Login

Email
Password


Mybody

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

TENTANG PMS

Emosi mendadak nggak stabil, pegel-pegel, nafsu makan lebih banyak dari biasanya? Kalo tanda-tanda ini lagi dialamin sama kita 2 minggu sebelum menstruasi, itu artinya kita lagi ngalamin yang namanya PMS atau PreMenstrual Syndrome.

Perubahan yang terjadi pas PMS nggak cuma di emosi aja tapi juga di fisik kita lho Happy Females. So far belum diketahui penyebab PMS ini apa, tapi menurut Healthline, 

 

".....many researchers believe that a change in hormone levels at the beginning of the menstrual cycle may be to blame. Levels of estrogen and progesterone increase during certain times of the month. An increase in these hormones can cause mood swings, anxiety, and irritability."

 

Nggak cuma itu, penyebab lain PMS bisa juga terjadi karena kurang asupan vitamin dan mineral, stress, kurang tidur atau faktor keturunan. Gejala PMS ini sebenarnya nggak berbahaya dan biasanya hilang kalo kita udah selesai menstruasi.

Fyi, siklus menstruasi pada cewek dihitung dari hari terakhir keluarnya darah dari vagina sampe hari pertama menstruasi berikutnya. Karena badan kita punya keunikan masing-masing, maka siklus menstruasi setiap cewek pun berbeda-beda, antara 21 -35 hari. Begitu juga dengan durasi masa menstruasi yang bisa secepat 3 hari ataupun selama 15 hari. Karenanya, penting buat punya kalendar menstruasi untuk melihat apakah gejala PMS dan siklus menstruasi kita normal.

Jumlah warna, tekstur dan aliran darah pas menstruasi bisa bervariasi. Tergantung dari kondisi tubuh kita saat itu. Tapi pastinya rata-rata darah yang keluar dalam 1 siklus menstruasi bisa mencapai 4 - 5 sendok makan lho! 

Yuk kita baca lebih jauh tentang PMS, penyebab and how to handle it 

 

Symptoms of PMS

Gejala PMS biasanya ringan dan (lagi) itu tergantung kondisi badan kita saat itu, gejalanya bisa seperti: 

Faktanya PMS paling sering dialamin sama usia dewasa daripada remaja lho.

 

How to handle it? 

Sayangnya kita nggak bisa nyembuhin PMS tapi kita bisa kok mengatasinya pelan-pelan. Kalo gejala PMS-nya normal, lakukan step berikut:

Nggak disarankan untuk konsumsi obat-obatan kimia, tapi kalo gejalanya cukup mengkuatirkan (misalnya pusing/sakit kepala) kita bisa minum obat atau obat sesuai resep dokter.

 

DISORDER

Menurut Health.com, ada beberapa gejala yang bisa disebut jarang (rare) karena hanya terjadi pada 3 sampe 8%  cewek aja. Ini disebut PreMenstrual Dysphoric Disorder (PMDD). Yang termasuk gejala PMDD adalah:

Seperti PMS, gejala PMDD juga tergantung pada kondisi badan mental maupun fisik kita. Kalo mengalami gejala di atas lebih baik langsung konsultasikan dengan dokter.

 


Foto: Shutterstock 

 

 

Related Articles

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.