Login

Email
Password


Mylife

JADI SAHABAT BUAT DIRI SENDIRI

27 Juli 2018

Yuk coba kita bayangin apa sih peran seorang sahabat itu buat kehidupan kita? Sahabat adalah orang pertama yang akan nge-support kita di kala kita lagi down, memuji ketika kita berhasil mencapai sesuatu dan bakal marahin kita kalo kita melakukan kesalahan. Sahabat adalah salah satu energi positif kita di dalam hidup. Nah coba bayangin kalo hal itu kita lakukan ke diri kita sendiri. Be our own best friend!

 

KENAPA SIH KITA HARUS JADI SAHABAT BUAT DIRI SENDIRI?

Karena nggak ada yang mencintai diri kita selain diri kita sendiri. Diantara semua relationship di dunia ini, hubungan sama diri sendirilah yang paling terpenting. Kalo bukan kita ya siapa lagi yang bakal mencintai diri kita sendiri?

Dengan punya healthy relationship dan menyayangi diri kita sendiri, kita akan mengerti akan kekuatan, passion, impian, dan tantangan dalam hidup kita.

 

Kenapa harus sahabat?

Our BFF will be there before anyone else. Sahabat akan selalu ada di samping kita, entah itu kita lagi ngalamin hal buruk ataupun hal baik. Makanya penting banget jadi sahabat buat diri sendiri, to be our own support system di segala kondisi.

 

"One for me, and one for me too"

APA SIH YANG SAHABAT ITU LAKUKAN (sehingga bisa gue lakukan untuk diri gue sendiri)

 

SAHABAT NGGAK AKAN NGE-JUDGE KITA.

Apapun pilihan kita, selama itu baik buat kita, sahabat nggak akan menjudge atau mengkritik. Mau itu kita punya selera musik yang beda atau suka idol yang beda dari biasanya, dia akan menghormati setiap pilihan kita. Selama itu baik untuk kita.

 

SAHABAT AKAN DULUAN MERAYAKAN DAN NGASIH KITA REWARD ATAS SETIAP USAHA KITA, SEKECIL APAPUN

Seorang sahabat akan ngasih support dan penghargaan ke kita, sekecil apapun usaha yang kita lakukan. Karena dia tau, apresiasi itu bisa mengangkat kepercayaan diri seseorang. Makanya ngasih ‘hadiah’ buat diri sendiri setelah berhasil melakukan sesuatu itu wajib hukumnya! Contohnya, kita berhasil nyelesain projek atau berani ngambil keputusan untuk mutusin si pacar yang udah keterlaluan. Setelah melakukan semua itu, jangan ragu buat nge-rewards diri sendiri with a yummy 5 star meals atau beauty treatment. Karena kita pantas buat ngedapetinnya.

 

SAHABAT IS THE BEST CRITIC IN THE WORLD

Sahabat itu adalah seorang kritikus terbaik. Dia akan jujur dan ceplas ceplos apa adanya kalo ada sesuatu yang menurut dia nggak sesuai atau nggak baik buat kita. She’ll be blunt with us, karena dia akan ngerasa bersalah kalo tetap diam atau bohong hanya demi ngejaga perasaan kita. She will be the first person yang akan memastikan kita bakal tampil sempurna di first date, dan dia juga yang akan jadi orang pertama yang bakal marah kalo kita pingin balikan sama mantan.

Hal itu dia lakukan karena perasaan sayangnya sama kita, walaupun terkadang dia cuma ngandalin feeling dan intuisi-nya pas nasehatin kita.

Sayangnya, kita suka nyuekin intuisi kita sendiri. Kita cuma mendengar apa yang ingin kita dengar, bukannya mendengar apa yang seharusnya kita dengar. Nggak jarang kita suka excused sama diri sendiri karena nggak mau nerima realitanya. So girls,  let’s hear our own intuition more!

 

"I'm sooo proud of you, ME!"

 

SAHABAT ADALAH SUPPORTER TERBAIK

Di saat kita down dan di saat kita happy, sahabat akan selalu ada buat nge-support kita. BFF always try to give their extra push yang kita butuhin demi ngeraih goals yang kita impikan. Bukan berarti support keluarga atau teman lain nggak penting, tapi nggak selamanya kita bisa ngegantungin dorongan semangat dari orang lain. Dengan belajar ngasih semangat dan pikiran positif ke diri sendiri, bikin kita jadi lebih nge-respek proses yang kita jalanin dan juga ninggkatin self-esteem.

Jadi kalo kamu merasa down atau happy, face yourself in the mirror and said “you did a good job, i’m so proud of you!”

 

SAHABAT BISA MUDAH MEMAAFKAN

Se-annoyingnya dan nyebelinnya sahabat, musti diakuin kita nggak bisa hidup tanpa dia. Biarpun dia udah ngelakuin kesalahan plus ngambek panjang, biarpun butuh waktu lama tapi pasti entah kita atau dia akan maju duluan untuk minta maaf. Seorang sahabat nggak akan ragu buat ngerangkul, memaafkan, dan saling intropeksi satu sama lain. And that’s what we need to do to ourselves. Daripada terus-terusan nyalahin diri sendiri, akan lebih baik kita tenangkan diri, tarik napas dan bilang ‘its okay, you made a mistake, you’ll learn and you’ll do better next.” 

 

SAHABAT AKAN SELALU NUNJUKIN RASA SAYANGNYA KE KITA

Kita akan selalu surprise dengan simple and random acts of kindness-nya si sahabat. Dari sekedar ngebeliin kita kue donat favorit, atau pas dia lagi travelling dia bela-belain motoin foto idol favorit kita karena dia tahu kita pasti seneng banget. This thoughful act digerakkin sama rasa peduli dia sama kebahagiaan kita. Ngeliat kita seneng bikin dia juga ngerasa happy. Perasaan dicintai dan dipeduliin ini tuh priceless banget. Its beyond happines karena otomatis akan memompa perasaan self-worth dan self-confidence, kalo kita tuh matter dan penting. Yuk terapin bentuk kebaikan ini ke diri sendiri. Tanya apa sih yang kita ingin lakukan biar diri kita bahagia. Sesimpel mau nonton streaming drama tanpa gangguan atau nonton video idol favorit kita.

 

SAHABAT MENERIMA KITA APA ADANYA TANPA MENUNTUT APAPUN

Ini mungkin yang paling esensial diantara semuanya. Sahabat kita nggak akan peduli rambut kita acak-acakan atau ada jerawat besar muncul, dia nggak akan peduli sama kekurangan diri karena sahabat nggak akan ngeliat itu semua. Dia akan ngeliat kita a whole cool one package dan dia bangga sama diri kita apa adanya. dia ngeliat kita secara utuh dengan segala kelebihan yang ada. Bahkan kalo perlu, dia akan nge-boost kelebihan kita di depan orang lain.

Nah kalo sahabat aja bisa nerima diri kita apa adanya, kenapa kita nggak? Nggak ada manusia yang sempurna. Bahkan secantik Kendall Jenner aja masih punya sesuatu yang dikhawatirkan tentang dirinya, but she loves herself more than anything dan itu yang bikin dia jadi terlihat sempurna. We should be totally fine dengan segala kekurangan yang kita punya and love yourself more. Yuk cari apa yang bikin kita bangga sama diri kita sendiri dan jangan ragu buat menunjukkannya. Be our own fire!


Foto: Shutterstock

Related Articles

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

06 April 2016

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

BELAJAR YUK

01 Mei 2016

Simak tips belajar biar siap ngadepin ujian

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.