Login

Email
Password


Mylife

RESOLUSI TAHUN BARUKU

22 Desember 2017

 

Tahun baru erat banget kaitannya sama resolusi tahun baru. Niatnya sih resolusi ini bikin kita jadi orang yang lebih baik lagi di tahun yang baru. Apa-apa aja yang harus diperbaiki atau ditingkatkan, kita jadiin to do list buat jadi catatan setahun ke depan.

Ngubah sebuah kebiasaan emang bukan hal yang gampang, apalagi kalo itu udah jadi bagian dari diri kita sekian lamanya. Tapi demi menjadi seseorang yang lebih baik lagi, penting banget buat kita menyadari diri untuk berubah, nggak lain dan nggak bukan buat kepentingan diri kita sendiri. Coba yuk praktekkin beberapa hal di bawah ini, supaya resolusi kita nggak hanya sekedar jadi sekedar daftar belaka.

 

  1. Make it specific. Yang kadang bikin resolusi nggak dipraktekkin adalah karena kita nggak spesifik nyebutin apa yang harus kita perbuat atau mana yang harus kita ubah. Misalnya, “jadi orang yang lebih baik” bakalan luas banget pengertiannya dan bikin kita susah buat menilai apakah kita udah jadi orang yang lebih baik atau belum. Instead, coba ganti jadi “nggak jutek lagi sama orang” atau “sapa pak satpam tiap pagi di gerbang sekolah”. Spesifik dan terarah banget kan?
     
  2. Skala prioritas. Kita akan lebih tergugah kalo bikin daftar dalam skala prioritas. Tempatin hal yang paling urgent buat kita lakuin atau kita ganti di nomor urut pertama. Misalnya, kita ngerasa nggak produktif belajar karena kamar super berantakan. Tulis “beresin kamar di tanggal 5 januari!” di urutan nomor 1, dan lanjutin dengan hal-hal urgensi lainnya di nomor urut berikutnya. Inget untuk dispesifikasiin ya.
     
  3. Make it easy. Yang bikin resolusi jadi susah buat dilakuin adalah karena kita sendiri yang ngebuat hal itu jadi super kompleks. Misalnya nih, kita pengen jago ngomong bahas Korea di tahun 2018 nanti. Jadi kita langsung nyari tempat kursus bahas Korea dan ngambek pas Mama Papa bilang biaya kursusnya terlalu mahal. Easy girl! Kenapa nggak nyoba self learning dulu, mulai aja dari rajin nonton drama Korea dan dengerin lagu-lagunya, belajar juga dari video yang bertebaran di YouTube. Wajibin menghafal 5 kosa kata baru dalam sehari. Gratis dan nggak modal biaya apapun selain kuota internet kan?
     
  4. Bikin catetan progress. Resolusi kita biasanya bakalan terbengkalai begitu aja kalo kita sendiri abai sama proses yang lagi dijalanin. Misalnya, kita punya resolusi jadi orang yang lebih sehat di 2018. Terus kita bikin to do list buat lari setiap hari Minggu pagi. Sayangnya, kita nggak punya track records atau catatan udah berapa kali kita lari pagi di hari Minggu, dan berapa kilometer yang udah kita tempuh. Progress track ini penting untuk kita buat supaya kita aware sama kemajuan (dan juga kemunduran lho) yang kita capai dari resolusi kita tersebut.
     
  5. Minta dukungan orang terdekat. Yang namanya manusia pasti butuh support dari lingkungan sosialnya. Termasuk saat bikin dan ngejalanin resolusi tahun baru, kita butuh support dari orang terdekat kita. Makanya penting buat nginfoin apa aja yang pengen kita raih dan kita ubah ke keluarga, sahabat atau pacar, supaya mereka bisa bantu ngingetin kalo kita menjauh dari tujuan awal kita.
     
  6. Chill girls! Namanya juga resolusi tahunan, kita punya 365 hari buat ngejalaninnya. Jadi nggak perlu buru-buru pengen keliatan hasilnya dalam semalem. Nikmatin aja prosesnya, dan konsisten dalam ngejalanin. Emang butuh waktu buat ngejalanin sesuatu yang baru dan menjadi pribadi yang juga baru. Tapi kalo kita buru-buru, nggak bakalan maksimal juga hasil yang didapet.
  7. Start doing it! Terakhir, yang namanya daftar cuma akan jadi daftar kalo kita nggak tergerak buat ngelakuin. Jangan mau dikalahin sama rasa males, dan semangatin diri kita buat jadi orang yang lebih baik lagi dengan langsung mempraktekkan apa yang udah kita tulis dalam daftar resolusi tersebut!

 


Images : freepix

Related Articles

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.