Login

Email
Password


Mybody

BEGADANG, BAD SLEEP HABIT YANG HARUS DIPERBAIKI

27 September 2017

Coba deh, berapa banyak di antara kita yang punya jam tidur normal setiap harinya? Pasti jarang banget ada yang ngangkat tangan nih. Keasyikan scrolling Instagram, liat-liat barang di online shop atau chatting di grup bareng temen, ada banyak deretan alasa kenapa kita akhirnya sering milih buat begadang sampe pagi daripada tidur. Apalagi kalo ada tugas tambahan dari sekolah atau kampus yang harus dikumpulin besok. Duh, udah pasti deh judulnya nggak tidur!

 

Padahal ya, begadang sama sekali nggak punya efek positif lho, baik itu dari sisi kesehatan maupun psikologis manusia. Tidur itu punya fungsi yang krusial banget buat tubuh dan pikiran kita, karena pada saat tidur tubuh jadi punya waktu buat memperbaiki kondisi fisik dan mental . Selain itu pada saat tidur adalah saat tubuh mengeluarkan toxic dari dalam tubuh, yang hanya bisa dilakukan pada saat tidur karena tubuh berada dalam kondisi rileks. Apalagi buat remaja kayak kita gini, tidur adalah masanya buat tubuh melepas hormon pertumbuhan, yang bertugas buat membangun massa otot serta memperbaiki jaringan yang rusak.

Mungkin selama ini aturan dasar mengenai tidur yang kita tau adalah 8 jam sehari. Padahal, beda usia beda pula kebutuhan waktu tidur yang diperlukan. Sebagai gambaran, kita bisa cek tabel tidur yang dibagi berdasarkan rentang usia.

Banyak banget orang yang memilih untuk begadang, mulai dari keharusan karena punya tanggung jawab shift bekerja pada malam hari, mengalami insomnia alias susah tidur, stress, harus ngerjain tugas, atau keasyikan scrolling di social media. Padahal pengaruh begadang nggak main-main terhadap kesehatan kita, termasuk mengurangi kerja fungsi otak, mereduksi kemampuan kognitif kita, bahkan emosi kita juga bisa jadi nggak stabil, belum lagi resiko terkena penyakit berat kayak diabetes, obesitas dan penyakit jantung. Hiiii!

Yuk tidur tidur!

Coba dek yuk, resiko apa lagi yang mengintai kita pada saat kita sering banget begadang ini.

Tidur yang cukup bikin badan segar dan kesehatan kita pun terjaga.

Masih berani begadang setelah tau resiko-resiko yang ada di baliknya? Kalo selama ini kita susah tidur pas lagi haid karena bolak balik bangun dan ngecek apakah pembalut kita bocor dan tembus ke celana dan tempat tidur, berarti udah waktunya kita ganti pembalut kita dengan Softex Comfort Slim 42cm.  Pembalut tipis dengan ukuran 42cm ini nggak hanya bisa menyerap cairan dalam 1 detik dan cepet kering, tapi juga ngasih proteksi dari segala arah, dengan bagian belakang yang lebih lebar dan besar, sehingga mencegah bocor belakang. Makanya cocok banget buat segala jenis posisi tidur. Jadi say no buat begadang karena kuatir bocor pada saat haid!


Foto: berbagai sumber

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

03 Februari 2016

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.