Login

Email
Password


Mybody

5 HOBBIES TO REDUCES ANXIETY ATTACK

28 Juni 2017

Rasa gelisah bisa dateng kapan aja dan dialami sama siapa aja. None of us are immune to it, tapi untungnya ada banyak cara yang bisa kita lakuin supaya rasa gelisah atau anxiety kita berkurang sedikit demi sedikit. Yuk cobain beberapa hobi di bawah ini.

 

WRITE IT OR DRAW IT

Setiap kali kita ngerasa gelisah, cemas, sampe nggak bisa berpikir, ambil secarik kertas dan tuangin semua yang kita rasain lewat gambar atau tulisan. Atau kita juga bisa ngetik alias bikin blog tentang apa yang kita alamin di hari itu. Menurut GoodTherapy, menulis atau pun menggambar ampuh mengurangi rasa cemas berlebihan karena fokus kita akan teralih, dengan gitu otomatis kita pun akan merasa tenang. Selain menulis atau menggambar, hal simple seperti doodling atau mewarnai juga bagus lho mengurasi rasa gelisah. Coba deh bawa buku notes kecil atau buku coloring book kemana-mana, kalo rasa gelisah kita mulai datang langsung deh keluarin bukunya.

 

NONTON SERIAL TV ATAU FILM

Banyak yang bilang kebanyakan nonton TV bisa bikin kita jadi "couch potato" alias nggak sehat, tapi Vanessa Hills, Australian Science Educator melalui Daily Telegraph justru bilang sebaliknya. Menonton TV bisa bantu psikologis kita sehingga bisa mengurangi stress, panik dan rasa gelisah. Hal ini ada alasannya, kita semua suka sama cerita fiksi dan imajinatif, makanya secara nggak sadar perasaan kita terbawa sama film yang kita tonton. Semakin ceritanya related sama kehidupan kita, semakin bagus. And did you know selain nonton bisa ngurangin rasa gelisah, nonton komedi atau horror bisa bantu ngurangin kalori  sampe 120 kalori lho!

Our recommended TV series: FRIENDS

 

OLAHRAGA

Banyak yang berpikir kalo olahraga malah bikin badan tambah capek dan nggak ngilangin anxiety di dalam diri kita. But it’s totally wrong, karena justru dengan olahraga, tubuh dan pikiran kita yang terbeban rasa gelisah akan berkurang. Masih belum percaya? Its scientifically proven lho. Jadi dengan berolahraga otak kita akan memproduksi endorphin, zat kimia yang punya efek sebagai pain killer dan pemicu rasa tenang, senang atau bahagia. Zat ini juga bantu kita buat tidur nyenyak. Nah makanya kalo kita tiba-tiba terserang rasa gelisah atau panik, coba deh berolahraga sedikit. Dan nggak perlu deh set goals yang muluk-muluk, setting goals malah bikin kita semakin kepikiran. Just enjoy our little sporty time, walaupun itu cuma lari-lari kecil di dalam kamar.

 

MAIN ALAT MUSIK OR KARAOKE

Musik bisa jadi salah satu cara buat ningkatin mood kita, dan salah satu cara buat ngilangin anxiety adalah dengan main alat musik. Sebuah penelitian yang ada di jurnal US National Library of Medicine  nyebutin kalo dengan belajar memainkan alat musik, misalnya piano, bisa ngurangin rasa cemas dan depresi di dalam tubuh, ningkatin mood, dan ningkatin sisi psikologi seseorang. Tapi, gimana kalo nggak tertarik main alat musik? Nyanyi aja! Ada alasan kenapa orang Jepang hobi banget ke karaoke lho. Karena dengan nyanyi keras-keras (walaupun nggak hapal liriknya), terbukti bisa ngurangin rasa gelisah kita. Coba aja nyanyi keras-keras di dalam kamar, tapi pastiin nggak ada orang di rumah ya, yang ada nanti kita malah diomelin.

 

SELF-IMPROVEMENT CLASSES

Apa hobi yang kita suka? Memasak? Scrapbook or artsy stuff? Fotografi? Let’s take a class, then! Selain bisa nambah skill, kita juga bisa sekalian bersosialisasi dengan teman-teman yang punya minat sama. Apalagi kalo orang-orang yang kita temui adalah orang-orang baru di luar rutinitas kita sehari-hari. Ngeliat lingkungan baru bikin perasaan kita lebih fresh dan mengurangi rasa gelisah. Coba ambil waktu pas weekend, pulang sekolah atau libur. Cek workshop sehari bareng coach dari account Instagram favorit. The particular hobby will help us minimize the hold anxiety in our life.


Foto: Shutterstock & berbagai sumber

Related Articles

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

HYBRID FOOD

01 Mei 2016

Setelah cronut, ramen burger, apalagi jenis hybrid food terbaru yang must try?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.