Login

Email
Password


Mylife

CARA SUPAYA BELAJAR LEBIH EFEKTIF

09 Maret 2018

Buat dapetin nilai bagus nggak bisa dengan cara instan kayak sistem kebut semalam alias SKS, butuh banyak persiapan yang harus kita lakuin supaya pas ujian nanti bisa lanjar. Salah satunya udah pasti BELAJAR. Belajar itu nggak butuh waktu lama biar masuk ke otak, tapi yang penting adalah gimana kita bisa belajar secara efektif biarpun waktunya singkat. Ikutin 6 cara mudah berikut biar belajar kita lebih efektif (dan pastinya bebas suntuk!).

 

BELAJARLAH SELAMA 30 MENIT PER SUBJECT.

Apparently, otak kita hanya menyerap informasi secara efektif di 15 menit awal dan akhir jam pelajaran. Ini artinya selama rentang waktu diantara 15 menit awal dan akhir tersebut pelajaran yang diserap kebanyakan akan kita lupain. Bisa jadi karena udah nggak fokus atau ke-distract hal lain. Intinya sih nggak akan masuk ke list “long-term memory” kita. Jadi buat apa kita ngabisin waktu berjam-jam kalo pada akhirnya informasi tersebut akan kita lupain?

 

PELAJARI INTI PELAJARAN DENGAN CARA NGE-BREAKING DOWN SUBJECTNYA.

Misalnya besok kita mau ujian Bahasa Inggris, instead of learning grammar, vocabulary, conversation sekaligus, lebih baik pisahin per-subject daripada kita harus pelajarin semuanya dalam waktu bersamaan. Dengan memisahkan jadi bagian-bagian lebih kecil, belajar kita akan lebih mudah dan terfokus.

 

SET TIMER (30 MENIT) DAN SELAMA WAKTU TERSEBUT FOKUSKAN UNTUK MENGERJAKAN SUBJECT TERSEBUT.

Tau kan apa yang bikin belajar itu jadi molor? Distraction! Usahain bilang sama diri sendiri, stop distraction dan fokus! Set waktu selama 30 menit and JUST DO IT! Tenang aja, dunia belum berakhir biarpun kita nggak ngecek hape selama 30 menit.

 

TAKE A BREAK.

Belajar efektif juga harus diselingin break yang efektif juga. Selama 30 menit belajar, istirahatin otak sejenak dengan men-treat diri sendiri coklat atau ice cream sebagai mood booster. Kalo perlu stretching biar badan nggak kaku or take a quick 10-minute power nap. Lakukan apa pun yang kita mau selama istirahat sebelum kembali ke zona 30 menit belajar.

 

BELAJAR DI MEJA (BUKAN DI TEMPAT TIDUR ATAU TEMPAT UNTUK BERISTIRAHAT LAINNYA).

Ada alasannya kenapa belajar diharuskan di atas meja, bukan di tempat lainnya:

Yang pertama untuk bantu postur tubuh supaya tetap terjaga baik. Dan yang kedua, secara psikologis otak kita sudah terlatih untuk ngasih signal, kalo di atas meja belajar adalah waktunya untuk belajar, dibandingkan ketika di atas tempat tidur yang mana otak kita akan ngasih sinyal untuk beristirahat. Dan badan kita otomatis akan ngikutin apa kata otak kita bilang.

 

BELAJARLAH DENGAN BUKU BUKAN DENGAN GADGET.

Kalo pun kita perlu gadget untuk menunjang belajar, pastiin lepas dari internet biar kita nggak gatel buat buka social media.

 

TIPS LAINNYA:


Foto: Pexels

Related Articles

Cara mengatasi writer block

02 September 2016

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.