Login

Email
Password


Mybody

5 VITAMIN YANG BAIK DIKONSUMSI SAAT HAID

24 Agustus 2018

Perubahan hormon yang terjadi saat haid kadang nggak cuma bikin mood kita berantakan, tapi juga bikin nafsu makan lebih meningkat. Sayangnya, nggak semua makanan yang kita makan mengandung vitamin dan nutrisi baik. Makanya, kita butuh seimbangkan dengan makanan atau suplemen bervitamin yang baik dikonsumsi saat haid!

 

ZAT BESI DAN FOLAT 

Darah haid yang keluar banyak mampu memperparah kondisi seseorang yang biasa terserang anemia karena sel darah merah yang rendah. Untuk mengatasinya, kita bisa memperbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat besi tinggi dan folat, yang terdapat pada daging, ikan, susu, sereal gandum, dan sayuran-sayuran hijau. Zat besi berguna untuk memproduksi sel darah merah dan hemoglobin, yaitu protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kedua zat ini juga bisa membantu memperbaiki kondisi tubuh kita yang mudah lelah dan lemas saat haid.

 

VITAMIN B-Complex

Vitamin B-Complex punya fungsi lengkap karena kombinasi dari vitamin B, B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan juga B12. Masing-masing punya fungsi berbeda dan mampu menjaga kesehatan kita selagi haid, misalnya membantu pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan kulit, mengatur kadar hormon , mengatasi nyeri, serta menjaga kekebalan tubuh. Kita bisa mendapatkan Vitamin B-Complex lewat suplemen yang bisa didapat dari drugstore, jadi nggak perlu mengonsumsi berbagai vitamin B ini satu persatu untuk endapatkan manfaatnya.

 

VITAMIN A

Suka mengonsumsi tomat, wortel atau pepaya? Kandungan Vitamin A pada buah-buahan tersebut bukan cuma punya fungsi menjaga kesehatan mata, tapi juga punya manfaat baik bila kita konsumsi saat haid. Vitamin ini mempunya fungsi menjaga fungsi jaringan tubuh dan sistem reproduksi. Vitamin A juga terbukti menjaga tubuh dari masalah pendarahan hebat yang biasa dialami saat haid atau yang  disebut dengan menorrhagia. Selain itu, vitamin A juga melindungi rahim dan melapisinya.

 

VITAMIN E

Walaupun banyak mitos yang bilang vitamin E mempengaruhi siklus haid, vitamin ini justru jadi salah satu nutrisi penting yang harus kita konsumsi saat sedang haid. Bukan hanya sebagai antioksidan, vitamin E juga mampu memperbaiki kerusakan sel dan jaringan yang ada di dalam tubuh, serta menjaga sistem imun. Riset yang dimuat oleh British Journal of Obstetrics and Gynaecolgy juga membuktikan kalau dengan mengonsumsi vitamin E minimal 400IU secara rutin saat haid mampu mengurangi rasa sakit akibat kram perut dan meminimalisir terjadinya kekurangan darah pada tubuh.

 

VITAMIN D

Sebuah studi yang dilakuan para ilmuwan di University of Massachusetts membuktikan kalau kalsium dan vitamin D bisa membantu mengendalikan beberapa gejala emosional yang terjadi saat kita PMS, misalnya kayak mood swing dan cemas yang sering menyerang kita saat haid. Hal ini terjadi karena vitamin D membantu meningkatkan kadar estrogen dan progesteron pada tubuh kita. Selain dari susu dan ikan, sumber vitamin D terbaik bisa kita dapatkan dengan sinar matahari. Jangan takut matahari, kita disarankan untuk melakukan sunbathing di jam 9 atau 10 pagi selama 10-20 menit 3 kali seminggu untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup untuk tubuh.


Foto: Shutterstock

Related Articles

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.