Login

Email
Password


Mybody

MENSTRUAL HYGIENE

22 Mei 2017

Masih banyaknya perempuan -baik dewasa maupun remaja- yang cuek sama kebersihan waktu haid membuat salah satu organisasi non-profit, Menstrual Hygiene Day (MH Day), gencar melakukan promosi, penyuluhan dan challenge yang disebut Menstrual Hygiene Management (MHM). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan awareness kaum perempuan supaya sadar akan pentingnya kebesihan waktu haid. Gerakan ini udah diakui pemerintah bahkan sampai ada hari perayaannya sendiri. Karena itu untuk menyambut Menstrual Hygiene Day yang jatuh tanggal 28 Mei, Happifyourworld akan membahas apa aja yang musti kita ketahui untuk menjaga kebersihan waktu haid.

 

*According to Unicef, Indian Ministry of Rural Development (2008)*

1. TAKE A BATH OR SHOWER AT LEAST ONCE A DAY

Menurut steadyhealth.com, pada waktu haid sistem reproduksi perempuan lebih rentan terhadap infeksi, kotoran dan penyakit yang datang, karena itu menjaga kebersihan diri sangat penting. Apalagi pada saat haid, kita cenderung ngalamin beberapa gejala PMS, makanya mandi secara teratur akan membantu nggak cuma secara fisik tapi juga psikologis.

 

2. PAKAI BAJU BERSIH DAN GANTI BAJU SEHARI SEKALI

Biasanya kita para cewek suka cuek pake baju atau piyama yang itu-itu aja selama haid, alasannya simple, nggak mood buat ganti baju cukup ganti celana dalam aja. Well, mulai sekarang mindsetnya harus diubah nih. Back to point satu, pas haid tubuh kita lagi rentan sama penyakit dan baju yang nggak diganti cukup untuk 'menarik' virus atau kuman penyakit. Walau pun kita hanya diam di rumah aja. Biasakan cuci baju dan pakaian dalam kita secara teratur. Terutama untuk pakaian dalam (celana dalam dan bra) usahakan cucinya terpisah dari pakaian biasa. Pakaian dalam itu langsung kontak dengan area atau organ kewanitaan, jadi detergen dan pelembutnya nggak bisa yang keras. Karena bisa jadi detergen tertinggal di pakaian dalam dan membuat area kewanitaan kita terinfeksi atau gatal.

 

3. GANTI PEMBALUT SECARA RUTIN

Mau lagi regular flow atau heavy flow, jangan malas untuk ganti pembalut setiap 3 - 4 jam sekali ya. Pilih pembalut yang aman dan punya daya serap tinggi untuk mencegah kelembapan, untuk ini kita bisa coba Softex Light Airy 3in1 yang punya tiga ukuran pembalut dalam satu kemasan sehingga praktis untuk satu masa periode haid.  Untuk lebih detailnya tentang pembalut, kbaca di artikel YANG HARUS KITA KETAHUI TENTANG PEMBALUT.

 

4. BERSIHKAN AREA KEWANITAAN KITA DENGAN BENAR

Menurut NHS.UK & periodhealth, penting untuk diingat kalo vagina kita punya sistem 'self-cleaning' yang membuatnya mampu menjaga sekaligus membersihkan areanya sendiri. Sistem 'self-cleaning' ini salah satunya bisa dalam bentuk sekresi (pembuangan). Makanya kita sebenarnya nggak perlu pake obat-obatan luar kayak deodorant, sabun pembersih vagina, atau scented wipes. Karena bisa jadi obat-obatan tersebut, mau senatural apa pun, malah akan mengganggu kesehatan dan pH balance vagina kita. Kalo pun yang paling aman, misalnya mencuci dengan air rebusan daun sirih, tetap nggak diperbolehkan dilakukan setiap hari. Tanda 'self-cleaning' yang normal biasanya nggak disertai gatal, perih, atau pun berbau. Kalo kita melihat tanda-tanda ini, coba langsung periksakan ke dokter ya. Dan yang nggak kalah penting, usahakan area kewanitaan kita tetap kering dengan membasuhnya pakai handuk kecil yang bersih atau tisu. 

Added, terutama untuk kita yang udah berusia 25 - 60 tahun sebaiknya periksa cerviks secara berkala. Hal ini penting dilakukan sebagai pencegahan atau antisipasi apabila ditemukan cancer cerviks.

 

HOW TO GET RID PERIOD STAIN

Celana dalam kita terkena noda darah? Jangan dibersihkan sembarangan ya, coba praktekkin tips berikut.

1. Rendam celana dalam kita dengan air dingin, pake es kalo perlu (jangan air panas karena malah akan membuat nodanya semakin menempel di kain). Rendam selama 10 - 15 menit, atau kalo misalnya nodanya banyak coba rendam semalaman.

2. Kalo celana dalam kita warna putih, campur air dengan pemutih atau hydrogen peroxide dengan takaran 6:1, kemudian celana dengan bagian yang kena noda di celupkan ke air dan gosok perlahan. Kalo udah, bilas dengan air dingin. Jangan lupa langsung cuci tangan kita dengan air atau better pake sarung tangan. 

3. Kalo celana dalam kita berwarna, celupkan celana dalam kita di air yang sudah diberi garam dengan perbandingan 2:1 sambil digosok di area yang terkena noda dengan garam secara perlahan. Kalo udah bilas dengan air dingin dan keringkan dengan sinar matahari langsung.


Foto: berbagai sumber

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

03 Februari 2016

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.