Login

Email
Password


Mybody

YUK PEDULI SAMA KESEHATAN PAYUDARA KITA

17 Oktober 2017

Salah satu kebanggaan dan keistimewaan jadi cewek adalah kita diberkahi dengan organ payudara, yang nggak hanya berfungsi sebagai penunjang keindahan aja, tetapi kelak juga menjadi sumber makanan dengan keluarnya ASI buat anak-anak kita di masa depan. Sayangnya, kesadaran kita akan payudara belum terpupuk, bukan hanya karena nggak banyak pelajaran soal payudara diberikan di sekolah, tetapi kita sendiri juga malu buat ngomongin hal ini.

Padahal, sebagai sebuah kebanggaan, ngobrolin payudara nggak seharusnya bikin kita malu. Apalagi ada hari khusus yang dirayain setiap tahunnya secara internasional untuk kesehatan payudara cewek lho, yaitu setiap tanggal 15 Oktober. Penting banget buat selalu menjaga kesehatan payudara, mengingat setiap cewek memiliki resiko terserang penyakit payudara, salah satu yang paling mematikan adalah kanker payudara, yang merupakan pembunuh nomor dua bagi wanita setelah kanker serviks yang ada di peringkat pertama.

Yang harus kita ketahui juga adalah bentuk payudara remaja itu berbeda dengan payudara dewasa. Pada remaja kayak kita, posisi dada akan lebih tinggi, celah di antara kedua payudara lebih sempit, jarak antara dada bagian bawah dan sisi atas lebih pendek, payudara juga tampak lebih condong keluar dan tidak terpusat seperti orang dewasa.

Seiring bertambahnya usia, berubah pula bentuk payudara kita, ini dikarenakan perubahan kadar hormon yang terjadi dalam tubuh kita. Di usia remaja payudara kita sedang dalam masa pertumbuhan, makanya bentuknya belum mencapai ukuran yang maksimal. Di masa ini awal umur 12-13 tahun, sangat disarankan buat remaja cewek make miniset atau training bra. Di usia 15-18 tahun adalah masa-masa penyesuain kita dengan payudara, baru di usia 20an payudara berada dalam kondisi terbaiknya, karena kelenjar lemak, susu dan kolagen yang merupakan jaringan pembentuk payudara, juga jaringan ligament Cooper yang berfungsi sebagai penopang payudara, sedang dalam komposisi terbaiknya.

Nah makanya mumpung masih remaja, kita harus mulai membiasakan diri dengan cara-cara menjaga kesehatan payudara. Nggak sulit kok untuk melakukannya, kita cukup melakukan hal-hal kayak gini:

  1. Menggunakan bra yang sesuai. Sama seperti sepatu, pake bra yang nggak sesuai dengan ukuran payudara kita nggak cuma bikin risih, tapi juga bisa berpengaruh sama kesehatan lho. Nggak sulit kok untuk mencari tau ukuran bra yang pas dengan kita, bisa coba ikutin tips di artikel SERBA SERBI BRA
  2. Payudara juga butuh istirahat SEbaiknya kita nggak pake bra pas tidur, agar aliran darah ke payudara menjadi lancar dan payudara dapat lebih bernapas dengan bebas.
  3. Hati-hati terhadap benturan. Terbentur tanpa sengaja atau karena melakukan olahraga dan gerakan ekstrim (bela diri misalnya) dapat menyebabkan penggumpalan darah bahkan dipercaya dapat menumbuhkan sel-sel abnormal di dalam payudara. Itulah mengapa kita harus selalu menjaga payudara dari benturan benda keras.
  4. Konsumsi makanan sehat. Menghindari garam, minyak berlebih, kolesterol, penyedap buatan dan makanan siap saji serta minuman kemasan bisa menjadi salah satu cara kita untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah resiko penyakit payudara.
  5. Jaga berat badan ideal. Obesitas bisa menjadi pemicu munculnya kanker payudara hingga dua kali lipat pada wanita.
  6. Olahraga. Nggak hanya membakar lemak, olahraga yang tepat juga bisa menjaga kekencangan payudara kita.

 

LAKUKAN SADARI (PERIKSA PAYUDARA SENDIRI)

Mengecek payudara kita secara rutin penting banget untuk dilakui, gunanya nggak lain untuk mendeteksi di dalam payudara terdapat benjolan yang beresiko tumor atau kanker. Nggak banyak yang tau kalo hamper 90% tumor yang ada di dalam payudara kita bisa dideteksi dengan sadari, tapi nggak banyak yang ngelakuin karena blm tau caranya dan nggak ngerti kegunaanya. Ada beberapa cara SADARI yang bisa kita coba (ke semuanya dilakukan tanpa mengenakan pakaian bagian atas ya):

Di depan cermin

Saat mandi

Kondisi tubuh yang licin karena sabun memudahkan kita untuk meraba kondisi payudara untuk memastikan keberadaan benjolan. Angkat tangan kiri dan periksalah bagian ketiak hingga menyeluruh pada payudara kiri, tekan dengan perlahan bagian demi bagian. Lakukan juga pada payudara kanan.

Sambil berbaring

 

Nggak perlu langsung panik kalo menemukan benjolan di ketiak atau payudara kita, karena bisa aja itu hanya kelenjar biasa. Segera infoin ke Mama atau kakak cewek kita, supaya kita tau langkah selanjutnya yang bisa dilakuin. Yang jelas, saat kita menemukan hal-hal kayak di bawah ini, penting banget buat waspada dengan konsultasi ke dokter secepatnya:


Foto: berbagai sumber

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.