Login

Email
Password


Mylife

OH NO, I'M FALLIN' LOVE WITH BFF'S EX!

19 Mei 2017

Disadari atau nggak, ada aturan nggak tertulis tentang pacaran. Yang pertama, jangan terlalu cinta banget sebelum janur kuning melengkung. Kedua, jadi diri sendiri, jangan pura-pura jadi orang lain hanya karena supaya dia suka sama kita. Ketiga, jangan macarin mantannya sahabat, haram hukumnya. Tapi... Kalo udah jatuh cinta gimana dong? Apakah kita harus mengorbankan perasaan demi persahabatan atau berusaha ngejar kebahagiaan kita sendiri?

 

Jatuh cinta sama mantan pacar sahabat bukan lagi hal yang aneh dan udah pasti ada drama yang episodenya ngalahin sinetron India favorit si mama. Yes, sahabat kita bakal sakit hati dan ngerasa dikhianatin kalo dia tahu, tapi yang perlu digaris bawahin yaitu apa menyukai mantan pacar sahabat sendiri bikin kita jadi orang paling jahat sedunia? Jawabannya nggak. Menurut Brandy Engler, Ph.D, penulis buku "The Women on My Couch" bilang “We’re often authentic around our friends' boyfriends because we see them as off limits and we’re not trying to impress them. But that authenticity helps with attraction—it’s the foundation of real connection.”

Pada kenyataannya kita selalu suka sama seseorang yang awalnya nggak bikin kita tertarik. Mau itu mantannya sahabat atau pun bukan, semuai ini adalah hal yang manusiawi. Nah kalo kita ada di situasi ini harus gimana? Coba lakukan step berikut:

 

TAKE OUR TIME TO THINK, COBA PAHAMIN PERASAAN KITA SENDIRI DULU.

Apa rasa suka kita sama dia cuma sekedar crush aja atau kita bener-bener suka dari hati yang paling dalam. Take our time to think about our own feelings. Pastiin juga perasaan dia ke kita seperti apa, dan apakah dia udah siap buat pacaran lagi. Jangan sampe perasaan ini muncul hanya karena kedekatan kita berdua atau pun hanya karena kita sahabat dari cewek yang pernah dia pacarin. Nanti yang ada kita malah dijadiin pelarian sama dia.

 

KENALI DIA LEBIH DALAM.

Mungkin selama ini kita hanya tau dia dari curhatan sahabat pas dia masih pacaran atau dari sekedar ngobrol bareng. Ingat, menyukai seseorang kadang bikin kita jadi nggak sadar sama resiko yang ada. Pertimbangkan matang-matang apakah dia worth it dengan segala pengorbanan kita demi dia atau nggak. Cari tahu lebih dalam tentang gimana sih sifat dia yang sebenarnya, kalo perlu telaah lagi kenapa dia bisa putus sama sahabat kita.

 

DON'T HIDE IT, LET OUR FRIEND KNOW THE STORY

Kalo kita udah sama-sama yakin dengan perasaan masing-masing dan sadar sama resikonya, tell our bestfriend about it. Jangan berusaha buat nyembunyiin apalagi berbohong. Dari beberapa kasus yang udah-udah, nyembunyiin kondisi yang sebenarnya justru malah bikin masalahnya tambah rumit. Cuma masalah waktu aja kok sahabat kita tahu tentang hal ini, dari liat socmed atau pun dikasitau orang lain. Nggak mau kan kita dicap backstabber? Menurut terapis, Erika Myers, sahabat kita akan pasti ngerasa devastated, dikhianatin, marah dan butuh waktu untuk nerima berita tentang kita. Worst, bisa jadi  dia atau pun orang lain bakal bikin kita ngerasa bersalah. Tapi coba deh buat mengerti posisi sahabat kita, kalo kita jadi dia mungkin kita akan ngalamin perasaan yang sama. Dan di saat begini yang paling tepat adalah kasi dia waktu dan keep our relationship low for a while.

Erika juga nambahin. Yes, mungkin unfortunate event kita bisa jatuh cinta sama mantan pacar sahabat sendiri. So, would it have been better to talk with our bestfriend before things got to this point? Tentu aja!

 

KALO SAHABAT SAYS "NO"

Well, setiap pacaran pasti ada resikonya, termasuk juga macarin mantannya sahabat sendiri. Kalo kita berbicara etis nggaknya, udah pasti jawabannya nggak. Udah rahasia umum merusak persahabatan demi cowok itu nggak worth it, dan daripada cari pacar pasti lebih susah nyari sahabat. Right? Tapi kalo kita mutusin untuk lanjut pacaran without her consent, cobalah untuk ngejaga perasaan sahabat kita dan usahakan untuk tetap jaga kontak dengan sahabat, walau pun mungkin aja dia nggak mau bicara dengan kita. Lagipula kita udah sadar dengan resikonya kan?


Foto: Shutterstock

Related Articles

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.