Login

Email
Password


Mybody

ABNORMALITAS YANG TERJADI PADA HAID

20 Oktober 2017

Meski datang rutin sebulan sekali, ada banyak hal yang belum kita ketahui soal haid. Kalo sebelumnya kita udah belajar soal tanda-tanda haid nggak normal, sekarang waktunya kita mempelajari abnormalitas atau penyakit-penyakit yang berhubungan dengan haid kita. Apa aja ya?

 

DYSFUNCTIONAL UTERINE BLEEDING (PERDARAHAN RAHIM DISFUNGSIONAL)

Jenis abnormalitas ini terjadi akibat perubahan hormonal dan paling sering terjadi pada awal dan akhir masa reproduktif (20% kasus terjadi pada remaja, 50% terjadi pada wanita di atas 45 tahun). DUB  disebabkan oleh kelainan hormon yang pada akhirnya mempengaruhi pengendalian sistem reproduksi oleh hipotalamus dan kelenjar ipofisa. Nah biasanya kadar estrogen pada rahim akan tetap namun terjadi penebalan lapisan rahim, yang dilepaskan secara tidak lengkap dan tidak teratur, hingga akhirnya menyebabkan perdarahan. Gejala awal yang harus kita waspadai adalah terjadinya perdarahan tidak teratur yang berlangsung lama dan sangat banyak.

AMENORRHEA (TIDAK HAID)

Sebenarnya kondisi kayak gini normal dihadapi kalo terjadi sebelum pubertas, setelah menopause, dan selama masa kehamilan. Tapi apabila terjadi di rentang usia remaja yang sebelumnya sudah mengalami haid, kita wajib mengonsultasikannya pada dokter. Amenorrhea ini terbagi menjadi dua, primer dan sekunder. Disebut amenorrhea primer apabila setelah mencapai usia 16 tahun kita belum mengalami haid sama sekali, dan untuk mengetahui penyababnya perlu dilakukan konsultasi dengan dokter. Sementara amenorrhea sekunder merupakan kondisi di mana setelah mengalami periode yang teratur haid kita tiba-tiba terhenti selama lebih dari 3 bulan. Hal ini bisa disebabkan oleh stres, penurunan berat badan yang signifikan, atau kadar estrogen yang nggak normal.

DYSMENORRHEA (NYERI HAID)

Kram pada masa haid yang terjadi sekali dua kali bisa dikatakan normal apabila tidak mengganggu aktivitas kita. Namun jika nyeri yang dirasakan hebat dan menghambat aktivitas, bisa jadi kita mengalami dysmenorrhea. Kram pada periode haid disebabkan oleh hormone prostaglandin yang dihasilkan oleh lapisan uterus untuk memicu kontraksi rahim, yang sekaligus juga dapat meningkatkan kontraksi pada usus dan memicu diare.

POLYMENORRHEA (HAID BERULANG)

Gangguan ini terjadi apabila dalam satu bulan haid yang muncul bisa sampai dua kali, yang ditandai dengan haid datang kurang dari 20 hari. Ini terjadi karena tidak seimbangnya hormone estrogen dan progesterone. Biasanya kondisi ini ditemukan pada usia muda yang baru mengalami haid dan belum berovulasi secara sempurna, juga wanita dewasa yang akan mengalami menopause.

OLIGOMENORE (INTERVAL HAID LAMA)

Umumnya masa haid terjadi selang 25-30 hari, apabila tidak terjadi kehamilan, masa menyusui atau kelainan penyakit tumor atau anorexia nervosa. Sedangkan pada kondisi Oligomenore, haid terjadi dengan interval 35 hari atau lebih di antara dua periode haid. Penyebab yang umum terjadi adalah masalah emosional, diet ketat, obesitas dan gangguan hormononal.

PREMENSTRUAL DYSPHONIC DISORDER (PMDD)

PMS adalah sindrom yang paling familiar dan sering kita dengar, dan hampir sering kita rasakan tiap bulannya sebelum haid datang. PMS adalah sindrom normal dengan gelaja kayak kram, sakit kepala ringan, bloating dan mood swings. PMS akan jadi nggak normal kalo kita mengalami hal seperti ini yang disebut PMDD:  kram parah sampe nggak bisa jalan atau menggerakkan tubuh bagian perut ke bawah, heavy bleeding di luar rata-rata yaitu haid lebih dari 7 hari atau harus ganti pembalut kurang dari 2 jam per hari, huge clots (gumpalan darah), marah sedih berlebihan sampe depresi.

Kalo kita merasakan gejala-gejala seperti yang dipaparkan di atas, nggak perlu langsung panik dan ketakutan dulu. Kita bisa ceritain masalah ini ke Mama, Tante atau Kakak cewek kita. Berkonsultasi ke dokter juga adalah solusi terbaik, jadi kita tau langkah medis apa yang harus dilakukan. Yang pasti, supaya kondisi haid kita juga terjaga dan nyaman tanpa rasa khawatir, pastiin kita selalu sedia pembalut remaja seperti Softex Hello Kitty Comfort Slim 42 cm. Pembalut slim yang punya kemampuan menyerap cairan dalam 1 detik, jadi cepat kering. Selain itu pembalut remaja Softex Hello Kitty Comfort Slim 42 cm punya proteksi segala arah seperti wide backguard yang bantu cegah bocor belakang, pas buat semua posisi tidur apalagi ketika lagi banyak-banyaknya!


Foto: berbagai sumber

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.