Login

Email
Password


Mybody

EMOSI NAIK TURUN KARENA MOOD?

26 Februari 2018

Sering banget kayaknya kita ngerasa pada saat mood kita nggak bagus, kita juga jadi lebih emosional dalam ngadepin lingkungan sekitar kita. Tapi, pernah penasaran nggak sih kenapa remaja kayak kita gini justru lebih rentan dikontrol sama mood pada saat berinteraksi dan juga berperilaku sehari-hari?

 

Masa remaja yang lagi kita alamin ini emang masa yang campur aduk. Artinya, nggak cuma fisik aja yang berubah, tapi psikis kita pun juga ikutan berubah. Perubahan ini terjadi karena tubuh kita kedatengan hormon baru, namanya hormon estrogen dan progesterone. Dua hormon inilah yang akhirnya mengubah fisik dan juga organ reproduksi kita, dan bikin kita jadi ngalamin haid dan juga numbuh payudara.

Perubahan fisik ini juga yang akhirnya ngaruh ke bagaimana cara kita berperilaku sebagai remaja.

Banyak penelitian yang ngungkap kalo mood pada remaja itu dipengaruhin sama perkembangan hormon ini di dalam tubuh kita. Mood swing yang relatif sering terjadi dan belum terbiasanya kita ngadepin situasi-situasi baru yang pada akhirnya ngebuat kita jadi gampang emosian. Sadar atau nggak, di masa remaja pola pikir kita berkembang sedemikian rupa dan berusaha nemuin alternatif pemecahan masalah-masalah baru yang kita hadapin sehari-hari. Nah, karena banyaknya situasi baru yang sering kita hadapin, kita jadi sering berada dalam situasi clueless dan bingung mesti ngelakuin apa.

Terus kenapa juga emosi remaja nggak bisa dikontrol kayak orang dewasa? Well, ini lebih karena penyesuaian itu tadi girls. Yang namanya masa adaptasi, pasti butuh waktu buat kita mengenal perubahan yang terjadi pada diri kita. Makanya kalo pada orang dewasa, meski mood mereka sebenernya lagi jelek banget, tapi karena tuntutan mereka untuk berperilaku ‘normal’ di kantor saat kerja misalnya, mau nggak mau mereka jadi menekan moodnya dan bisa mengontrol bad mood tadi. Tapi di remaja, kemampuan buat ngontrol mood dan akhirnya kebawa jadi emosi saat ngadepin orang lain, adalah kemampuan yang belum kita punya.

Lalu, gimana dong supaya nggak terus-terusan emosian meskipun mood kita lagi jelek? Well, practise makes perfect. Latihan buat menahan emosi dan mengontrol diri itu perlu kita lakuin dari sekarang. Meskipun emang nggak gampang, tapi tiap kali mood kita rasanya nggak enak banget, langsung deh stop dan tarik napas panjang. Dengerin musik tertentu dan makan coklat juga bisa lho ‘ngobatin’ mood kita jadi oke lagi. 

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

03 Februari 2016

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.