Login

Email
Password


Mylife

PLUS MINUS BEKERJA SAMBILAN

25 Maret 2018

Punya uang yang didapat dari hasil jerih payah sendiri itu rasanya wow banget. Masih sekolah atau kuliah, tapi udah bisa menghasilkan uang sendiri tanpa perlu minta lagi ke orang tua rasanya tuh bangga banget! Selain jadi kepuasan tersendiri, sekolah sambil kerja juga meringankan beban orang tua, terutama dalam hal kebutuhan pribadi. Tapi, benarkah sekolah atau kuliah sambil kerja itu sepenuhnya enak?

 

Sekolah atau kuliah sambil kerja biasa kita sebut par-timer atau kerja sambilan. Sebenarnya kerja sambilan ini udah ada sejak tahun 1990-an, tapi kayaknya baru booming sejak pertengahan tahun 2000-an ketika mini mart dan coffee shop mulai banyak bermunculan.

Sebenarnya ada banyak manfaat yang kita dapet dengan bekerja sambilan. Selain nambah uang jajan, kita bisa nambah pengalaman kayak apa sebenarnya dunia kerja itu. Nambah skill dan ketrampilan baru, juga memperluas networking yang pastinya bakal berguna buat masa depan kita nanti setelah kita terjun di dunia nyata. Dan yang pasti, kita juga ngelatih attitude dan gimana bersikap layaknya orang dewasa. Buat seseorang yang timid atau pemalu, kerja sambilan juga jadi ajang ngelatih communication skill. Apapun jenis kerja sambilannya, mau itu di coffee shop atau pun yang sesuai passion dan hobi kita, kerja sambilan akan bikin kita jadi lebih berkembang.

 

Nah gimana dengan nggak enaknya? Tentu aja setiap aktivitas ada resiko yang bisa aja terjadi. Mulai dari ngatur waktu antara jam sekolah atau kuliah dengan jam kerja, plus jam bersosialisasi dengan teman sebaya atau pun keluarga. Belum lagi kalo misalnya ada tugas sekolah atau kuliah yang butuh kita harus nyari data, atau hadir di kelompok belajar. Semua ini musti banget kita pertimbangkan matang-matang sebelum mutusin buat sekolah atau kuliah sambil kerja. Walaupun tempat kerja memberikan fleksibilitas kepada pekerja sambilan atau intern (magang), tapi tetap kita harus punya tanggung jawab dan harus atur waktu se-ekstra mungkin supaya semuanya bisa berjalan dengan seimbang.

 

TIPS MEMILIH JENIS KERJA SAMBILAN

Ingat, kuncinya adalah mempertimbangkan jenis pekerjaan sambilan yang mau kita lamar. Di masa modern ini jenis pekerjaan sambilan bervariasi, ada yang jam kerjanya fix tapi ada juga yang jam kerjanya nggak nentu, nah jenis pekerjaan ini mungkin nggak cocok kalo kita masih aktif sebagai pelajar yang prioritas utamanya adalah belajar. Tapi mungkin bisa kita coba lamar kalo lagi liburan. Yang pasti pilih pekerjaan yang waktunya bisa berjalan bareng dengan kegiatan sekolah atau kuliah kita.

Hal lainnya yang nggak kalah penting yaitu lokasi. Pilih tempat bekerja yang dekat dengan sekolah atau rumah, jadi dengan gitu kita nggak pusing mikirin waktu dan uang yang kita keluarin buat transportasi.

Kalo bisa, pilih pekerjaan yang sesuai passion dan hobi kita. Contohnya nih kalo suka ngeliatin iklan dan suka bikin design plus copywriting sendiri, kita bisa coba ngelamar di agency advertising. Atau, suka nulis blog cobain aja ngelamar jadi kontributor di website-website entertainment atau berita. Suka berkomunikasi dan hospitality, kita bisa ngelamar di coffee shop atau resto, bisa jadi lho kita bisa sekalian belajar masak. Who knows. Yang pasti kerja sambilan akan bisa ngembangin potensi dan self-skill, apapun jenis pekerjaan sambilan yang nantinya akan kita pilih. Tapi ingat kita harus enjoy ngejalaninnya dan sebisa mungkin jangan dijadiin stress.

Nah udah tahu mau ngelamar kerja sambilan di mana? :)

 


Foto: Shutterstock, Pexels.

Related Articles

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

Share Article To

Leave a Comment
1 comments
You must be logged in to post a comment.

Ika Puspa Lestari


Mar 27, 2018 18:12 PM