Login

Email
Password


Mybody

11 HAL YANG KITA TEMUIN PAS PUBER

30 Maret 2017

Banyak yang bilang pubertas hit us hard. Tapi sekeras apa itu, tentunya beda-beda di tiap orang. Tanpa kita sadarin, banyak banget yang berubah dari masa dan periode pubertas kita. Makanya penting buat kita nyari tau, apa aja yang berubah dari diri kita saat berada dalam fase pubertas ini.

 

TUBUH KITA BERUBAH
Yup, yang paling keliatan dari proses pubertas ini adalah berubah drastisnya bentuk tubuh kita. Dari yang tadinya nggak ada bedanya sama cowok, anatomi fisik cewek mulai punya payudara, yang kadang mengharuskan cewek buat pake miniset di awal-awal. Pada cowok, perubahan fisik terjadi di pita suara yang pecah dan juga tumbuhnya jakun. Kadang pada cowok malah bisa aja tiba-tiba tinggi badannya jadi bertambah drastis. Pokoknya perubahan fisik ini yang paling keliatan dari periode pubertas di diri remaja.

 

MOOD KITA TURUN NAIK

Pernah sadar nggak, kita tiba-tiba bisa aja seneng banget, tapi sedetik kemudian jadi sedih dan nggak pengen keluar kamar dan ketemu sama orang. Mood ini yang akhirnya ngontrol perilaku kita dan bisa bikin kita berubah sikap sewaktu-waktu. Turun naiknya mood ini juga diakibatkan oleh perubahan hormon yang lagi gencar-gencarnya terjadi di dalam tubuh kita.

 

HAID BIKIN KITA PUSING 7 KELILING
Pada cewek, datangnya haid adalah penanda menuju kedewasaan. Nah karena prosesnya yang menurut kita super baru dalam tahapan pubertas, nggak jarang bikin kita jadi pusing tujuh keliling, dan ngerasa serba salah mau ngapa-ngapain. Belum lagi rasa sakit dan nyeri yang kadang juga nyertain saat haid dateng. Sebenernya ini lebih ke proses pembiasaan sih girls, karena makin lama kita akan makin biasa sama kehadiran si haid ini. Makanya penting banget buat punya temen pembalut yang pas dan sesuai buat nemenin hari-hari kita, kayak Softex Hello Kitty yang punya banyak varian dan bisa disesuaiin sama kebutuhan kita.

 

MULAI MERHATIIN PENAMPILAN
Pas kita masih anak-anak, baju model apapun yang dibeli Mama kayaknya cuek aja tuh dipake. Tapi pas pubertas, kayaknya tiap hari penampilan kita harus oke from top to toe. Kita mulai dandan, merhatiin perawatan kulit, jerawat bisa banget bikin panik, dan trend fashion paling baru harus banget kita tau. Nggak mau banget deh ketinggalan update dari temen-temen yang lain.

 

KITA JADI LEBIH MENTINGIN TEMEN
Temen jadi segalanya buat kita di fase pubertas ini. Apapun yang dibilang temen, biasanya akan jadi yang utama buat kita. Ini dikarenakan kita pengen banget diakui dalam grup pertemanan kita. Makanya bahaya banget kalo kita temenan sama orang-orang yang nggak baik dan ngejerumusin kita ke hal-hal yang buruk.

 

ORTU BIKIN KITA KESEL
Karena kita dalam masa peralihan, nggak heran kadang ortu jadi super protektif sama kita. Niatnya sih baik dan buat kebaikan kita juga. Tapi yang sering kejadian adalah kita malah jadi super sebel karena ortu nggak berhenti nanya ini itu ke kita. Belum lagi kalo kita nggak boleh ngelakuin ini itu yang bikin kita jadi ngerasa terkekang. Duh!

 

SUKA LAWAN JENIS
Kehadiran cowok jadi signifikan banget buat kita. Yang tadinya cuek aja, sekarang kita bisa jadi salting sendiri kalo ada cowok yang ngeliatin kita. Kita jadi sering merhatiin penampilan supaya terus keliatan oke di depan cowok yang kita suka. Perhatian lawan jenis di masa pubertas jadi concern kita banget, dan ini sedikit banyak juga karena inner circle pertemanan kita juga ngelakuin, merhatiin dan ngomongin hal yang sama.

 

NYARI TRIK BUAT NARIK PERHATIAN COWOK
Mulai rajin ngelirik cowok bikin kita nyari cara buat dilirik balik. Dari mulai merhatiin cara berbusana kita, teknik makeup, belajar cara flirting, ngebaca kode cowok, sampe rajin baca trik pdkt dari majalah.

 

BINGUNG MIKIRIN MASA DEPAN
Pubertas bikin kita mikirin apa yang bakalan kita lakuin di masa depan, karena seiring bertambahnya usia, kita juga udah mulai dilatih buat bertanggungjawab sama hidup kita sendiri. Mulai dari mau masuk sekolah mana, jurusan apa, eksul apa, sampe les atau workshop apa yang bisa menunjang passion dan cita-cita kita.

 

SERING NGURUNG DIRI DI KAMAR
Mood yang turun naik dan kita yang nggak pengen punya privasi dari ortu bikin kita lebih rajin ngurung diri di kamar dan ngabisin waktu sendiri. Ini juga yang kadang bikin ortu khawatir, makanya akan jauh lebih baik kalo kita juga luangin waktu bareng sama orang rumah, kayak nonton TV bareng atau makan malem tanpa disertai gadgat di atas meja makan. Setuju?

 

GAMPANG KIKUK DAN SERBA SALAH
Ini lebih karena kita ngerasa belum paham gimana cara ngatasin suatu persoalan atau masalah baru yang ada di hadapan kita. Nggak jarang beberapa situasi beneran baru pertama kalinya kita hadapin, kayak misalnya suka sama cowok, ditembak cowok atau saat Mama marahin karena kita ketauan ngebohong dan janjian jalan sama temen ke mal. Jadi kita kayak butuh waktu buat mencerna, apa yang harusnya kita lakuin buat mengatasi hal tersebut.

 

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.