Login

Email
Password


Mybody

OLAHRAGA DI SEKOLAH PAS HAID? NO PROBLEM!

13 Juli 2017

Hayo ngaku, siapa yang suka males ikutan pelajaran olahraga pas lagi haid? Duh, padahal kan dalam seminggu pelajaran olahraga itu nggak banyak girls, jadi sayang banget deh kalo dilewatin. Terus gimana dong caranya supaya kita tetep nyaman olahraga selama masa menstruasi, dan nggak skip terus sama pelajaran yang satu ini?

 

Kalo selama ini kita nganggep nyeri pas haid itu jadi penghalang kita berolahraga, ternyata anggapan itu salah girls. Banyak penelitian kedokteran yang nemuin fakta bahwa justru nyeri dan kram yang sering dirasain pad haid datang itu bisa diatasin dengan berolahraga! Kenapa? Karena olahraga ternyata mampu ngeredain sakit yang disebabkan oleh haid, karena bisa merilis hormone beta-endorfin yang merupakan morfin (pereda sakit) alami manusia.

Gerakan aktif yang kita lakuin pada saat berolahraga, ternyata ampuh lho menghasilkan endorphin, yang kemudian bisa memusnahkan prostaglandin yang nyebapin kontraksi otot pada saat kita haid. Nggak hanya itu, olahraga juga mampu ngelepasin stress dan memicu relaksasi pada tubuh dan pikiran kita, juga memperlancar aliran darah ke seluruh organ di dalam tubuh. And another shocking facts, berolahraga pas lagi haid ternyata mampu ngebakar kalori tubuh 3-5 kali lebih banyak daripada biasanya, wow!

 

Nah jadi nggak ada lagi dong alasan buat kita nggak berolahraga di saat haid? Kalo ternyata masih khawatir dengan berbagai alasan tertentu, kayak takut bocor, takut tembus, takut gampang lelah dan lain sebagainya, bisa banget nih dicoba cara-cara di bawah ini:

  1. Pastiin kita pake celana dalam yang ngepas badan, sehingga pada saat melakukan aktivitas olahraga, pembalut tidak akan bergeser posisinya. Tapi pastikan jangan terlalu ketat juga ya, usahakan bagian tubuh bawah kita masih bisa 'bernafas'.
  2. Buat yang ekstra khawatir, bisa diakali dengan pake celana spandex atau short pants ketat sebelum pake baju olahraga.
  3. Minum banyak air putih. Olahraga bikin kita mengeluarkan keringat. Makanya penting banget menggantikan cairan tubuh yang hilang itu dengan air putih. Jangan biarkan tubuh kita dehidrasi ya Happy Females.
  4. Sebelum mulai olahraga, baiknya cek ke kamar mandi dan ganti pembalut kita. Karena aktivitas berolahraga menuntut kita untuk bergerak aktif, baiknya gunakan pembalut dengan sayap. Kita bisa coba Softex Light Airy 3in1. Pembalut ultra-thin ini punya 3 tipe ukuran pembalut dalam 1 kemasan sehingga pas untuk 1 siklus haid. Dan dengan permukaan yang lembut dan tebal hanya 2mm, mampu menyerap super cepat dalam waktu 1 detik, so, aktivitas olahraga kita nggak bakalan deh terganggu. Kita juga nggak perlu lagi khawatir akan bocor karena Softex Light Airy 3in1 punya wide backguard yang akan melindungi dari kebocoran belakang.
  5. Selalu bawa pembalut cadangan.
  6. Ganti celana dalam apabila terasa lembap. Karena keringat yang keluar biasanya banyak pada saat kita berolahraga, penting banget lho mengganti celana dalam kita apabila dirasa lembap banget dan ngebuat bagian penting kita terasa nggak nyaman. Kelembapan yang ekstra rawan banget dijadiin sarang kuman girls, apalagi di saat kita sedang haid.
  7. Jangan memaksakan diri. Kondisi tubuh tiap orang emang berbeda-beda. Makanya penting banget untuk aware sama kondisi tubuh kita sendiri. Haid menyebabkan seseorang kehilangan banyak darah dan cairan. Makanya kalo sebelumnya kita udah ngerasa nggak enak badan, jangan takut untuk infokan hal ini ke guru olahraga kita ya.

 


Foto: Doc. Softex, Freepik dan berbagai sumber

Related Articles

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

HYBRID FOOD

01 Mei 2016

Setelah cronut, ramen burger, apalagi jenis hybrid food terbaru yang must try?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.