Login

Email
Password


Mybody

KEPUTIHAN ITU APA SIH?

17 Mei 2018

Semua cewek akan ngalamin yang namanya keputihan. Keputihan atau Fluor Albus atau vaginal discharge adalah kondisi alami yang berfungsi untuk membersihkan dan melindungi Miss V kita dari iritasi dan infeksi.

Ketika cewek ngalamin keputihan, kita akan mengeluarkan lendir dari Miss V. Lendir yang diproduksi kelenjar dalam Miss V dan serviks atau leher rahim ini akan keluar sambil membawa sel-sel mati dan bakteri sehingga menjaga Miss V tetap bersih.

 

SEPERTI APA SIH CIRI-CIRI KEPUTIHAN ITU?

Hal ini tergantung siklus si cewek. Volume (jumlah), warna, dan kekentalan lendir keputihan itu tergantung pada kondisi siklus tubuh si cewek. Misalnya aja nih, jumlah lendir keputihan bakal lebih banyak keluar ketika kita mau menstruasi (haid), masa subuh, atau menyusui.

Keputihan yang normal biasanya berwarna bening keputihan, nggak bikin gatal atau perih, dan nggak berbau.

Berbeda dengan keputihan tidak normal yang punya gejala sebaliknya, dan keputihan tidak normal terkadang bisa mengindikasikan adanya penyakit tertentu. Menurut AloDokter, keputihan yang nggak normal jarang dialamin sama remaja yang belum ngelewatin masa pubertas dan wanita yang telah menopause. Karena itu ada kalo kita ngalamin keputihan yang berbeda dari ciri-ciri keputihan normal, baiknya langsung dicek  ke dokter.

 

APA AJA CIRI KEPUTIHAN YANG NGGAK NORMAL?

Biasanya keputihan nggak normal disebabin karena infeksi, jamur, atau pertanda adanya penyakit tertentu. Makanya keputihan atau menstruasi (haid) terkadang bisa disebut alarm tubuh untuk ngasih tahu kondisi bagian dalam tubuh kita. So, apa aja sih ciri, jenis keputihan yang nggak normal itu?

 

Keputihan berwarna cokelat dan (terkadang) mengandung darah

Keputihan jenis ini biasanya disebabin karena siklus menstruasi (haid) kita nggak teratur. Walaupun jarang kejadian tapi perlu waspada, karena biasanya keputihan jenis ini juga indikasi dari kanker serviks atau rahim.

 

Keputihan yang dibarengin dengan rasa nyeri atau pendarahan

Rasa nyeri tersebut dirasakan di area tulang panggul atau terasa nyeri pas kita buang air kecil dan disertai keluarnya darah padahal lagi nggak menstruasi (haid). Untuk wanita yang sudah menikah, rasa nyeri ini dialamin pas berhubungan seks.

 

Keputihan dengan lendir warna hijau, kuning, dan berbuih

Keputihan ini biasanya terjadi pada wanita yang sudah menikah atau sexually active karena diakibatkan oleh parasit Trichomonas Vaginalis, yang termasuk dalam penyakit menular seksual. Keputihan akibat infeksi ini biasanya lendirnya banyak, berbau amis, dan ada rasa perih atau nyeri pas buang air kecil. Adalagi gejalanya bengkak dan gatal di sekitar Miss V.

 

Keputihan dibarengin dengan luka melepuh di sekitar Miss V

Keputihan jenis ini biasanya adalah herpes, yang nyebabin munculnya lepuhan yang terasa perih di sekitar Miss V.

 

Keputihan dengan lendir kental, putih, dan ada rasa gatal

Kalo yang ini keputihan yang dipicu karena infeksi jamur pada Miss V. ciri-cirinya adalah tekstur lendir keputihannya kental, nggak berbau, berwarna putih susu kental, dan ada rasa gatal sekaligus perih di sekitar Miss V.

 

Keputihan dengan lendir yang encer berwarna putih atau abu-abu dan amis.

Disebut juga vaginosis bakterialis. Hal ini disebabin karena jumlah bakteri yang berubah dan tidak seimbang. Sangat normal terjadi dan tidak terlalu berbahaya, apabila tidak disertai rasa gatal atau iritasi.

 

BOLEH NGGAK SIH PAKE PRODUK PEMBERSIH PAS KEPUTIHAN?

NGGAK BOLEH. Menurut para ahli kesehatan dan American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), sebisa mungkin kita JANGAN menggunakan pembersih jenis apapun untuk Miss V. Apapun klaim yang diberikan oleh produk pembersih tersebut. Alasannya karena produk pembersih bisa mengganggu keseimbangan asam dalam Miss V. Selain itu produk pembersih juga bisa nyebabin infeksi, radang panggul dan kanker serviks dan bisa ningkatin komplikasi kehamilan.

Menurut beberapa penelitian, cewek yang menggunakan pembersih Miss V ternyata punya resiko 73% lebih tinggi untuk terkena penyakit radang panggul. Dan membersihkan Miss V setidaknya seminggu sekali dengan pembersih meningkatkan adanya kesempatan kanker rahim untuk berkembang.

 

Keputihan emang normal terjadi karena itulah salah satu proses tubuh cewek. Apabila ngalamin keputihan, biar nggak ribet gonta ganti celana dalam pake aja Softex Pantyliner Forever Fresh. Aman untuk kulit sangat sensitif sekalipun karena sudah teruji klinis oleh Australian Dermatologist. Dan jangan lupa untuk menggantinya setiap 2-3 jam sekali ya.


Foto: shutterstock

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.