Login

Email
Password


Mybody

5 STAGE PERTUMBUHAN PAYUDARA

30 Juli 2018

Kenapa payudara aku belum tumbuh? Kenapa yang lain payudaranya bisa lebih besar sementara aku kecil? Dsb. Pertumbuhan payudara tiap cewek berbeda-beda tapi yang pasti setiap cewek akan melalui 5 stage pertumbuhan payudara. Kayak apa sih setiap stagenya, yuk cari tahu di sini!

 

Sebelum masuk ke 5 stage breast development. Cari tahu dulu kapan sih kira-kira payudara kita akan mulai tumbuh?

Payudara udah mulai terbentuk sejak kita dalam kandungan ibu. Dan ketika bayi perempuan lahir, bagian puting dan syaraf sistem susu akan mulai terbentuk.

 

Ketika puber payudara ini pun akan mulai ngalamin perubahan. Perubahan ini dimulai ketika rahim mulai memproduksi hormon estrogen, lemak dalam jaringan ikat pun mulai terkumpul, inilah nyebabin payudara kita tumbuh besar. seringkali pertumbuhan payudara ini terjadi pas munculnya pubic hair dan rambut ketiak.

 

Pas siklus ovulasi dan siklus menstruasi (haid) mulai, the maturing of the breasts begins dengan pembentukan kelenjar sekresi di ujung saluran susu.

Payudara dan sistem saluran terus tumbuh dan mature, dengan diikuti berkembangnya kelenjar dan lobulus. Nah di sini harus dinote kalo tingkat pertumbuhan payudara buat setiap cewek itu berbeda-beda.

 

 

5 STAGE OF BREAST DEVELOPMENT

STAGE ONE

Stage pertama ini adalah payudara kita ketika kecil (preteen) dan belum ada pertumbuhan yang berarti. Hanya puting susu yang mulai tumbuh.

 

STAGE TWO

Payudara mulai tumbuh seperti kuncup, ukuran payudara dan puting mulai naik. Area hitam di sekitar puting (areola) punya mulai melebar.

 

STAGE THREE

Ukuran payudara mulai melebar sedikit dan terlihat lebih penuh dibandingkan stage kedua, diiringi dengan munculnya jaringan kelenjar payudara.

 

STAGE FOUR

Di stage ke-empat, areola dan puting akan tumbuh melebar, payudara akan semakin terlihat penuh.

 

STAGE FIVE

Stage kelima disebut juga mature adult breast. Ini adalah final form payudara kita dengan bentuk bundar dan penuh.

 

Gimana sih cara ngebedain satu stage dengan yang lainnya?

Honestly its hard to tell which stage is which, apalagi stage kedua dan ketiga kurang lebih mirip. Stage kedua biasanya terjadi ketika kita berumur antara 8-13 tahun, sementara stage ketiga terjadi sekitar umur 12-14 tahun. Kalo kita udah mulai merasakan sakit seperti kedutan di payudara bisa jadi kita sedang di stage ketiga. Kalo nggak merasakan apapun dan melihat payudara kita mulai berkembang, itu berarti kita masih di stage kedua.

 

Perlu diingat, pertumbuhan payudara di tiap cewek itu berbeda-beda. Jadi jangan kuatir ataupun ngerasa rendah diri kalo ngerasa payudara kita lebih kecil dibanding teman. Jangan membandingkan sama teman apalagi sama gambar yang kita lihat di website. Setiap pertumbuhan payudara yang dialami oleh cewek itu unik dan spesial, payudara setiap cewek itu tumbuh sesuai pace-nya masing-masing.  

Yang pasti, make sure saat saat siklus menstruasi (haid) kita dimulai udah prepare pembalut Softex Hello Kitty atau beli 911 First Period Kit yang berisi rangkaian produk Softex Hello Kitty dengan varian lengkap ya!

 

Baca juga artikel PAYUDARA BESAR SEBELAH, NORMAL ATAU NGGAK SIH?


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.