Login

Email
Password


Mybody

ARTI FLOW & WARNA DARAH HAID KITA

23 Agustus 2017

Umumnya kita nggak terlalu aware sama warna darah haid setiap kali kita datang bulan. Yang kita sadar biasanya sesimpel banyak atau nggak. That’s it. Padahal, beda warna darah haid itu ngasih tau indikasi perubahan yang terjadi di dalam kita lho Happy Females. Sebenernya ada lima warna darah haid yang dialami oleh perempuan. Apa aja ya?

 

COKLAT GELAP

Warna coklat gelap kemerahan atau biasa kita sebut flek adalah menandakan darah sudah tersimpan lama dalam rahim, dan menjadikan pertanda akan datangnya haid. Atau bisa juga di akhir haid yang berarti haid kita sudah mau selesai.

 

MERAH

Merupakan warna yang normal karena telah terjadi peluruhan rahim yang cepat, sehingga keluar melalui vagina secara deras. Saat darah haid berwarna seperti ini, biasanya aliran darah terjadi cenderung ringan dan teratur.

 

MERAH CRANBERI

Warna ini biasanya muncul pada dua - tiga hari pertama haid datang dan masih terhitung sehat dan normal apabila flow yang keluar stabil. Saat kayak gini nih biasanya mood kita naik turun dan suka craving sama makanan.

 

HITAM ATAU ABU-ABU

Kalo flow kita normal, warna pekat gini biasanya kita alamin di akhir masa haid. Tapi kalo flow kita nggak normal dan warna haidnya pekat, bisa jadi ada infeksi di dalam rahim yang msuti kita waspadai. Atau hal ini juga berarti adanya darah yang lebih tua dan sudah lebih lama tersimpan dalam rahim. Cewek dengan siklus haid yang nggak teratur cenderung ngalamin haid dengan warna pekat seperti ini. Makanya penting banget buat ngecek periode haid kita per-bulan.

 

ORANGE-ISH

Kalo warna darah haid kita bukan hitam kecoklatan atau pun pekat tapi berwarna kayak orange dan disertai kondisi badan yang nggak enak, misalnya sakit kram terus-terusan lalu pusing, bisa jadi terdapat infeksi atau darah yang tercampur cairan dari serviks. Kalo ini terus terjadi, harus segera konsultasikan ke dokter ya.

 

Nggak cuma warna aja yang berbeda, tektur darah pun ternyata berbeda-beda dan punya arti yang berlainan. Kondisi darah haid dan tekstur yang berbeda ini bisa pula nandain adanya ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesterone, dan bisa terjadi karena:

 

Nah, kalo kita pernah ngalamin darah haid kita keluar dengan bentuk menggumpal, artinya pendarahan yang terjadi cenderung berat. Normalnya, tubuh bakalan memproduksi antikoagulasi agar pendarahan yang terjadi dapat menggumpal dan berhenti. Namun saat haid terjadi, proses ini tidak dapat dilakukan oleh tubuh, sehingga darah keluar dalam bentuk gumpalan berwarna gelap. Kalo hanya terjadi sesekali masih bisa dikatakan normal, namun apabila terjadi secara terus-menerus, sebaiknya kita harus konsultasikan ke dokter ya.

Tapi, kalo darah haid yang keluar berbentuk licin menyerupai jelly, berarti darah kotor tersebut telah bercampur dengan lender dan serviks pada vagina. Sedangkan jenis darah yang tipis dan cair, artinya proses kerja antikoagulasi telah berfungsi secara normal, sehingga darah haid yang dihasilkan pun cenderung berwarna merah terang.

Wah, ternyata beda warna, bentuk dan tekstur darah haid kita punya arti tersendiri ya Happy Females. Nggak perlu panik atau ketakutan apabila darah haid kita memiliki indikasi tertentu. Selama tidak terjadi secara berkepanjangan, sebenernya masih bisa dibilang normal, karena usia kita juga masih remaja dan masih dalam masa penyesuaian. Namun jangan ragu juga buat mengkonsultasikan ke dokter, karena mencegah kan lebih baik daripada mengobati.


Foto: Doc. Happifyourworld

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.