Login

Email
Password


Mybody

CARI TAHU PERIODE HAID KITA

30 Maret 2017

Di usia remaja kayak kita sekarang gini, haid udah jadi tamu yang rutin muncul tiap bulannya. Tapi perhatiin deh, kenapa periode haid kita dan temen kok nggak sama ya? Ada yang sebentar, tapi ada yang lama banget. Kadang malah ada juga yang belum tentu datengnya sebulan sekali. Kenapa bisa begitu ya?

 

Buat yang belum tau, siklus haid adalah merupakan peluruhan dinding rahim yang terdiri dari darah dan jaringan tubuh, dan dialami seluruh perempuan yang berada dalam usia produktif. Jadi, haid ini adalah merupakan proses pembersihan rahim terhadap pembuluh darah, kelenjar-kelenjar yang tidak terpakai karena tidak adanya pembuahan. Umumnya, haid akan terjadi pada cewek di usia 12-13 tahum, tapi sebagian lagi mengalaminya di usia lebih awal, bahkan ada juga yang lebih lambat, bergantung dari kondisi fisik dari seseorang.

Normalnya nih, siklus haid terjadi setiap 21-35 hari sekali, dengan durasi berkisar 3-7 hari, dan jumlah darah haid normal yang dikeluarkan adalah berkisar 30-40 ml. Dan tau nggak, kalo para ahli memperkirakan bahwa rata-rata perempuan akan mengalami 500 kali haid dalam hidupnya! Wow, banyak banget nih girls!

Nah, kalo biasanya kita wondering kenapa periode haid kita bisa beda sama kakak, mama, atau temen-temen kita yang lain, itu disebabkan adanya perbedaan dalam panjang dan pendeknya pra ovulasi setiap orang. Yang disebut pra ovulasi di sini adalah dari masa haid pertama sampe dengan saat ovulasi, yang terjadi sekitar 2 minggu, dan bisa berubah-ubah setiap bulannya. Sementara tahapan pasca ovulasi yang terhitung dari hari ovulasi sampe dengan haid berikutnya, tetap sama, yaitu rata-rata 14 hari.

FASE SIKLUS HAID
Sebagai cewek, penting juga buat kita tau panjang siklus haid normal kita, yaitu adalah 28 hari atau 1 bulan, yang meliputi tahapan sebagai berikut:

Karena haid ini sebenernya adalah proses untuk terjadinya kehamilan, makanya sebagai cewek kita juga udah harus hati-hati banget menjaga diri, termasuk dalam berhubungan sama cowok atau pacar, supaya terjaga dari hal-hal yang nggak diinginkan.

Siklus haid ini juga ada pasang surutnya girls, dan nggak selamanya berjalan normal. Beberapa gangguan terjadi pada siklus hadi dikarena banyak faktor, mulai dari stres, sakit, banyak pikiran, sampe pengaruh makanan dan minuman yang kita konsumsi. Makanya perlu banget buat kita untuk selalu ngejaga kondisi tubuh kita dengan pola hidup yang sehat.

Yang terpenting, selalu sedia pembalut yang membuat kita nyaman dalam beraktivitas. Cobain Softex Light Airy 3in1, ada 3 tipe ukuran yang pas untuk 1 siklus haid sehingga bisa ngedukung semua aktivitas kita setiap hari. Nggak takut lagi untuk bebas bergerak!


Foto: Berbagai sumber

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.