Login

Email
Password


Mybody

IKUTAN EKSKUL OLAHRAGA DI SEKOLAH YUK!

22 Juli 2017

Banyak ragam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa kita ikutin di kampus. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan minat dan kesukaan. Ekskul olahraga juga biasanya jadi andalan dan favorit juga. Tapi kadang kita suka males ikutan karena berbagai alesan, yang paling utama biasanya karena kita mager. Padahal, selain bikin badan jadi fit, di ekskul olahraga juga biasanya punya lebih banyak anggota cowok lho! Tuh kan, siapa tau ada yang lucu buat jadi gebetan nih!

 

Yang biasa nonton drama Korea atau Jepang dengan tema sekolah pastinya hapal apa aja ekskul yang biasa ditampilkan dalam ceritanya deh. Meski sedikit banyak jenis kegiatannya ada yang sama dengan kegiatan ekskul olahraga di Indonesia, di dua negara tersebut biasanya ada saja kegiatan yang lebih menjadi highlight dibandingkan ekskul lain. Seperti misalnya beladiri taekwondo di Korea, atau  karate dan kendo di Jepang. Beberapa kegiatan tersebut berhasil menjadi favorit karena selain menjadi culture yang mengakar bagi kehidupan masyarakat negara tersebut, tapi juga karena seringnya diadakan turnamen dan kompetisi, nggak hanya yang skupnya kecil di dalam sekolah atau bertanding antar sekolah saja, melainkan juga sampai ke tingkatan nasional dan bahkan internasional lho.

Nah, mumpung masih baru masuk sekolah nih, kita jadi punya waktu buat milih kira-kira ekskul apa yang bisa kita pilih buat mengisi waktu kita di sekolah. Kalo masih bingung, bisa nih ide ekskul-ekskul di berbagai sekolah di dunia ini jadi rujukan kita buat milih jenis kegiatan ekskul yang kita suka. 

 

VARIASI BOLA (BASKET, VOLI, SEPAK BOLA, FUTSAL)

Bola di sini banyak banget macemnya girls, dari mulai sepak bola, basket, voli, sampe futsal. ‘Ekskul’ klasik kayak gini emang biasanya pasti kita temuin di sekolah, jadi nggak harus khawatir nggak nemu pas kita mau ngedaftar nanti. Tricky-nya, umumnya jenis ekskul bola dibedakan secara gender, karena pace latihan antara cowok dan cewek juga berbeda, begitu juga pada saat berkompetisi yang memisahkan grup cowok dan cewek.

Kalo misalnya jumlah anggota ekskulnya berimbang sih nggak masalah ya, yang jadi  problem adalah apabila jumlah angota ekskul ceweknya sedikit banget sampe bahkan nggak bisa membentuk satu tim buat latihan. Meski dibanding voli atau basket, pemain sepak bola dan futsal kebanyakan cowok, bukan berarti cewek nggak bisa jago lho ya. Kalo misalnya di sekolah kita malah banyak peminatnya tapi belum ada keanggotaan khusus ceweknya, nggak ada salahnya lho kita minta ke pihak sekolah untuk dibuatin.

 

ATLETIK

Atletik ini emang banyak banget ragam jenisnya, makanya biasanya kita nggak cuma harus bisa menguasai satu jenis atletik aja, tapi juga dituntut juga mempelajari nomor lain. Atletik biasanya terdiri dari nomor lari, lompat dan lempar.

 

BASEBALL – SOFTBALL

Kenapa ya kalo ngeliat orang yang make seragam baseball atau softball itu bawaannya kok keren aja, hehehe. Di drama atau manga Jepang, kita pasti sering banget ngeliat jenis olahraga ini. Karena emang di Jepang baseball adalah olahraga yang paling populer, bahkan dari kecil kebanyakan anak-anaknya udah masuk ekskul baseball - softball termasuk anak cewek. Meskipun emang harus diakui belum banyak sekolah di Indonesia yang menyediakan jenis ekskul yang satu ini. Tapi kalo ternyata di sekolahmu ada, boleh banget nih nyoba ekskul olahraga yang bergengsi ini Happy Females! 

 

BELA DIRI (SILAT, KARATE, JUDO, AKIDO, KENDO TAEKWONDO, CAPOEIRA)

Kendo at Japanese School by Reddit

Jadi cewek kita juga harus bisa ngejaga diri lho girls. Makanya beruntung banget kalo di sekolah kita ada ekskul bela diri. Apalagi cabang olahraga ini banyak banget bentuknya. Dari mulai rasa lokal macam silat, sampe yang diadopsi dari luar macam judo, taekwondo, kendo yang punya perlengkapan keren, sampe capoeira yang lincah lompat ke sana dan kemari.

 

RENANG

Kalo biasanya berenang cuma dilakuin sesekali banget, lewat ekskul renang kita jadi bisa tiap minggu latihan menyempurnakan teknik renang kita girls. Nggak hanya positif buat kesehatan, yang pasti postur badan kita bakalan jadi bagus banget dengan sering-sering renang nih.

 

PANAHAN

Believe it or not, panahan tuh lately lagi rising banget lho girls. Perhatiin deh, bahkan di mall pun ada lho pop up place yang nyediain perlengkapan panah lengkap buat dicoba sama para pengunjungnya. Belum lagi feed Instagram yang makin rame sama postingan orang-orang yang lagi membidik busur panah ke sasaran sambil. Siapa tau dengan panah yang jadi kekinian ini sekolah kita jadi berminat buat ngadain ekskul panahan. Gimana, tertarik buat mencoba?

 

CHEERLEADERS

Meski nggak termasuk dalam cabang olahraga yang resmi, kita harus akuin lho kalo cheerleaders itu ngadopsi banyak banget gerakan atletik yang digabungin sama teknik nari. Bahkan nggak jarang ada gerakan bela diri di dalam koreografi cheers. Banyaknya gerakan yang dibuat juga menuntut kita untuk selalu fit, dan efeknya juga bagus untuk badan kita. See, nggak beda jauh kan sama olahraga. Plusnya lagi, kita bsia pake baju cheers dan pom pom-nya yang lucu banget itu! Kalo belum yakin mau nyobain cheersleader, mungkin harus nonton film "Bring It On" dulu, see their cool routines below.


Foto: berbagai sumber

Related Articles

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

HYBRID FOOD

01 Mei 2016

Setelah cronut, ramen burger, apalagi jenis hybrid food terbaru yang must try?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.