Login

Email
Password


Mybody

TIPS BEBAS GERAK PAS HAID

05 Februari 2018

Inget-inget deh, pas kita lagi haid pasti rasanya maleesss banget buat ngapa-ngapain, termasuk bergerak aktif kayak olahraga ataupun ikutan ekskul paskibra. Bawaannya pasti kita khawatir dan takut tembus, belum lagi rasa sakit dan nyeri yang kita rasain di perut dan pinggul kita. Ada nggak sih cara kita tetep bebas bergerak aktif pada saat masa haid?

 

PAKAI CELANA DALAM YANG TIDAK LONGGAR

Celana dalam yang longgar bakal bikin pembalut kita bergeser-geser, jadi nyebabin kebocoran ke pakaian. Makanya pakai celana dalam yang nyaman dan pas (body fit) tapi jangan terlalu ketat juga supaya masih ada sirkulasi udara di area kewanitaan kita. Pilih celana dalam yang punya bahan lebih tebal yang bisa menyerap darah haid untuk antisipasi in case darah haid kita bocor ke celana. seenggaknya dengan gini kita bakal ngerasa lebih tenang karena celana dalam kita ngelindungi pembalut supaya nggak bergeser dan bocor.

BILA PERLU, PAKAI CELANA DALAM KHUSUS PERIODE HAID

Kalo darah haid kita banyak dan sering bermasalah dengan yang namanya bocor, mungkin bisa pilih pakai period panty (celana dalam khusus haid). Period panty ini didesain khusus karena punya tiga lapisan di bagian daerah kewanitaan yang fungsinya menyerap, lapisan anti bocor, dan laposan bahan katun. Walaupun lebih tebal dari panty yang biasanya tapi lapisan katun ini bikin udara tetap mengalir nyaman dan kita bisa bebas gerak karena bahannya fleksibel.

GUNAKAN SPANDEX UNTUK DALEMAN

Cara lain yang bisa bikin kita nggak perlu ragu buat bergerak aktif dan bebas adalah pakai celana spandex sebagai pelapis sebelum pakai celana panjang atau rok. Spandex nggak cuma jadi  penahan celana dalam kita untuk nggak berpindah ke sana ke mari pada saat kita aktif bergerak, tapi juga penahan darah haid apabila terjadi kebocoran.

PILIH PEMBALUT YANG TEPAT

Kunci masa haid yang aman dan nyaman adalah pakai pembalut yang tepat. Terutama di dua sampai tiga hari pertama dimana produksi darah haid kita lagi banyak-banyaknya. PIlih pembalut bersayap yang panjang dan punya wide backguard (area lebar di bagian belakang) untuk mencegah bocor belakang maupun samping. Ketebalan pembalut juga berpengaruh lho. Tapi jangan terlalu tebal juga, yang ada malah bikin kita risih. Pilih pembalut yang punya ketebalan tipis dengan daya serap tinggi, seperti Softex Comfort Slim 42cm atau kalau mau lebih praktis pakai Softex Light Airy 3in1 yang punya 3 ukuran pembalut dalam satu kemasan, sehingga pas untuk satu siklus haid.

BAWA PEMBALUT DAN PANTY CADANGAN

Yang nggak kalah penting juga, bawa cadangan pembalut dan celana dalam kemanapun kita pergi. Selain buat jaga-jaga kalo kita ngalamin kebocoran, juga untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan kita. Menurut theperiodblog dan medicine.net, selama haid penting untuk mengganti pembalut 3-4 jam sekali (apabila sangat desar 2-3 jam sekali) untuk menghindari bakteri jahat, jamur dan bau sekitar vagina dan area kewanitaan kita.

GUNAKAN PAKAIAN BERWARNA GELAP

Walaupun udah siaga satu dengan pembalut, celana dalam dan lainnya tapi rasa kuatir pasti masih ada. Nggak apa-apa, itu wajar kok. Selama hari lagi banyak-banyaknya, better pakai baju warna gelap. Tapi kalo nggak punya warna gelap, kita bisa padu padanin oversized outer or t-shirt panjang yang bisa nutupin bagian belakang. Atau mau keliatan lebih stylish lagi? Lilitin flanel atau kemeja kita di bagian pinggul seperti foto sebelah kanan. Jadi keliatan keren dan orang-orang nggak akan nyadar kalo kita lagi nutupin bagian belakang hehe...

CEK KE KAMAR MANDI SETIAP 2-3 JAM SEKALI

Last but not least, selalu cek kondisi pembalut dan celana dalam kita di kamar mandi. Misalnya aja nih kita mau olahraga di luar, walaupun pas di rumah udah ganti tapi sebaiknya cek dan ganti pembalut dengan yang lebih baru. Ini bukan berarti boros, tapi karena selama tubuh kita bergerak aktif darah yang diproduksi atau dikeluarkan akan semakin banyak dibandingkan saat kita diam. Makanya untuk antisipasi apalagi kalo kita berencana berolahraga agak lama, better ganti pembalut dengan yang baru.

 


Foto: Berbagai sumber

Related Articles

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

HYBRID FOOD

01 Mei 2016

Setelah cronut, ramen burger, apalagi jenis hybrid food terbaru yang must try?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.