Login

Email
Password


Mylife

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

BIKIN PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja, sih, suka dukanya?

Pepatah bilang, saudara adalah teman atau sahabat pertama dalam hidup kita. Kakak dan adik adalah orang yang kita temui hampir tiap hari dan seringkali jadi orang yang paling tau ‘aslinya’ kita di rumah. Kalau sama teman bisa jaim, sama mereka? Hehehe, nggak mempan.

Beranjak gede, tentunya asyik kalau kita bikin project seru bareng mereka. Bisa dengan bisnis bareng atau bikin suatu kegiatan sosial (charity). Atau, sama-sama bikin event-event seru kayak menggelar garage sale, traveling bareng, atau bikin band/film bareng.

 

Tau Sama Tau

Doc. gigglesndimples.com

Ada banyak keuntungan bikin project sama saudara sendiri. Karena masih tinggal serumah, tentunya komunikasi bisa lebih lancar. Mau meeting atau ngomongin ide-ide baru? Tinggal ketok pintu kamarnya lalu brainstorming sampe pagi. Nggak setuju sama ide promosi bisnis usulannya? Tinggal diobrolin sambil sarapan di meja makan. Karena udah ‘tau sama tau’, nggak ada lagi tuh perasaan sungkan untuk berpendapat ataupun berdebat.

Biarpun beda umur, pengalaman tinggal serumah selama bertahun-tahun bikin kita sama-sama tau kelebihan, kekurangan, kesukaan, dan bakat masing-masing. Otomatis, pembagian tugas jadi lebih gampang. Selain itu, pengalaman kerja bareng di suatu project juga merupakan kesempatan emas untuk saling mengenal lebih dalam dan jadi lebih kompak dengan mereka.

 

Gampang Tapi Susah

Doc. mytravellingcloset.com

Biarpun sisi positifnya banyak, kerja bareng saudara sendiri juga punya tantangan tersendiri, lho. Hal-hal positif yang disebut di paragraf atas bisa banget berbalik jadi bumerang. Misalnya, karena udah nggak ada rasa sungkan, kalian sama-sama ngeyel. Nggak ada yang mau ngalah sehingga project macet di tengah jalan.

Persoalan bagi-bagi tugas juga bisa jadi bibit pertengkaran. Karena dilakukan bareng saudara, terkadang pembagian peran dan tanggung jawab nggak ditegasin dari awal. Buntutnya, begitu masalah datang, kalian saling lempar kesalahan.

 

Doc. femaledaily

Bisnis butik muslimah Meccanism punya artis Zaskia Adya Mecca dan kakaknya, Tasya Nur Medina, bisa jadi contoh. Waktu butik baru berdiri, Tasya dan adiknya sering berantem soal desain atau bisnis sampe bisa mogok datang ke butik biar nggak usah saling ketemu.

Tapi, karena akar bisnis dimulai dari persaudaraan, tentunya Zaskia dan Tasya tetap cari cara untuk baikan. Salah satunya dengan meminta orang tua mereka sebagai penengah. Setelah itu, mereka lebih tegas berbagi peran; Zaskia di bagian desain, sedangkan Tasya di bagian bisnis.

 

Tips Biar Nggak Berantem

Doc. Startribune (Chelsea Lankford and her sister)


Doc. Shutterstock, Doc. bloggers, Femaledaily, & Startribune

Related Articles

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

06 April 2016

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

BELAJAR YUK

01 Mei 2016

Simak tips belajar biar siap ngadepin ujian

ANTI BETE PAS MACET

07 April 2016

Kena macet? Ngapain bete, mending dinikmatin ajah!

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.