-sama harus beradaptasi supaya bisa survive untuk naik ke level berikutnya. Apa aja yang kita butuhin supaya bisa bertahan hidup di dunia sekolah? Yuk baca di sini!

 

SKILL 1: AKTIF BERKOMUNIKASI DAN IKUTAN KEGIATAN SEKOLAH

Sekolah adalah tempat belajar, tapi bukan berarti kita akan pasif duduk sambil mendengarkan guru aja. Cobalah untuk aktif berkomunikasi dan ikutan kegiatan sekolah yang kira-kira menarik minat. Di sekolah mungkin nggak seluas universitas tapi kurang lebih interaksi sosialnya akan sama, dan di sini kita butuh social skill supaya nantinya pas di jenjang universitas kita nggak akan malu-malu lagi untuk bergaul. Coba buka obrolan atau topik antar sesama teman sekelas, dengan guru, atau senior. Selain bisa ngebuka pergaulan, juga bisa ngebuka wawasan dan pengalaman sekaligus mencari karakter mana yang bisa kita terapkan untuk diri kita sendiri.

 

SKILL 2: MEMBACA

Did you know kalo 90% remaja kayak kita malas membaca? Padahal membaca itu bisa ngebuka pengetahuan kita seluas mungkin. Dan masa sekolah adalah waktu yang tepat untuk melatih skill membaca kita. Karena sekolah-sekolah saat ini sudah  mulai mengharuskan siswanya mandiri, yang artinya kita dilatih untuk berpikir kritis dan analitis dengan dasar yang benar untuk menyiapkan diri ke jenjang lebih tinggi. Kalo misalnya kitanya aja udah dari sekolah malas baca, bisa kebayang nggak gimana kita bisa survive di level selanjutnya?

 

SKILL 3: TAKE A NOTE A.K.A MENCATAT

Skill yang satu ini sama halnya seperti membaca. Di kelas kita akan diberi waktu khusus untuk mencatat, fotokopi atau bahkan dikasi file dalam bentuk PDF untuk kita baca. Nggak ada salahnya dikasi catatan, tapi akan lebih baik kalo kita punya kemampuan mencatat poin-poin penting. Dengan gitu akan memudahkan kita untuk mencerna inti pelajaran dan kegiatan belajar kita akan jadi lebih efektif. Skill mencatat juga berpengaruh dalam memperkuat daya ingat lho.

 

SKILL 4: BELAJAR MANDIRI

Waktu belajar kosong jangan dijadiin excused buat tidur, tapi cobalah gunain waktu ini buat mengulang lagi pelajaran yang udah di dapat atau persiapan untuk pelajaran berikutnya. Seorang siswa sekolah yang mandiri akan berusaha untuk terus belajar tanpa adanya bimbingan guru. Di saat guru nggak ada, inliah waktunya buat kita ngemotivasi diri sendiri untuk belajar tanpa disuruh.

 

SKILL 5: MANAJEMEN WAKTU

Siswa sekolah waktunya nggak akan sesibuk mahasiswa, tapi bukan berarti bisa bisa malas-malasan. Justru pada saat jadi siswa sekolah kita udah harus latihan manajemen waktu, khususnya setelah aktivitas sekolah selesai. Kapan waktu kita buat ikut les tambahan, ikut kegiatan sekolah, dan kapan waktu kita untuk istirahat (termasuk jam main). Saat ini jam sekolah para siswa bisa dibilang hampir lebih dari setengah hari, jadi jangan sampe kita jatuh sakit hanya karena kecapean karena nggak ada waktu istirahat. Pastiin juga minta bantuan papa dan mama untuk atur waktu kita ya.


Foto: Shutterstock.   

Related Articles

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.