Login

Email
Password


Mybody

MASALAH KESEHATAN YANG SERING KALI DICUEKIN REMAJA

28 Agustus 2018

Masa remaja selalu jadi masa di mana kita selalu cuek sama masalah kesehatan. Sering begadang, jarang minum air putih, tubuh rasanya masih baik-baik aja tuh. Mungkin efeknya nggak sekarang, tapi kalau nggak segera dijaga, tubuh bisa makin melemah seiring bertambahnya usia dan gampang terserang masalah kesehatan berikut!

 

DIABETES

Nggak cuma di usia dewasa, penyakit diabetes bisa banget dengan gampang menyerang kesehatan kita di usia remaja. Apalagi buat kita yang secara keturunan punya riwayat penyakit diabetes, atau lifestyle yang buruk karena nggak pernah mengontrol asupan gula sama sekali.

Penyakit diabetes biasanya datang dengan beberapa gejala yang bisa diwaspadai, biasanya disebut dengan gejala pradiabetes. Yang pertama adalah kelebihan berat badan yang terjadi akibat pankreas nggak bisa menghasilkan insulin yang cukup. Jadinya gula darahpun melonjak naik dan membuat berat badan bertambah. Lalu terjadinya penggelapan kulit di beberapa bagian kulit walaupun kita jarang banget terpapar matahari, terutama di bagian belakang leher dan ketiak.  Keinginan untuk makan manis pun makin bertambah karena gula darah yang nggak stabil.

Try this:

Kalo tanda-tanda tersebut udah kita alami, baiknya kita mulai kurangi asupan gula kayak soda dan berbagai makanan manis, lalu ganti dengan rajin mengonsumsi air putih yang bagus untuk kesehatan. Kalopun lagi pengen banget makanan manis, kita bisa menggantinya dengan manis alami dari buah-buahan yang juga mengandung banyak kandungan air seperti semangka atau jambu.

 

JERAWAT

Sebenernya banyak banget yang menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat. Selain karena hormon yang nggak stabil, kebiasaan nggak membersihkan wajah dari kotoran dan makeup dengan baik bisa jadi pemicu jerawat parah dan mengganggu kesehatan wajah.

Banyak dari kita yang masih menyepelekan pentingnya membersihkan wajah setelah selesai beraktifitas di luar. Saking udah capek dan ngantuk, seluruh makeup yang masih nempel di wajah ikut dibawa tidur sampai besok pagi. Padahal kebiasaan ini bikin pori-pori wajah tersumbat seharian, sehingga produksi minyak wajah bercampur dengan bakteri dan kotoran yang menjadikannya jerawat.

Try this:

Selalu bawa makeup remover wipes yang bisa kita gunain di perjalanan pulang. Jadi kalopun sampe rumah udah ngantuk, kita tinggal cuci muka dengan facial wash dan bisa lanjut tidur.

 

PENYAKIT JANTUNG

Penyakit ini mungkin nggak keliatan menyerang remaja. Tapi gaya hidup yang nggak sehat justru jadi penyebab munculnya penyakit ini. Banyak makan makanan berlemak, junk food, males bergerak, sampe kebiasaan merokok bisa berujung pada timbulnya penyakit jantung.

Kebiasaan merokok dan kurang gerak bisa ningkatin risiko pembekuan darah yang bisa menghambat aliran darah ke jantung. Begitu juga dengan pola makan yang buruk buruk dengan seringnya mengonsumsi tinggi kalori, lemak, kolesterol, gula, dan garam bisa memicu penumpukan plak dalam pembuluh yang mengakibatkan pembuluh darah menyempit dan mengeras. Hal ini membuat jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah karena sumbatan. Nggak kebayang kan kalo hal ini terjadi di jantung kita? 

Try this:

Makan junk food sebenernya nggak dilarang kok, asalkan porsi dan frekuensi mengonsumsinya juga nggak terlalu sering. Kita juga bisa mengakali porsi nggak sehat dengan cara menyeimbangkannya dengan makanan sehat, misalnya ganti minuman soda atau lemon tea dengan air mineral, atau pesan burger tanpa tambahan mayonaisse dan mustard.

 

KEPUTIHAN

Saat masa haid dimulai, miss V kita juga mulai memproduksi sekresi atau enzim berbentuk lendir, mulai dari yang bening hingga putih susu. Tapi kalau kebersihannya nggak terjaga dengan baik, bakteri penyebab vaginosis bakterialis juga bisa berkembang.

Vaginosis bakterialis adalah infeksi miss V yang disebabkan oleh terganggunya keseimbangan bakteri di dalam miss V. Sebenernya infeksi ini cenderung infeksi ringan, tapi kalo nggak segera diobati, dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah dan menjadi penyakit menular seksual. 

Try this:

Jangan lupa untuk selalu membasuh miss V dari arah depan ke belakang dengan air bersih dan sabun lembut, tiap kali buang air kecil dan besar. Jangan lupa untuk selalu keringkan miss v dengan tisu dan ganti pantyliner setiap 3 kali sehari. Saat haid, gunakan pembalut yang berdaya serap tinggi, seperti Softex Comfort Slim 2 in 1 dengan desain slim dan mampu menyerap dengan cepat. 

 

MOODINESS

Sebenernya, mood yang berubah-ubah bukan hanya disebabkan oleh stres akibat terlalu banyak kesibukan dan tugas sekolah, tapi juga karena hormon yang emang nggak stabil. Tapi kestabilan hormon juga harus didukung dengan gaya hidup yang sehat, yang sayangnya selama ini dilupain banget sama kita.

Sering minum kopi kekinian tiap hangout, malemnya begadang karena nggak bisa tidur akibat asupan kafein yang terlalu banyak. Akibatnya, fisik kita jadi nggak segar karena kurang tidur, sakit kepala, dan berpengaruh ke mood yang sering berubah-ubah. Hal ini nggak bagus banget buat kesehatan kita secara mental.

Try this:

Jam tidur yang cukup bakal selalu jadi kunci utama fisik dan mental yang sehat. Kurangin asupan kafein dan aktivitas yang bikin kita jadi kurang istirahat. Imbangi dengan olahraga ringan, serta lakukan aktivitas yang bisa membuat kita happy atau relax, misalnya melakukan hal yang berhubungan dengan hobi, baca buku, atau dengerin musik.


Foto: Shutterstock

Related Articles

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

HYBRID FOOD

01 Mei 2016

Setelah cronut, ramen burger, apalagi jenis hybrid food terbaru yang must try?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.