Login

Email
Password


Mybody

FAKTA HAID YANG (MUNGKIN) KAMU BELUM TAHU

26 April 2018

Haid punya banyak nama panggilan. Dari menstruasi, tamu bulanan, sampe yang paling terkenal dan sering kita ucapin adalah ‘lagi dapet’. Proses alami tubuh cewek yang istimewa ini ternyata punya banyak fakta, selain tentunya punya banyak nickname, berikut di bawah ini beberapa fakta menarik tentang menstruasi (haid).

 

CEWEK ITU SUPER-HUMAN KARENA KITA BISA PENDARAHAN TANPA NGALAMIN KRITIS

Yup, nggak perlu dijelasin lagi. Bahkan faktanya jumlah rata-rata darah yang hilang setiap siklus mencapai 30-40 ml, dan 9 dari 10 cewek sendiri ada yang bisa kehilangan kurang dari 80ml darah setiap kali haid. Bayangin kita bisa kehilangan darah segitu banyak tanpa adanya resiko kritis.

 

MENSTRUASI (HAID) NGEBUKTIIN KALO CEWEK PUNYA TOLERANSI TINGGI BUAT NGADEPIN SAKIT.

Dari psychofactz, “women have twice as many pain receptors on their bodies than men. But, a much higher pain tolerance.” Dari beberapa studi yang dilakukan cewek mungkin lebih sensitif terhadap rasa sakit dibandingkan cowok, tapi kemampuan kita untuk ngadepin rasa sakit itu lebih tinggi dibandingkan cowok. So, kalo ada yang bilang cewek lemah, itu salah banget!

 

DARAH MENSTRUASI (HAID) BUKANLAH DARAH KOTOR.

Selama ini banyak kepercayaan yang bilang kalo darah menstruasi (haid) itu darah kotor, sampe-sampe ada mitos cewek nggak boleh nyentuh sayuran atau bertani karena dipercaya darah menstruasi (haid)-nya akan bikin sayuran atau hasil pertanian busuk. Duh emang kita hama?? Dilansir dari Alodokter, darah kotor adalah darah yang nggak lagi mengandung oksigen dan darah ini mengalir dari jantung, menuju paru-paru buat memperoleh oksigen. Sedangkan haid adalah darah dan jaringan yang berasal dari penebalan dinding dan produksi sel telur ketika nggak dibuahi.

Makanya cerita jaman dulu yang bilang darah menstruasi (haid) itu kotor, mitos banget.

 

IT’S A BIOLOGICAL FACTS THAT MENSTRUATING (HAID) MAKES WOMEN HORNIER.

Tapi jangan jadiin ini alasan atau excused buat ngelakuin seks bebas. SAY NO TO FREE SEX!

 

IT’S ALSO BIOLOGICAL FACTS KALO SELAMA MENSTRUASI (HAID) KITA AKAN LESS ATTRACTIVE KE COWOK

Menurut salah satu studi yang dilakukan, level hormon testosterone cowok itu ternyata dipengaruhi oleh wangi tubuh cewek, yang akan berubah ketika menstruasi (haid) datang. Dari percobaan yang dilakukan, cowok yang dekat dengan cewek yang lagi menstruasi (haid) level hormon testosterone-nya menurun dan akan naik ketika cewek lagi masa fase ovulasi. Nah kalo kita pingin ngincer gebetan supaya tertarik sama kita, coba ngincernya pas kita lagi fase ovulasi. Kapan fase ovulasi itu terjadi, cek di artikel CARI TAHU TENTANG SIKLUS TUBUH CEWEK.

 

SUARA CEWEK TERDENGAR INTIMIDATING KETIKA MENSTRUASI (HAID) DIBANDING HARI BIASA.

Satu lagi alasan kenapa mending kita nggak deket-deket cowok pas lagi menstruasi (haid). Buat cowok, suara cewek yang lagi menstruasi (haid) itu terdengar kayak marah-marah, terlepas dari bad mood dan PMS, mungkin ini kali ya salah satu alasannya kita sering miskom sama pacar.

 

TIDUR DENGAN LAMPU GELAP AKAN LEBIH BANTU MENGONTROL SIKLUS HAID

Dilansir dari Cosmopolitan, light exposure affects the secretion of the sleep hormone melatonin, which helps control the release of the female reproductive hormones that determine when your menstrual cycle begins and ends. Dan dalam studi di jurnal Psychiatry Research, cewek yang ngalamin siklus menstruasi (haid) yang panjang atau nggak teratur tidur dengan lampu nyala yang akhirnya mengembalikan siklus menstruasi (haid) mereka jadi 12 hari. Kalo kita ngalamin hal yang sama, kuncinya adalah di dua minggu terakhir coba tidur dengan lampu menyala. Tapi jangan terus-terusan, karena tidur dengan lampu menyala juga akan bikin sistem tubuh yang lain nggak bekerja dengan baik. Yang penting harus diseimbangin.

 

RATA-RATA CEWEK NGALAMIN LEBIH DARI 450 MENSTRUASI (HAID) SELAMA HIDUPNYA.

Dan kalo berasumsi cewek ngalamin menstruasi (haid) dari umur 13 – 50 tahun, itu udah sekitar 444 kali menstruasi (haid). Lalu kalo dihitung setiap menstruasi (haid) lamanya sekitar seminggu, jadi setiap cewek ngalamin 8.5 tahun ‘pendarahan’ selama masa hidupnya, wow!


Foto: Shutterstock

Related Articles

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.