Login

Email
Password


Mylife

REKOMENDASI TEST BAKAT BUAT TAHU JALAN KARIR KITA

16 April 2018

“Nanti kamu mau jadi apa?”

Pernah ditanya kayak gini dan bingung mau jawab apa? Buat yang punya minat, passion, hobi, bahkan mata pelajaran favorit di sekolah pasti bisa langsung nge-jawab di masa depan dia mau jadi apa. Tapi buat sebagian orang, pertanyaan simple ini jadi the hardest question ever. Nggak sedikit kita berpikir “aku nggak punya bakat atau passion nih,” atau malah ngejawab “duh nggak tahu ah, lihat nanti aja!”. Kalo kita termasuk golongan yang terakhir, udah pasti kita bakal bingung bakal milih jurusan sekolah atau kuliah mana yang tepat buat karir kita.

 

Mengetahui lebih awal minat, bakat, dan passion kita dari awal akan ngemudahin kita menentukan karir kayak apa yang kita mau nantinya. Walaupun nanti di masa depan kita mau ngubah jalan karir kita sendiri, tapi tetap kita harus tau dulu langkah awalnya.

 

Salah satu cara yang bisa kita lakuin buat tahu potensi, minat, dan bakat kita adalah dengan coba ikutan tes bakat. Ada beberapa tes bakat yang bisa kamu coba, cek di bawah ya.

 

TES BAKAT INDONESIA

Sasaran tes ini adalah buat para siswa umur 12 tahun ke atas (SMP) yang bingung mau milih jurusan apa nantinya di SMA, atau yang udah SMA mau milih kuliah jurusan apa. TES BAKAT INDONESIA didasarin konsep 3P (potential, passion, dan personality). Kita bisa pilih free atau pake premium yang dilengkapin sama konsultasi dengan psikolog langsung, buat tahu lebih dalam tentang kepribadian kita sama minat dan bakat yang kita punya. Tes bisa dilakuin secara online atau datang langsung ke kantornya yang bertempat di daerah Kebun Jeruk atau Kelapa Gading. Dibandingin sama tes bakat lainnya, emang TES BAKAT INDONESIA butuh budget lebih buat ikutan tes di sini. Tapi ketepatan dan kelengkapan hasil tesnya nggak usah diraguin lagi. Cocok buat kita yang benar-benar bingung mau nentuin jurusan apa sekolah atau kuliah apa buat bekal masa depan nanti.

 

YOUTH MANUAL

Sasaran website ini adalah remaja usia SMA (15 tahun ke atas) yang pengen nyari tahu jurusan kuliah apa yang cocok sama minat dan bakat mereka. Tapi tenang aja, mahasiswa yang udah kuliah dan masih penasaran juga bisa kok cari tahu apakah jurusan yang diambil udah pas belum sama mereka. Tes di YOUTH MANUAL beragam dan hampir semuanya mendukung kita untuk mencari jalan tentang karir yang bakal diambil. Udah mirip-mirip google map deh. Tes dimulai dari tes pemetaan kepribadian, minat, potensi, sampe hal mendetail tentang gimana gaya belajar kita biasanya. YOUTH MANUAL juga nyediain akses informasi tentang jurusan, kampus, dan profesi nantinya setelah lulus. Walaupun kita bisa akses website ini secara free, tapi kalo mau dapet akses pemetaan yang lengkap kita harus membayar Rp 75ribu.

 

TEMU BAKAT

Website TEMU BAKAT lebih ke pemetaan potensi, strength and weakness. Pas akses ke website ini, kita akan disodorin pertanyaan sederhana tentang hal-hal apa yang ngewakilin dan tidak nge-wakilin diri kita. Tesnya berupa kotak checklist. Tesnya free dan hasil akhirnya berbentuk diagram pemetaan karir. Tenang aja, cara baca hasil ini akan dikirim dalam bentuk PDF lewat email plus panduan milih jurusan kuliah. Bisa banget dicoba sebelum kita mutusin buat coba di tempat tes bakat lainnya. Hitung-hitung sebagai informasi awal aja dulu.

 

PYMETRICS

Lacak prediksi karir kita di masa depan dengan tes dalam bentuk game di PYMETRICS. Nggak cuma website, PYMETRICS juga disediain dalam bentuk aplikasi di handphone. Sasaran PYMETRICS lebih spesifik buat orang-orang yang bingung nentuin karirnya dalam hidup, yang artinya sebenarnya nggak ada batasan umur untuk nyoba test ini. Tes PYMETRICS ini dibikin dalam bentuk game berbasis artificial intelligence (AI). Ada 12 tahap game yang harus kita mainin, setelah itu dari kesemuanya akan dirangkum dan ngehasilin pemetaan karir yang cocok sama minat dan kepribadian kita. Dari gamenya akan mengukur atau menilai seberapa kuat ingatan kita, seberapa jauh kita kemampuan kita mengontrol emosi, fokus, dan menimbang untuk ngambil resiko dalam hidup. Tes ini udah dipake sama hampir 40 perusahaan besar multiinternasional termasuk Unilever buat nge-rekrut staffnya.

 

Tes bakat hanyalah media kita untuk menemukan apa minat dan bakat kita sebagai dasar buat nentuin karir di masa depan. Nggak ada salahnya untuk dicoba. Tapi jangan terlalu dijadiin patokan, karena tetap proses pada saat menjalaninya-lah yang paling penting. Jangan sampe kita terlalu fokus buat nyari apa minat dan bakat kita tapi lupa sama mengenal dunia luar. Nggak ada yang instan di dunia ini, apalagi di dunia karir. Perbanyak nyari info tentang dunia karir, buka situs-situs resmi, kalo perlu ngobrol langsung dengan para praktisi atau alumnus tiap universitasnya, ikutan kegiatan-kegiatan komunitas yang narik interest kamu.

 

Satu lagi yang perlu dipertimbangkan:

Apakah kita tipe orang yang ngerjain apa aja (termasuk yang nggak kita suka sekalipun) dan yang penting dapet fee/gaji. Atau tipe kedua yang lebih memilih buat ngerjain sesuatu yang kita suka. Atau, tipe ketiga kita akan lebih ngerasa hidup atau bermanfaat ketika bekerja untuk ngebantu orang lain dan nggak perhitungan?

Don’t stop to explore the world and find your own inspiration!


Foto: Pexels dan berbagai sumber

Related Articles

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

Share Article To

Leave a Comment
1 comments
You must be logged in to post a comment.

Vita Riskiana


Artikel yang menarik !

Apr 23, 2018 09:56 AM