Login

Email
Password


Mybody

GANGGUAN FISIK YANG BERHUBUNGAN DENGAN MENTAL HEALTH

21 Oktober 2018

Nggak bisa dipungkiri tubuh dan pikiran itu satu kesatuan. Kalo kita ngerasa fisik nggak fit, ada kemungkinan kesehatan mental kita pun juga lagi nggak dalam kondisi yang baik lho.

 

TIME melaporkan di bulan Februari 2017 ada penelitian yang nemuin kalo mereka yang punya masalah fisik kronis, seperti psoriaris dan diabetes, gejalanya bisa tambah parah karena masalah kesehatan mental dan stres. Jadi bisa disimpulin kesehatan fisik bisa memicu kesehatan mental, begitu juga sebaliknya. Walaupun kesehatan fisik dan kesehatan mental seringkali ditreatment terpisah, tapi perbedaan keduanya sebenarnya nggak gitu jauh seperti yang kita kira.

Lebih lanjut, peneliti juga nemuin gangguan yang biasanya kita mikir hanya sakit fisik biasa, ternyata berhubungan erat dengan depresi, anxiety, atau pun penyakit mental lainnya.

Ini dia beberapa gangguan fisik yang seringkali dihubungkan dapat meningkatkan resiko penyakit mental.

 

ACNE (jerawat)

Happifyourworld jamin pasti kamu kaget kok bisa-bisanya jerawat dikaitkan dengan penyakit mental, but this is the truth. Jerawat adalah penyakit kulit yang umum dialamin oleh siapa aja. Dilansir dari Allure, sebuah studi yang dirilis oleh British Journal of Dermatology nemuin kalo jerawat berkaitan erat meningkatkan resiko depresi. “Jerawat punya sisi negatif yang berefek pada self-esteem dan ini bisa mengarah pada anxiety dan depresi”, menurut Amy Wechsler, dermatologist dan psychiatrist dari New York. Hal ini nggak aneh di mana penampilan saat ini jadi hal yang paling utama, adanya jerawat bikin kita jadi minder dan nggak pede sehingga berujung pada stres. Yang kemudian kita jadi nggak memperhatikan diri sendiri.

 

IRRITABLE BOWEL SYNDROME (IBS)

Atau gangguan usus yang nyebabin sakit perut, maag, kembung (bloating), diare, sembelit, gassy, kelelahan, dan lain-lain. Ada penelitian tahun 2015 yang menemukan fakta bahwa orang dengan gangguan usus punya kecendrungan mood dan anxiety disorder lebih tinggi dibandingkan yang nggak. Orang dengan gangguan usus seringkali punya bad habit tidak memperhatikan jam makan atau pun jam istirahat mereka, sehingga nyebabin beberapa gangguan seperti yang disebutin di atas. Karena ketika kita sedang maag (misalnya) pasti nafsu makan kita akan menurun kan? Sementara otak kita nggak berhenti mencemaskan beberapa hal yang nggak seharusnya kita pikirkan.

 

ENDOMETRIOSIS

Endometriosis adalah gangguan pada sistem reproduksi perempuan di mana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Hal ini bisa nyebin sakit panggul, menstruasi (haid) berat, nggak nyaman saat buang air kecil, dan di beberapa kasus nyebabin infetilitas (kemandulan). The Endometriosis Foundation of America meng-estimasi ada sekitar 200 juta di dunia yang mempunyai penyakit ini, dan 1 dari 10 perempuan di Amerika didiagnosa mengidap endometriosis. Sebuah studi yang diterbitkan International Journal of Women’s Health nyebutin kalo perempuan dengan endometriosis punya tingkat depresi, anxiety, dan gangguan kejiwaan tinggi serta punya kualitas hidup lebih rendah. Karena itu penderita endometriosis nggak cuma butuh pengobatan fisik tapi juga mental support dari sekitarnya.

 

EKSIM (ECZEMA)

Sama kayak jerawat, eksim kulit juga wajar dialamin setiap orang. Eksim nyebabin kulit gatal, kemerahan, inflamasi, dan bahkan nggak jarang ninggalin bekas yang sulit dihilangkan. Orang yang mengidap eksim juga bisa ngalamin komplikasi kesehatan seperti asma dan infeksi kulit. Menurut survey dari National Eczema Foundation, mereka nemuin 30 persen orang yang mengidap eksim juga mengidap anxiety, depresi dan gangguan kejiwaan lainnya. Lebih lanjut, studi yand dirilis tahun 2016 nyebutin anak-anak yang mengidap eksim punya gangguan emosional, perliaku dan hiperactivity problems. Hal ini sering tertutup dengan orang tua mengira ini adalah masalah pubertas atau peer problems. Padahal nyatanya eksim dan gangguan kulit lainnya terkadang oleh para ahlis disebut gangguan psikofisiologis, karena mereka sangat berkaitan erat dengan kesehatan mental yang memicu gejala kondisi kulit yang mereka alami.

 

FIBROMYALGIA

Adalah gangguan yang mempengaruhi otak dalam memproses sinyal rasa sakit, ini adalah penyakit kronis di mana membuat penderitanya ngalamin rasa sakit di seluruh tubuh. Fibromyalgia bisa dialamin siapa aja, termasuk anak-anak. Namun sebagian besar penderitanya berada di usia 30-50 tahun, dan perempuan punya resiko lebih tinggi terkena penyakit ini dibanding laki-laki. Gejala umum fibromyalgia termasuk kelelahan, brain fog (sulit fokus/konsentrasi, mudah kedistraksi), gangguan tidur, restless leg syndrome, sensitif pada suhu udara, dan lain-lain.  

 

CHRONIC FATIGUE SYNDROME

Adalah kondisi di mana kita ngalamin kelelahan yang amat sangat dan nggak bisa sembuh walaupun sudah beristirahat. Gejalanya kurang lebih mirip dengan fibromyalgia. Di sebuah studi tahun 2010 bilang, hal ini disebabin karena disregulasi sistem stres, sistem kekebalan tubuh, dan central pain mechanism. Yang juga nyebabin orang dengan gangguan fisik ini sangat rentan terhadap penyakit gangguan kejiwaan.

 

LUPUS

Lupus adalah penyakit autoimun kronis yang merusak beberapa bagian tubuh (kulit, sendi, dan organ tubuh). Lupus menyerang sistem kekebalan tubuh yang sehat seolah-olah sistem jaringan tersebut adalah infeksi. Studi tahun 2009 menemukan kalo perempuan yang mengidap Lupus lebih mungkin punya kecendrungan gangguan mood dan anxiety disorder. Bahkan 75 persen orang yang mengidap Lupus juga punya gejala neuropsikiatrik (gangguan sistem saraf dan mental).

 

Ketujuh penyakit fisik di atas jangan dianggap remeh ya. Kalo kita kebetulan ngalamin penyakit ini baiknya langsung konsultasi ke dokter tentang gimana cara nge-treat nggak cuma fisik tapi juga kesehatan mental kita. Apabila kita butuh psikiater, nggak usah ragu untuk ngambil terapi. Karena baik kesehatan fisik dan juga mental sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.