Login

Email
Password


Mybody

CARI TAHU TENTANG SIKLUS TUBUH CEWEK

24 Maret 2018

Mungkin kita udah tahu kalo siklus tubuh cewek itu ada 28 hari, tapi selama ini kita cuma tahu siklus menstruasi (haid) aja padahal tubuh cewek punya beberapa siklus tubuh lainnya selama 28 hari ini yang penting buat kita ketahui lho. Siklus ini pembagiannya disebut fase tubuh, apa aja itu dan apa yang sebaiknya kita lakuin ketika siklus tubuh ini terjadi, baca sampe bawah ya.

 

FASE 1: MENSTRUASI (HAID)

Yang terjadi dalam tubuh kita:

Luruhnya dinding rahim yang tidak dibuahi dan tubuh mulai mengeluarkan darah kotor. Saat inilah kita mulai menstruasi (haid) dimana perut mulai akan merasa kram atau bloated (kembung), dan kita juga ngerasa nggak mood.

Apa yang bisa kita lakukan?

Food: Di fase ini kita akan kekurangan kalsium dan zat besi. Bantu dengan mengkonsumsi daging merah, sayuran hijau seperti bayam dan perbanyak vitamin C, untuk bantu mengurangi sakit kram. Hindari kafein dan dairy product ya.

Exercise: Perbanyak olahraga ringan seperti yoga, jalan kaki, stretching atau planking 30 detik.

Sleep: perubahan hormonal bikin suhu tubuh kita naik dan sakit kram akan bikin nggak nyenyak tidur, atur suhu kamar supaya dingin dan kalo perlu taruh aromatherapy supaya rileks.

 

FASE 2: FOLLICULAR (Persiapan untuk Ovulasi)

Yang terjadi dalam tubuh kita:

Setelah hari terakhir masa menstruasi (haid), tubuh kita akan menyiapkan masa ovulasi. Hormon yang bernama folliccle-stimulating hormone (FSH) akan menstimulasi rahim untuk memproduksi telur dewasa di tube falopi. Selama proses ini terjadi, hormon estrogen akan terbentuk yang membuat lapisan rahim kita akan menebal dengan nutrisi dan darah. Nutrisi dan darah inilah yang akan membantu telur ketika masa pembuahan.

Apa efeknya ke tubuh?

Karena level estrogen kita meningkat, di fase ini kita akan merasa energetik dan happy banget. Oia, di fase ini miss v kita akan ngeluarin flek (vaginal discharge) berupa cairan putih bening dan nggak berbau, tapi ini normal kok.

Apa yang bisa kita lakukan?

Food: sama seperti fase menstruasi, tapi di fase ini kita juga harus meng-konsumsi makanan yang bisa bantu produksi hormon dan menjaga proses menuju fase ovulasi kita tetap sehat. Seperti alpukat, seeds, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan salmon.

Exercise: cardio. Jangan lupa pemanasan dulu ya karena kebanyakan di fase ini cewek cenderung bersemangat jadi sering nggak sengaja malah melukain dirinya.

Sleep: suhu badan kita sudah kembali normal dan tidur kembali lebih nyenyak.

 

FASE 3: OVULASI

Yang terjadi dalam tubuh kita:

Selama masa ovulasi, telur yang sudah menjadi dewasa tadi akan keluar dari tube falopi menuju rahim. Telur dewasa ini akan bertahan selama 12-24 jam. During this time, kalo terjadi kontak dengan sperma maka akan terjadi fertilisasi (pembuahan). SEX EDUCATION ALERT!: musti diingat ya, selama masa ovulasi ini tubuh kita sedang mengalami masa subur, 'berhubungan seksual' sekecil apa pun bisa berakibat terjadinya kehamilan. Please always responsible with our actions.

Apa efeknya ke tubuh?

Sama seperti fase Follicular, di fase ini kita merasa sangat bersemangat. Ada beberapa penelitian kalo di saat fase ini cewek cenderung jadi kreatif, sehingga banyak seniman yang menuangkan energinya ke hasil seni mereka di saat fase ini.

Apa yang bisa kita lakukan?

Food: Seimbangkan hormon estrogen kita yang turun dengan meng-konsumsi makanan kaya nutrisi seperti buah-buahan kering.  

Exercise: Light training. Walaupun olahraga bisa bikin kita mood kita naik tapi perubahan hormon akan membuat badan nggak bisa mengikuti yang kita mau, jadi pilih olahraga yang ringan dulu ya.

Sleep: Di fase ini kita akan ngerasa super ngantuk. Tapi ini wajar kok karena hormon estrogen dan progesteron kita sedang naik-turun jadi kita butuh banyak beristirahat.

 

FASE 4: LUTEAL – AKHIR DARI SIKLUS TUBUH 28 HARI

Yang terjadi dalam tubuh kita:

Setelah telur dewasa hinggap di rahim, tubuh kita akan mulai memproduksi hormon progesterone yang akan memastikan rahim terus memproduksi lapisan nutrisi dan darah di dinding rahim. Kalo nggak dibuahin sperma, kadar level hormon estrogen dan progesterone kita akan turun, lapisan dinding rahim pun akan luruh dan kita akan mulai mengalami fase menstruasi (haid) lagi.

Apa efeknya ke tubuh?

PMS (Pre-Menstrual Syndrome).  Hormon yang nggak seimbang seperti hormon progesterone yang naik  akan bikin stress level kita juga meningkat. Kita jadi lebih sensitif dan moody-an.

Apa yang bisa kita lakukan?

Food: Di saat ini kita jadi ekstra lapar karena hormon yang naik-turun, tapi jangan kebablasan ya. Kita bisa konsumsi kalori sehat dari buah alpukat, ikan, atau kacang-kacangan.

Exercise: Karena suhu tubuh kita lagi meningkat, olahraga terlalu lama justru akan berbahaya. Pilih olahraga yang singkat tapi intense, mungkin bisa coba dance?  

Sleep: Sangat super ngantuk. Di tiga hari pertama sebelum menstruasi (haid), perubahan hormon  akan ganggu jam tidur kita, usahain banyak istirahat ya supaya badan nggak capek. Dan siapin pembalut yang nyaman seperti Softex Comfort Slim 36cm. Pembalut slim yang bisa menyerap 1 detik sehingga cepat kering. Cocok dipake ketika lagi extra heavy flow dan bisa bantu cegah bocor belakang. Waktu istirahat kita jadi makin nyenyak dan bebas worry.

 


Images : shutterstock.com

Related Articles

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

Share Article To

Leave a Comment
1 comments
You must be logged in to post a comment.

Irma Herdi Diana


Very usefull info.. thanks for sharing..

Mar 03, 2018 09:09 AM