Login

Email
Password


Mybody

FUNFACTS RAMBUT

27 April 2017

Rambut adalah salah satu bagian tubuh kita yang paling unik. Mau apapun warna dan tipe rambut kita, fakta-fakta seru di bawah ini akan bikin kita semakin mengenal kepribadian rambut kita.

 

1. Rambut kita terbuat dari Keratin, protein yang juga bisa ditemukan pada bagian luar kulit kita dan kuku. Keratin juga terdapat pada tanduk, bulu, cakar binatang. Dan 1 helai rambut mengandung 12 elemen yang termasuk di dalamnya adalah emas.

2. Rambut kita bisa tumbuh di bagian tubuh manapun, terkecuali telapak tangan, telapak kaki, dan bibir.

3. Pernah kaget ngeliat banyak banget rambut rontok pas mandi? Itu wajar kok, normalnya rambut kita akan rontok sekitar 40 - 100 helai per hari. Dan nggak perlu juga takut botak, karena setiap orang punya 100 ribu - 150 ribu helai rambut!

4. Rambut itu sangat elastis. Dalam keadaan basah rambut kita bisa memanjang hingga 30% dari panjang sebenarnya. Makanya agak tricky kalo kita memotong rambut pada saat basah, karena pada saat rambut kering panjangnya akan terlihat lebih pendek.

5. Warna rambut. Rambut warna hitam adalah warna yang paling umum di antara semua warna rambut. Sedangkan warna merah (orange red) adalah yang paling jarang, cuma sekitar 1 persen dan warna pirang sekitar 2 persen.

6. Memotong rambut nggak berefek pada pertumbuhan rambut atau bikin rambut kita panjang. Tapi memotong rambut kita secara rutin (trim) akan membuat rambut lebih sehat karena biasanya ujung rambut cepat patah atau bercabang yang kalo dibiarkan akan merambat sampe batang rambut.

7. Selama PMS dan haid kita akan ngalamin rambut rontok serta berminyak lebih dari biasanya, ini karena disebabin perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Di saat haid inilah kita harus perbanyak makanan yang mengandung protein, kalsium dan zinc.

8. Memijat kulit kepala diyakini bisa membantu pertumbuhan rambut, tapi hati-hati ya, pijatan yang keras justru akan membuat kulit kepala kita terluka. So, pastiin pada saat kita melakukan perawatan rambut janga terlalu dipijat dengan kuat. Hal ini berlaku juga untuk mencuci rambut dengan kuku.

9. Menurut MadisonReed, helai rambut kita sangat tajam dan lebih kuat dibanding kawat tembaga dengan ukuran diamater yang sama.

10. Walaupun terus menerus tumbuh tapi rambut juga punya umur yaitu sekitar 5 tahun. Dan 90 persen rambut kita akan tumbuh dalam waktu tertentu, sementara 10 persennya akan 'beristirahat'.

11. 1 helai rambut bisa menjelaskan informasi tentang diri kita, dari DNA sampe mineral dan obat-obatan yang kita konsumsi, terkecuali gender.

12. Uban atau grey hair sebenarnya bisa terjadi kapan pun dan nggak melihat usia. Penyebabnya bisa beragam, dari keturunan, ras, stress atau kelelahan, sampe merokok (aktif atau pasif).  Mitos tentang mencabut rambut uban akan bikin tambah banyak itu nggak benar, karena apa yang terjadi di satu folikel rambut nggak akan berpengaruh ke folikel rambut lainnya. Hanya aja disarankan kalo kita ada uban lebih baik jangan dicabut paksa, karena itu hanya akan merusak folikel rambut dan membuatnya iritasi bahkan bisa menghentikan produksi rambut di area tersebut.


Foto: berbagai sumber

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

03 Februari 2016

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.