Login

Email
Password


Mylife

APA AJA YANG BIKIN CEWEK RAGU BUAT MAJU?

20 Oktober 2017

Emang sih zaman udah modern, pilihan buat cewek pun makin luas dan beragam bentuknya. Tapi nggak bisa dipungkirin, ada beberapa hal yang bikin kita sebagai cewek susah dan ragu buat maju. Adakah dari penyebab-penyebab ini yang bikin kita juga terkadang ragu buat jadi maju dan sukses?

 

WE UNDERVALUE OUR SELF

"Hmm... bisa nggak ya.... kayaknya nggak sesuai sama kemampuan aku deh"

Coba deh, seberapa sering kita menilai rendah diri kita? Kita ngerasa kurang cantik, kurang stylish, kurang pinter, kurang supel, dan kurang-kurang lainnya. Sadar nggak sadar, penilaian rendah kita terhadap diri sendiri berpengaruh banget sama pilihan yang kita ambil. Kita nggak berani masukin formulir pemilihan model sebuah majalah karena ngerasa kurang cantik, akhirnya passion kita di bidang modeling jadi terkubur. Atau ngerasa nggak pede ikutan program beasiswa karena ngerasa kurang pinter, akhirnya mimpi besar kita kuliah di luar negri jadi melayang begitu aja.

We are capable of more than we know

Suara di dalam diri kita justru menjadi hal yang paling sering mendeskreditkan kemampuan diri sendiri. Kita ‘menjual’ murah kelebihan yang kita miliki, padahal belum tentu juga orang luar melihatnya demikian. Suara-suara negatif itu malah seringnya yang menjadi pengontrol gerakan dan keputusan yang kita ambil dalam hidup, dan menjadi faktor utama kita sebagai cewek susah buat maju. Yang harus diinget adalah kita yang megang kendali atas diri kita, jadi jangan pernah memandang rendah kemampuan yang ada di dalam diri sendiri.

DIBENTUK PERSEPSI SOSIAL

"Aku mau coba opsi A, tapi kata orang-orang cewek bagusnya opsi B, tapi kata temen aku cocok di opsi C...."

Berapa banyak perilaku, kebiasaan dan penilaian yang kita lakuin sekarang adalah hasil didikan dan bentukan dari norma sosial yang ada di masyarakat? Cewek pasti suka warna pink, cewek nggak boleh bersuara lantang, harus feminine dan pake rok, nggak boleh main kotor-kotoran, nggak boleh berantakan, nggak boleh ngelawan cowok, harus selalu lembut dan bertutur kata baik. Iya sih pada akhirnya membuat kita bersikap sesuai dengan norma sosial yang dituntut ke seorang cewek, tapi perhatiin deh imbas yang diberikan pada pribadi dan kehidupan kita.

Di luar dugaan, cewek sebenarnya punya banyak potensi selama dia mau memaksimalkan kemampuan dirinya

Mind set yang seperti itu pada akhirnya membatasi ruang gerak kita pada saat beranjak dewasa. Cewek nggak boleh ngelawan cowok? Jadi apa dong yang harus kita lakukan kalo ada cowok yang menjahati kita? Should we just doing nothing about it? Cewek harus selalu bersikap lembut dan nggak boleh main kotor-kotoran? Berarti cewek nggak boleh jadi atlet motor cross atau atlet bela diri judo? Secara nggak sadar kita (dan juga orang-orang di sekitar kita) ‘membiarkan’ hal ini terjadi karena seperti itulah harapan masyarakat terhadap seorang cewek. Potensi diri kita jadi nggak sepenuhnya tereksplor karena pada saat kita ngerasa itu nggak sesuai dengan norma dan cara pandang masyarakat, kita ngerasa salah dan akhirnya mengurungkan diri buat memaksimalkan kemampuan tersebut.

KITA NGERASA COWOK ITU SUPERIOR DI ATAS CEWEK

Kita ngerasa nggak pantes nyatain perasaan duluan ke cowok, ngerasa seharusnya diem aja kalo ada cowok yang catcalling, iseng neriakin dan godain kita di jalan, atau bingung mau ngapain kalo ada yang melecehkan kita di angkutan umum. Ini karena dari kecil kita dibesarkan dengan anggapan cowok itu ada di atas cewek, merupakan superior cewek yang bisa mendominasi kehidupan perempuan. Kita ngerasa tanpa cowok, hidup kita nggak bakalan aman dan tentram. Kita dibesarkan dengan anggapan cuma cowok yang bisa jadi kepala keluarga dan sosok pelindung, dan wajar aja kok kalo cewek jadi inferior yang ada di bawah cowok. Pola pikir kayak gini juga yang menghambat para cewek buat maju. Kayaknya kok salah ya kalo kita mau kuliah sampe S3 tapi cowok kita ‘cuma’ lulusan D3. Akhirnya kita ngebatalin niatan itu hanya karena nggak mau ngebuat cowok kita ngerasa rendah diri.

"Jangan pernah ngeremehin kekuatan otak cewek ya!"

SO WHAT SHOULD WE DO?

 

Who run the world? GIRLS!


Foto: berbagai sumber

Related Articles

PACARKU NYEBELIN!

17 Maret 2016

Gimana caranya ngatasin cowok nyebelin?

6 TIPS NYEMBUHIN PATAH HATI

25 Maret 2018

Patah hati karena baru diputusin? Baca 6 tips ini biar sembuh!

NONTON STREAMING YUK!

06 April 2016

Tapi, hati-hati nggak bisa berhenti, hehehe!

BELAJAR YUK

01 Mei 2016

Simak tips belajar biar siap ngadepin ujian

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.