Login

or

Email
Password


Mybody

SERBA SERBI BRA

23 Agustus 2017


Meski jadi sebuah keharusan, nggak banyak yang kita tau soal bra. Padahal sebagai cewek, jelas-jelas bra adalah barang yang wajib banget kita pake setiap harinya. Biar nggak salah make dan bentuk dan kesehatan payudara kita tetap terjaga, coba pelajari yuk serba-serbi bra ini.

 

CARA TAU UKURAN BRA YANG TEPAT

Beda sama baju yang punya ukuran all size, kita harus banget tau persis ukuran payudara kita, supaya bentuk dan kondisi payudara kita selalu terjaga. Caranya? Ya dengan diukur dong.  Yang pertama perlu disediain adalah pita pengukur (itu lho, yang biasa dipake sama tukang jait untuk mengukur badan kita). Perlu diketahui, terdapat dua ukuran bra, yaitu lingkar bawah payduara, dan juga cup-nya.

Buat nentuin berapa lingkar bawah payudara kita, ukurlah lingkar keliling dengan meletakkan pita ukuran tepat di bawah payudara kita. Secara umum, hasil ukurannya adalah sebagai berikut:

Lingkar bawah payudara : 63-67 cm, ukuran bra : 30 atau 65.

Lingkar bawah payudara : 68-72 cm, ukuran bra : 32 atau 70.

Lingkar bawah payudara : 73-77 cm, ukuran bra : 34 atau 75.

Lingkar bawah payudara : 78-82 cm, ukuran bra : 36 atay 80.

Lingkar bawah payudara : 83-87 cm, ukuran bra : 38 atau 85.

Lingkar bawah payudara : 88-92 cm, ukuran bra : 40 atau 90.

Nah, sementara buat tau ukuran cup atau besar payudara kita, caranya adalah dengan mengukur terlebih dahulu lingkar payudara kita, kali ini pita pengukur diletakkan tepat di puncak payudara kita (bukan di bawahnya). Kalo udah nemu, tinggal dihitung deh menggunakan rumus ini:

Lingkar payudara – lingkar bawah payudara + ditambah 2 cm = ukuran cup

Secara umum, ukuran cup adalah sebagai berikut:

Jika hasilnya = 10-12cm, Cup A
Jika hasilnya = 13-14cm, Cup B
Jika hasilnya = 15-17cm, Cup C
Jika hasilnya = 18-19cm, Cup D
Jika hasilnya = 20-22cm, Cup E

 

TIPE DAN JENIS BRA

Penting buat diketahui, beda brand akan beda juga ukurannya. Makanya kalo kita beli bra, harus banget dicoba terlebih dahulu, dan selalu kenakan kaos saat kita mencoba. Jadi dengan gini, kita jadi tau jatohnya si bra dikenakan di tubuh sudah oke atau belum. Make sure juga kita mengenakan bra yang tepat saat kita mengenakan pakaian tertentu, karena beda baju beda juga jenis potongan bra yang harus kita kenakan. Beberapa jenis bra yang ada adalah sebagai berkut:

Balconette bra: demi cup bra dengan cup rendah, dan pas dipake saat kita mengenakan baju dengan belahan dada rendah.

Bandeau bra: terbuat dari bahan elastis dan nggak memilik pita pengait belakang, jadi kita tinggal memasukkannya dari kepala, bisa menggunakan tali bahu atau tidak. Cocok untuk payudara berukuran kecil.

Adhesive bra: terbuat dari silkon dan tidak memiliki tali, tapi dapat menyangga payudara dengan kuat, cocok dipake kalo kita sedang mengenakan gaun atau atasan yang memperlihatkan bahu secara terbuka.

Convertible bra: merupakan bra yang biasa dikenakan sehari-hari, dan memili tali penyangga yang bisa disesuaikan dengan tingkat kenyamanan.

Sport bra: bra yang harus banget dipake kalo kita sedang berolahraga, karena fiturnya sengaja dibuat untuk menyangga payudara tidak tergoncang keras saat kita sedang melakukan gerakan olahraga.

Full support bra: buat yang memiliki payudara berukuran besar, jenis bra ini cocok digunakan sehari-hari karena bisa menyanggah seluruh payudara kita.

Push up bra: biasanya merupakan payudara yang paling sering dicari karena dapat ‘mengangkat’ payudara dan membuatnya terlihat lebih penuh, karena dilengkapi dengan kawat dan busa yang membuat payudara lebih berisi.

T-shirt bra: cocok dikenakan saat kita sedang menggunakan kaos yang tipis.

Shelf bra: merupakan bra tanpa cup, dan cocok dipasangkan dengan gaun berpotongan rendah di bagian dada, karena tidak akan memperlihatkan bentuk cup-nya.

Backless bra: paling pas dikenakan dengan gaun yang memperlihatkan bagian punggung, karena bra ini memiliki tali di bagian bawah punggung, bukan di bagian atas punggung.

Corsette bra: bra ini sekaligus membentuk pinggul karena bentuknya yang sedikit memanjang ke area pinggul, cocok digunakan buat kita yang lagi mau kebayaan atau gaun yang membentuk tubuh.

 

Kalo sudah tau tipe dan ukuran bra kita, jangan sampe salah cara pakenya ya. Perhatikan gambar di bawah ini step by step cara memakai bra yang benar.


Foto: Shutterstock, TheEveryGirl.com, iStockphoto, & berbagai sumber

Related Articles

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

HYBRID FOOD

01 Mei 2016

Setelah cronut, ramen burger, apalagi jenis hybrid food terbaru yang must try?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.