Login

Email
Password


Mybody

MANFAAT PUASA BUAT TUBUH KITA

13 Juni 2017

Selama puasa, tubuh kita emang terasa lemas, nggak bertenaga, dan bawaannya pasti ngantuk melulu. Tapi di balik itu semua, nggak banyak yang tau kalo ternyata puasa itu bukan cuma sekedar nahan lapar dan haus untuk ibadah, tapi juga punya banyak manfaat buat tubuh orang-orang yang menjalankannya!

 

Let’s check it out!

Fact #1: Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan

Saat berpuasa, kita harus nahan diri buat nggak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam, dan baru boleh bersantap pas sahur dan berbuka puasa. Hal ini otomatis ngubah pola makan kita jadi lebih sedikit, dan keinginan buat ngemil di sela-sela abis makan pun berkurang. Dengan berkurangnya porsi makan selama puasa, kita juga jadi punya kesempatan buat ngurangin berat badan berlebih lho!

 

Fact #2: Memperbaiki Mood

Walaupun keliatannya puasa malah bikin lemes dan mood berantakan, sebuah studi yang dilakuin Nutrisionis Katie Muir dari University of Michigan School of Public Health menyebut kalo puasa ternyata bisa bikin mood kita jadi lebih bagus lho! Soalnya, puasa bikin tubuh memproduksi lebih banyak hormon endorphin atau hormon bahagia yang terbentuk sebagai reaksi stress di diri kita karena kekurangan energi. Nah, karena produksi hormon ini makin meningkat, di hari ketiga atau keempat tubuh kita udah bisa mulai beradaptasi dan terasa lebih bersemangat dibanding saat nggak berpuasa.

 

Fact #3: Terapi kecanduan

Siapa di sini yang tiap bangun pagi harus minum kopi? Atau malah punya kebiasaan makan makanan manis tiap kali abis makan? Satu lagi manfaat puasa adalah ngurangin kebiasaan yang jadi candu saat kita nggak berpuasa. Kalo biasanya tiap pagi harus banget minum kopi atau teh, saat berpuasa pasti kegiatan ini harus stop dan bikin kita terbiasa buat lepas dari rasa kecanduan tersebut. Berpuasa juga cocok banget nih buat orang-orang yang lagi proses berhenti merokok.

 

Fact #4: Penyerapan nutrisi jadi maksimal

Berpuasa selama berjam-jam justru bisa bikin metabolisme tubuh kita membaik karena adanya peningkatan dari hormon adiponektin yang dilepasin dari sel lemak. Hormon ini ningkatin kemampuan otot di tubuh kita buat ngegunain karbohidrat sebagai energi dan menahan nafsu makan. Jadi, hal ini memungkinkan penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan saat sahur dan berbuka jadi lebih maksimal.

 

Fact #5: Menurunkan kolesterol

Walaupun masih muda, bukan berarti tubuh kita nggak bisa kena kolesterol. Terlalu banyak makan gorengan, dan makanan berlemak justru bikin badan kita rentan terkena lemak jahat yang bisa nyumbat aliran darah. Nah, berpuasa ini jadi salah satu cara buat ningkatin lemak baik (HDL – High Density Lipoprotein) dalam darah, karena sifatnya yang ngebersihin jalur sirkulasi darah dari tumpukan lemak. Jadi, lemak di dalam tubuh juga bisa seimbang dan resiko penyakit jantung serta darah tinggi juga berkurang.


Foto: Shutterstock & berbagai sumber

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.