Login

Email
Password


Mybody

5 Cara Ampuh Tidur Nyenyak Saat Haid

18 Agustus 2018

Masa-masa haid kadang bikin kita nggak nyaman melakukan aktivitas apapun, terutama tidur malam yang bikin kita khawatir takut tembus. Merasa senasib? Tenang, banyak cara kok untuk bikin tidur malam kita jadi tenang dan nyenyak.

 

Bikin suhu ruangan kamar jadi lebih sejuk

Pas haid, suhu badan kita akan meningkat karena dipengaruhi oleh perubahan hormon. Makanya, badan kita jadi gampang merasa gerah dibanding hari-hari biasa. Atur suhu ruangan kita dengan air conditioner atau kipas angin supaya jadi lebih sejuk, yaitu sekitar 18-21 derajat celsius. Pastikan juga kamu menggunakan bantal yang cukup empuk. Dijamin deh, tidur akan jadi makin nyenyak!

 

Kurangi makanan pedas, berminyak, dan berkafein

Sesuka apapun kita sama ayam geprek, ataupun kopi kekinian, sebaiknya kurangi dulu konsumsinya saat kita sedang haid. As we know, makanan pedas dan berminyak serta minuman yang mengandung kafein tinggi akan rentan membuat perut kita penuh gas dan bikin kembung. Pastinya kondisi ini bikin badan kita jadi nggak enak, apalagi dibawa tidur malam. Nggak mau kan jadi begadang semalam suntuk hanya karena perut kembung?

 

Minum air hangat sebelum dan ketika bangun tidur

Karena perutmu rentan kram dan nyeri karena haid, jangan lupa untuk minum air hangat sebelum tidur. Rasa hangat dari minuman yang kita konsumsi dapat membuat perut kita terasa lebih nyaman. Kita juga bisa mengusapkan minyak kayu putih atau menempelkan water bag yang sudah diisi air hangat untuk mengantisipasi rasa nyeri berlebih akibat datangnya kram perut. Jangan lupa, begitu bangun tidur langsung minum air putih untuk meng-hidrasi tubuh sekaligus membersihkan racun dalam tidur. 

 

Tidur dengan posisi badan miring dan meringkuk

Kalau biasanya kita tidur dengan posisi badan terlentang atau tengkurap, saat haid kita bisa menggantinya dengan posisi meringkuk (fetal position), dengan menekuk kaki sedikit ke arah dada. Posisi tidur ini punya dua keuntungan buat kita yang sedang haid, yaitu sedikit meredakan kram perut yang biasa terjadi, dan juga meminimalisir darah haid ‘tembus’ ke atas kasur.

 

Pakai pembalut khusus untuk malam hari

Terakhir dan justru yang paling penting. Saat lagi banyak-banyaknya, hal yang bikin kita paling nggak bisa tidur nyenyak adalah takut darah haid bocor dan mengotori tempat tidur kita. Makanya disarankan untuk menggunakan pembalut khusus untuk tidur malam. Kita bisa gunakan Softex Comfort Slim 42 cm yang nggak hanya memiliki panjang yang pas, tapi juga tipis dan super nyaman. Permukaannya menyerap cepat, sehingga kita nggak perlu khawatir akan bocor walaupun tidur dengan berganti-ganti posisi.


Foto: Shutterstock & Doc. Happifyourworld

Related Articles

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.