Login

Email
Password


Mybody

YANG BISA KITA LAKUKAN DI TIAP SIKLUS

25 Maret 2018

Sudah baca artikel CARI TAHU TENTANG SIKLUS TUBUH CEWEK? Pasti sekarang udah tahu dong apa yang terjadi dengan tubuh kita di tiap siklusnya. Melanjuti artikel tsb, ternyata selain olahraga ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

 

SAAT SIKLUS (FASE) MENSTRUASI (HAID)

3 – 7 hari

Di saat ini intuisi kita sedang berada dalam puncaknya, kita mampu menganalisa dengan lebih dalam. Dengan catatan, kita butuh environment yang nggak crowded dimana kita bisa dengan tenang memutuskan dan melakukan sesuatu hal.

Yang bisa kita lakukan saat di fase ini adalah blogging atau journaling, meditasi atau yoga untuk menenangkan pikiran, dan building ideas for our future.

 

SAAT SIKLUS (FASE) FOLLICULAR

Terjadi 7 – 10 hari setelah fase menstruasi (haid) selesai

Saat menstruasi (haid) kreativitas kita juga muncul, tapi ternyata di saat siklus follicular-lah sisi kreativitas kita memuncak. Selain itu, mood kita lebih stabil dan semangat atau energi kita sangat tinggi. Bisa dibilang kita lebih produktif pas siklus ini terjadi.

Yang bisa kita lakukan saat di fase ini adalah melakukan pekerjaan kreatif misalnya doodling, membuat art, DIY. Ikutan kegiatan baru yang menantang, mencari kegiatan di luar rutinitas kita sehari-hari, atau pun brainstorming dengan teman.

 

SAAT SIKLUS (FASE) OVULATION

3 – 4 hari

Di siklus ovulasi kita jadi lebih talkative dan semangat buat bersosialisasi atau ngobrol. Yang biasanya kita suka menghindari buat ketemuan, di siklus ini justru kitalah yang bikin rencana untuk berkumpul. Personal skills kita sangat tinggi di siklus ini. So, apapun personal skills yang kamu punya jangan ragu buat ditunjukkin.

Yang bisa kita lakukan saat di fase ini adalah publik speaking, aktif di ekskul atau club, perluas networking dengan ikutan fun dates atau hangout.

 

SAAT SIKLUS (FASE) LUTEAL

10 – 14 hari

Siklus (fase) terlama, dan juga fase di mana gejala PMS bakal kita rasain kalo hormon estrogen dan progesterone kita nggak seimbang. Di minggu awal, hormon estrogen dan progesterone kita akan meningkat yang bikin mood kita selalu good mood, energized, dan stamina kita kuat. Tapi di minggu kedua, progesterone mulai berkurang yang ngakibatin kita jadi ngalamin hal sebaliknya. Bad mood, males gerak, and lack of stamina and nutrients. Saat ini lah kita suka ‘ngidam’ pingin yang manis dan otak kita jadi attention to detail.

Yang bisa kita lakukan saat di fase ini adalah nyelesain semua deadline di awal minggu dan istirahat full, hibernasi, self-care di minggu kedua.


Foto: Pexels

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.